Doa yang Diutamakan oleh Allah SWT

5 min read

doa yang diutamakan allah

Doa yang diutamakan Allah SWT – Sebagai umat yang beragama, doa adalah hal yang sakral. Doa adalah jembatan yang dapat menghubungkan umat dengan Tuhannya. Tuhan menunjukkan kekuasaannya melalui doa-doa yang sering kita panjatkan. Berdoalah, maka Allah akan mendengar dan memeluk doa-doamu.

Doa sudah terbukti dapat mengubah segalanya. Tuhan telah merumuskan kesuksesan dalam tiga hal, yaitu berdoa, berusaha, dan berpasrah. Allah berjanji akan mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh umat-umatnya tanpa terkecuali. Namun, di antara doa-doa tersebut, ada beberapa doa yang mendapat keistimewaan.

Doa Kedua Orangtua
Doa yang sudah terkenal keistimewaannya adalah doa yang dipanjatkan oleh kedua orangtua. Terutama doa dari ibu yang keampuhannya tiada dua. Restu ibu dan ayah sama dengan restu Allah. Doa ibu dan ayah seolah merupakan tugas khusus bagi Allah. Selayaknya mendapat tugas khusus, Allah pun akan mengabulkannya dengan segera.

Posisi manusia di mata Allah memang sama. Tidak dibedakan berdasarkan status sosial atau kekayaan. Pembedanya terletak pada kekuatan dan kesungguhan doa yang dipanjatkan. Dalam hal ini, ibu adalah manusia yang mendapat pahala khusus dari Allah. Posisinya lebih tinggi dari ayah. Hadis menyebutkan bahwa keutamaan posisi ibu ada di tiga posisi teratas. Ibu, ibu, ibu, lalu ayah.

Cerita tentang keistimewaan doa yang dipanjatkan oleh seorang ibu sudah banyak terjadi. Salah satunya, cerita yang terjadi pada Juraij. Juraij adalah seorang yang sangat rajin beribadah. Dia rajin shalat dan selalu berusaha untuk menuruti segala perintah Allah.

Suatu hari saat Juraij tengah melaksanakan shalat, ibu Juraij memanggilnya. Juraij mendengar ibunya memanggil, namun ia lebih memilih untuk melanjutkan shalatnya terlebih dahulu. Panggilan ibunya pun diabaikannya. Ternyata, mengetahui panggilannya diabaikan, ibu Juraij sakit hati dan tidak rida. Sang ibu pun lantas berdoa “Ya Allah, janganlah Engkau matikan dia sebelum ia dipermalukan”.

Baca Juga  Pengertian Zakat Mal dan Nisabnya

Doa yang diucapkan oleh ibu Juraij itu didengar dan dikabulkan Allah. Juraij pun dipermalukan oleh seorang wanita yang datang ke rumahnya dan mengaku telah dihamili oleh Juraij. Mengetahui hal itu, warga yang tinggal di sekitar rumah Juraij pun marah dan menghancurkan rumahnya. Juraij dipermalukan di depan para tetangganya.

Doa Orang yang Berpuasa
Puasa atau shaum adalah salah satu perintah Allah yang harus dijalankan oleh umatnya. Puasa wajib dilakukan setiap bulan Ramadhan. Selain itu, puasa bisa dilakukan di hari lain yang tentu saja tidak diharamkan secara Islam. Keistimewaan puasa ternyata bukan hanya pada pahala dan berkah yang didapatkan. Doa yang dipanjatkan oleh orang yang tengah berpuasa pun menjadi salah satu doa yang istimewa.

Doa Orang yang Terzalimi
Orang yang terzalimi adalah orang yang teraniaya. Orang yang telah diperlakukan tidak adil berdasarkan haknya. Ada sebuah hadis yang menyebutkan bahwa antara doa orang yang dizalimi dengan Allah tidak disekat oleh apapun. Doa itu akan langsung sampai dan dikabulkan Allah walaupun doa tersebut diucapkan oleh seorang yang durhaka.

Doa Orang yang Bepergian (Musafir)

doa mustajab dari allah

doa yang diutamakan allah swt

Berdoalah sebelum bepergian. Minta keselamatan dan minta Allah untuk melindungi orang-orang yang akan ditinggalkan. Doa orang yang bepergian juga merupakan salah satu doa yang memiliki kedudukan istimewa di mata Allah. Terlebih, jika Anda bepergian untuk suatu hal yang baik.

Doa Pemimpin yang Adil (Ulil Amri)
Pemimpin yang adil akan selalu membawa kebaikan bagi para pengikutnya. Pemimpin yang seperti itu juga akan membahagiakan para pengikutnya. Ia akan selalu melakukan yang terbaik untuk masyarakat yang dipimpinnya.

Kebaikan dari pemimpin yang adil seperti itulah yang membuat doanya menjadi salah satu doa yang istimewa bagi Allah. Pemimpin yang adil pasti akan selalu berdoa meminta kebaikan bagi masyarakat yang dipimpinnya dan Allah akan mengabulkannya.

Baca Juga  Cara Mendidik Anak dalam Islam

Doa Seorang Muslim pada Saudaranya
Jawablah ketika ada seorang muslim yang mengucapkan salam pada Anda karena sesungguhnya ia tengah mendoakan kebaikan untuk kita. Doa sesama muslim yang lebih diutamakan sebenarnya adalah doa yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakan. Jika ingin doa untuk saudara Anda dikabulkan, berdoalah tanpa diketahuinya.

Keutamaan Doa

Doa adalah otaknya ibadah.
– Doa merupakan senjata seorang mukmin, tiang agama, serat cahaya langit dan bumi.
– Nabi Muhammad Saw. pernah ditanya pada saat apa doa lebih didengar Allah? Rasulullah menjawab bahwa doa lebih didengar pada tengah malam dan pada akhir shalat fardhu.
– Doa yang diucapkan di antara azan dan iqomat tidak akan ditolak.
– Memohonlah kepada Allah di kala kamu senang. Allah berfirman “Barang siapa berdoa kepada-Ku di waktu dia senang maka Aku akan mengabulkan doanya di waktu dia dalam kesulitan dan barang siapa memohon maka Aku kabulkan dan barang siapa rendah diri kepada-Ku maka aku angkat derajatnya dan barang siapa mohon kepada-Ku dengan rendah diri maka Aku merahmatinya dan barang siapa mohon pengampunan-Ku maka Aku ampuni dosa-dosanya.” (hadisQudsi)
– Ada tiga orang yang doanya tidak akan ditolak, yaitu orang yang berpuasa sampai ia berbuka, seorang penguasa yang berlaku adil, serta doa orang-orang yang disakiti.
– “Siapa yang tidak berdoa kepada Allah, maka Allah akan murka kepadanya.Jika kamu berdoa janganlah berkata: Ya Allah ampunilah aku kalau Engkau menghendaki rahmatilah aku kalau Engkau menghendaki dan berilah aku rezeki kalau Engkau menghendaki. Hendaklah kamu bermohon dengan kesungguhan hati sebab Allah berbuat segala apa yg dikehendaki-Nya dan tidak ada paksaan terhadap-Nya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)
– Tidak ada yang lebih utama di sisi Allah kecuali doa.
– Tiga jenis doa yang dikabulkan tanpa diragukan lagi, yakni doa orang yang dizalimi, doa kedua orangtua, dan doa seorang musafir.
– Siapa yang ingin doanya terkabul dan semua kesusahannya teratasi, maka hendaklah dia menolong orang yang sedang dalam kesusahan.

Baca Juga  Hati-Hati! Inilah 6 Perilaku Manusia Yang Dilaknat Dalam Islam

Doa Maqbul

Terdapat tiga tahapan yang harus dilaksanakan agar doa seseorang maqbul, yaitu sebagai berikut.

1. Syukur
Kesalahan manusia adalah tidak mau bersyukur, misalnya pertanyaan “Hidup sudah susah, apa yang mau disyukuri?”. Seperti apapun kehidupan kita, seharusnya kita harus selalu bersyukur. Kita sebagai hamba-Nya seharusnya tahu diri.

Allah tidak akan mengabulkan doa kita jika nikmat yang ada tidak pernah kita syukuri. Inilah yang disebut tidak tahu terima kasih. Hal terpeting dari berdoa yaitu doa itu dapat diijabah dan dapat ditolak oleh Allah. Namun, syukur pasti akan diterima. Jika bersyukur, Allah Swt., akan menambah anugerah-Nya kepada kita semua tanpa diminta sekalipun.

2. Malu
Kita juga seharusnya merasa malu kepada Allah. Seseorang mungkin tidak diberi harta banyak, tetapi masih diberi akal, tangan, kaki, dan yang terpenting kita masih diberi kesempatan hidup. Itu semua adalah nikmat yang harus disyukuri.

3. Istighfar
Ber-istighfarlah kepada Allah dan mohon ampunlah kepada Allah atas semua kesalahan yang sudah dilakukan. Dengan begitu, doa kita akan dikabulkan Allah.

Itulah doa-doa yang diutamakan allah swt, semoga kita bisa mengamalkan setiap hari dan allah mengabulkan apa yang menjadi keinginan kita. aamiin

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *