Mengenal Penyebab Terjadinya Kanker Usus

4 min read

kanker usus

Apa yang Anda ketahui tentang penyebab terjadinya kanker usus? Mendengar kata penyakit kanker, konotasi akan kata ini selalu negatif. Kata kanker identik dengan kpenyakit yang sulit disembuhkan. Kata ini seolah menjadi populer seiring dengan perkembangan manusia di abad modern. Ini berkaitan erat dengan pola hidup manusia modern yang seringkali melalaikan pola hidup sehat, sehingga rentan dengan berbagai jenis penyakit.

Banyak sekali jenis makanan yang siap saji dan tidak diketahui dengan pasti kandungannya, mobilitas tinggi, dan jam kerja yang padat, yang pada akhirnya menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya, salah satunya adalah kanker usus.

Mengenal Penyebab Terjadinya Kanker Usus

Usus terdiri atas usus besar dan usus kecil, usus besar berfungsi untuk menyerap air dari makanan dan tempat tumbuhnya bakteri koli serta tempat fases. Sedangkan usus halus berada di antara usus besar dan lambung, yang berfungsi menerima berbagai zat makanan yang sudah dicerna, kemudian diserap melalui kapiler-kapiler darah dan saluran limfe. Usus kecil ini akan menyerap protein dalam bentuk asam amino, sementara karbohidrat diserapnya dalam bentuk monosakarida.

Faktor Penyebab Kanker Usus

Ada banyak penyebab terjadinya kanker usus yang dialami manusia. Ada yang karena faktor keturunan, ada riwayat keluarga yang memiliki kanker, ada juga yang disebabkan karena beberapa faktor lain, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Makanan
Saat ini makanan seperti dua mata pisau; makanan bisa membuat badan sehat, bisa juga membuat badan sakit. Sehingga Anda harus pintar memilih makanan yang sekiranya memang baik untuk tubuh. Makanan yang banyak mengandung tinggi lemak serta mengandung banyak kolesterol, disebut-sebut sebagai salah satu faktor penyebab kanker usus besar, terutama yang bersumber dari hewan. Di samping itu mengonsumsi makanan yang rendah serat juga disebut-sebut sebagai salah satu penyebab penyakit tersebut.

Baca Juga  Bercinta Saat Hamil, Bolehkah?

2. Alkohol
Minuman dan makanan yang memiliki kandungan alkohol disebut-sebut sebagai salah satu penyebab kanker kolorektal. Sebuah penelitian menunjukkan hal itu, sehingga sebaiknya hindari makanan dan minuman mengandung alkohol.

3. Diabetes
Orang yang menderita diabetes rawan dengan kanker usus ini, sehingga menjaga asupan makanan yang memicu penyakit diabetes pun sebaiknya harus dihindari.

4. Usia
Salah satu faktor yang memicu kanker usus ini adalah usia. Mereka yang menginjak usia 50 tahun atau lebih, memiliki polip yang dapat memicu peningkatan kanker.

5. Lingkungan
Hal ini juga dapat menjadi pemicu terjadinya kanker usus besar. Lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekitar, dan aktivitas keseharian dapat menjadi salah satu faktor pemicunya. Sehingga, menjaga kebersihan tempat tinggal perlu dilakukan.

6. Radang Usus
Penyakit radang usus seringkali dianggap ringan, padahal semakin lama seseorang memiliki penyakit ini, semakin besar memungkinkan memicu adanya kanker kolorektal

7. Genetika
Sebuah penelitian menyatakan bahwa 25% dari kasus penyakit kanker usus besar memiliki keterkaitan dengan genetika, sehingga hal ini disebut sebagai salah satu faktor pemicu adanya penyakit kanker usus.

8. Olahraga
Seperti telah disebutkan di awal, gaya hidup atau pola hidup seseorang berkontribusi terhadap kesehatan, salah satunya adalah olahraga. Kurangnya olahraga dapat memicu penyakit kanker usus besar. Karenanya diharapkan Anda dapat menyempatkan diri untuk berolahraga di sela kesibukan, bukan hanya untuk menjaga kebugaran, melainkan juga kesehatan.

Ciri-ciri Kanker Usus

Setelah mengetahui penyebab terjadinya kanker usus, berikut ini adalah tanda-tanda penyakit ini menyerang tubuh Anda:
– Rasa sakit di perut bagian belakang.
– Perut teras penuh walaupun sudah BAB, dan terasa lelah yang terus-menerus.
– Berat badan turun tanpa diketahui penyebabnya.
– Diare atau sembelit dalam waktu yang cukup lama; bisa berminggu-minggu.
– Pendarahan pada usus dan fases.

Baca Juga  Asuransi Rawat Inap Di AXA HOSPITAL PLUS LIFE

penyebab kanker usus

Usus merupakan bagian organ dari tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat pencernaan. Usus dapat menyerap air dan vitamin yang larut lemak, dan juga natrium. Sebagaimana anggota atau organ tubuh lainnya, usus pun memerlukan perawatan agar tetap dapat berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah dengan cara detoksifikasi, yaitu pembersihan pada usus, mengeluarkan zat yang tidak baik dari dalam usus. Upaya ini dapat dibantu dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dipercaya memiliki nutrisi yang baik untuk usus, seperti bayam, kecambah, lemon, ikan, biji dan kacang-kacangan, bawang putih, ikan, dan teh hijau.

Upaya Pencegahan Kanker Usus

Berikut adalah beberapa upaya pencegahan terhadap kanker usus besar:

  • Makan-makanan yang sehat, kaya nutrisi dan kaya akan serat.
  • Makan dan minum yang masih segar dan bersih, serta alami.
  • Minimalkan penggunaan bahan penyedap rasa atau bahan pengawet.
  • Jaga emosi agar tetap stabil, tidak mudah stress atau depresi.
  • Jangan menggunakan minyak bekas goring.
  • Konsumsi kopi sekali-kali, tetapi tidak berlebihan, sebelumnya isi perut terlebih dahulu dengan makanan ringan, untuk menghindari terjadinya maag.
  • Jalani aktivitas dengan rileks, menajemen hati dengan banyak bersyukur.

Pentingnya Menjaga Kesehatan

Menghindari penyakit kanker usus adalah dengan menjaga kesehatan usus. Menjaga sebelum terjadi jauh lebih baik dari pada mengobati. Beberapa jenis penyakit, selain karena disebabkan oleh udara yang sudah banyak tercemar, lingkungan yang kurang sehat, juga bisa disebabkan karena makanan dan minuman yang kurang baik. Makanan-makanan yang dikonsumsi mengandung berbagai zat yang sebenarnya tidak baik bagi tubuh. Pola hidup manusia modern yang serba instan menjadikan berbagai penyakit datang lebih cepat. Karena itu menerapkan pola hidup sehat akan jauh lebih baik dari pada mengobati dan menanggung rasa sakit badan.

Baca Juga  5 Pemicu Kanker Kelenjar Getah Bening yang Tidak Boleh Diabaikan

Mulai menyeimbangkan aktivitas dengan istirahat, hak tubuh untuk berisitirahat, serta hak tubuh untuk mendapatkan asupan nutrisi yang baik, serta dijaga dengan olahraga teratur. Di samping itu, hati pun diisi dengan keimanan, rasa syukur, iklas, dan hal lainnya yang akan menunjang kesehatan lahir batin.

Selain yang pasti harus selalu berpikir positif. Sebab bukan hal aneh, bahwa banyak jenis penyakit dikarenakan stress atau depresi. Tak terkecuali penyakit usus. Jam kerja yang tidak teratur seperti sering bergadang, makan yang tidak teratur, tidak sesuai dengan jamnya juga bisa membuat badan bermasalah. Karena, ada jam-jam saat tubuh butuh istirahat, tetapi Anda justru masih memintanya untuk “bekerja”, termasuk mengolah makanan yang masuk. Hal ini dapat membuat fungsi organ terganggu. Biasakan makan pada jamnya.

Demikian informasi mengenai penyebab terjadinya kanker usus, semoga bisa menjadi sebuah informasi atau masukan yang bermanfaat. Serta dapat mengingatkan Anda untuk lebih menjaga kesehatan badan termasuk kesehatan usus. Mulai menata kembali hal-hal yang sebaiknya dimakan atau diminum serta menghapus hal-hal yanga akan merusak kesehatan Anda.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Salah satunya adalah memberikan asupan nutrisi yang baik, berolahraga, dan senantiasa berpikir positif. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena kesalahan dan ketidakpedulian terhadap tubuh.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *