Bersifat Anti Bakteri, Yuk Simak 7 Manfaat Kacang Panjang Merah untuk Kesehatan

2 min read

manfaat kacang panjang merah

Manfaat Kacang Panjang Merah – Kacang panjang kerap menjadi olahan masakan rumah seperti sayur lodeh, aneka tumisan, atau sayur asam. Namun tidak hanya bermanfaat untuk bahan makanan, ternyata kacang panjang juga punya banyak manfaat. Ia termasuk tanaman polong yang mengandung vitamin C, vitamin B9, dan zat mineral lainnya. Apalagi jenis kacang panjang merah yang mempunyai antioksidan, untuk melindungi kesehatan kulit. Simak ulasannya berikut ini.

manfaat kacang panjang merah

Konsumsi Kacang Panjang untuk Kesehatan

manfaat kacang panjang merah

1. Menyehatkan Mata

Jenis kacang panjang ini mengandung vitamin A, yang bagus untuk kesehatan mata. Dalam 100 gram kacang panjang mengandung 865 UI, atau sekitar 28 persen total kebutuhan vitamin A per hari. Kadar manfaatnya bahkan lebih tinggi daripada wortel yang mampu menyehatkan mata. Jika mengonsumsi tanaman ini secara rutin anda tidak perlu khawatir mata minus. Karena Ia akan memelihara retina dengan baik serta melindungi selaput mata.

manfaat kacang panjang merah

2. Menstabilkan Kadar Gula

Ekstrak kacang panjang akan mengaktifkan zat antihiperglikemik, untuk menurunkan glukosa dalam darah. Sehingga kacang panjang merah bagus dikomsumsi oleh penderita diabetes. Ia turut menstabilkan kadar gula yang masuk ke dalam tubuh, dan menetralisir berbagai jenis makanan. Hingga sejauh ini kacang panjang masih aman dikonsumsi untuk pasien diabetes tipe 2.

manfaat kacang panjang merah

3. Meredakan Nyeri

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa kacang panjang memberikan efek analgesik, yang mampu meredakan nyeri pada tubuh. Sehingga wanita yang sedang menstruasi disarankan untuk mengonsumsinya. Karena Ia dipercaya dapat mengatasi nyeri haid, dan meredakan ketegangan pada otot. Jenis kacang panjang ini dapat menurunkan gejala dismenore, bahkan bisa meningkatkan suasana hati.

manfaat kacang panjang merah

4. Menurunkan Resiko Kanker

Bagi para penderita kanker pasti mendapat pantangan untuk mengonsumsi makanan tertentu. Namun berbeda dengan kacang panjang merah yang justru disarankan oleh pihak dokter. Ia mempunyai kandungan antioksidan dan asam folat yang dapat menurunkan resiko kanker. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin apabila ingin terhindar dari resiko penyakit menakutkan ini.

Baca Juga  Manfaat Mengkonsumsi Bayam Untuk Kesehatan

manfaat kacang panjang merah

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Jenis kacang panjang ini dikenal memiliki antioksidan yang tinggi, untuk menangkal radikal bebas. Sehingga Ia dapat melindungi organ tubuh dari kerusakan, yang diakibatkan zat berbahaya yang sering masuk. Selain itu jenis tanaman polong ini dapat melancarkan peredaran darah. Jadi pasokan oksigen baru terus masuk ke dalam tubuh, dan diedarkan ke seluruh organ tubuh.

manfaat kacang panjang merah

6. Meningkatkan Stamina

Ketika melakukan aktivitas fisik yang berat dan menguras banyak tenaga, anda membutuhkan banyak asupan oksigen. Maka dari itu konsumsi kacang panjang merah akan melancarkan peredaran darah. Tubuh akan melakukan sirkulasi dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu kacang panjang ini dapat memicu pembentukan sel darah merah. Jadi tidak perlu khawatir stamina akan berkurang ketika sedang berolahraga.

manfaat kacang panjang merah

7. Mencerahkan Kulit

Jenis tanaman polong ini mengandung vitamin C, yang berguna untuk mencerahkan kulit. Maka dari itu ekstrak kacang panjang sering digunakan sebagai bahan kosmetik. Ia akan membantu untuk menangkal sinar UV dan polutan jahat, yang masuk ke dalam tubuh. Disamping itu turut memperlancar peredaran darah yang membuat kulit tampak sehat.

Ibu rumah tangga sering menjadikan kacang panjang sebagai bahan utama, untuk membuat aneka masakan. Setelah ditelusuri ternyata tanaman polong ini mempunyai banyak manfaat, untuk kesehatan tubuh. Ia mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas. Sehingga tubuh dapat menghancurkan zat berbahaya, yang sekiranya membawa penyakit. Anda disarankan konsumsi kacang ini secara rutin.

Itulah tadi Manfaat Kacang Panjang Merah, semoga bermanfaat

asfa pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *