Gejala Sakit Asam Urat yang Perlu Diketahui

3 min read

Gejala Sakit Asam Urat

Gejala Sakit Asam Urat – Banyak orang yang mencari berbagai informasi mengenai gejala asam urat dan obatnya. Orang menganggap penyakit asam urat adalah penyakit ngilu pada persendian yang umumnya diderita orangtua. Padahal tidak semua keluhan nyeri pada persendian merupakan indikasi dari asam urat. Mengetahui gejala asam urat akan lebih baik sebelum benar-benar terserang penyakit tersebut.

Penyakit asam urat sangat merepotkan, sama dengan jenis penyakit yang lain. Anda akan merasakan sakit di persendian, dan akibatnya aktivitas Anda akan terganggu karenanya. Mengetahui gejala asam urat kemudian menjadi informasi menarik yang bisa membantu Anda terbebas dari rasa sakit tersebut.

Mengetahui Gejala Sakit Asam Urat dan Obatnya

Informasi mengenai gejala asam urat dan obatnya menjadi sangat penting. Asam urat (gout) merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat tingginya kadar asam urat dalam darah. Pada kaum pria, kadar asam urat dikatakan normal jika berkisar 3,5-7 mg/dL. Sementara untuk kaum wanita kadar asam urat dikatakan normal berkisar 2,6 – 6 mg/dL.Perjalanan penyakit ini umumnya dimulai dengan pemeriksaan awal kadar asam urat yang mencapai 7 mg/dL dan nilainya terus meningkat.

Sekitar 50% penyakit asam urat, disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Tingginya kadar asam urat menyebabkan munculnya benjolan keras berisi serbuk kapur yang umum terjadi di daerah persendian kaki dan tangan. Jika penimbunan asam urat terjadi pada ginjal maka muncullah penyakit batu ginjal.

Kadar asam urat yang tinggi pada ginjal sebenarnya tidak menyebabkan ginjal rusak, hanya saja kemampuannya membuang asam urat jadi berkurang. Itulah sebabnya gangguan yang terjadi pada ginjal akan menyebabkan kadar asam urat meningkat atau disebut hiperurisemia.

Baca Juga  Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya

Pembuangan asam urat melalui ginjal sebanyak 70% dan sisanya (30%) akan dibuang melalui usus. Gejala asam urat akan cukup mendapat perhatian dari mereka yang memang merasa telah terkena asam urat.

Gejala asam urat dirasakan oleh sekitar 70-80%. Penderita asam urat mengalami serangan rasa nyeri, panas, dan muncul bengkak warna merah di daerah persendian. Namun, serangan tidak selalu terjadi di daerah persendian, adakalanya terjadi di daerah seperti pergelangan kaki, punggung kaki, tangan atau jari tangan.

Serangan asam urat juga bisa terjadi di daerah ginjal sehingga menjadi penyebab munculnya penyakit kencing batu.

Berikut beberapa tahapan penyakit asam urat atau encok. Sebelum benar-benar terdiagnosa menderita asam urat, gejala asam urat merupakan hal yang seharusnya dimengerti terlebih dahulu. Agar ketika terserang asam urat, Anda bisa langsung mendeteksi dan mengobatinya sebelum terlambat.

Tahap Asimtomik
Tahap Asimtomik adalah gejala asam urat yang pertama. Ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat di dalam darah tetapi tidak menimbulkan gejala. Selanjutnya terjadi encok yang memicu tekanan darah tinggi dan sakit punggung yang hebat.

Tahap Akut
Serangan akut umumnya terjadi pada tengah malam atau menjelang pagi. Serangan ini ditandai dengan rasa nyeri yang hebat di daerah pangkal ibu jari kaki dan terjadi secara mendadak.

Selama serangan, penderita asam urat akan mengalami sakit yang hebat sehingga daerah dengan timbunan asam urat tinggi tidak bisa disentuh. Bahkan, jika terkena selimut pun daerah tersebut akan terasa sakit sekali. Biasanya serangan ini akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu dua minggu.

Tahap Interkritikal
Umumnya penderita yang berada di tahap ini dapat beraktivitas layaknya orang normal, seperti berolah raga. Tetapi bukan berarti penyakitnya hilang begitu saja. Biasanya serangan kedua akan muncul beberapa tahun kemudian.

Baca Juga  Penyakit Maag dan Gangguan Tidur

Tahap Kronik
Tahap ini terjadi jika gejala asam urat tidak diperhatikan. Sehingga menggabaikan penyakit asam urat dan asam urat pun menjadi akut dan kronis.

Obat Tradisional Untuk Asam Urat

Dalam buku Tumbuhan Berkhasiat Obat, Prof. Hembing Wijayakusuma menyatakan bahwa pohon salam dapat digunakan untuk mengatasi beragam penyakit seperti asam urat, kolesterol, gatal-gatal, diare, dll.

Penyebabnya adalah daun salam mengandung bahan-bahan kimia bermanfaat, seperti minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, akar, batang, kulit, dan buah.

Khusus untuk mengatasi penyakit asam urat tinggi, rebus 10 lembar daun salam dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc air. Lalu, minumlah air rebusan tadi dalam keadaan masih hangat.

Bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati. Ketika informasi mengenai gejala asam urat dan obatnya sudah Anda ketahui, ada baiknya jika Anda perlahan mulai memperhatikan asupan gizi atau gaya hidup.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *