Manfaat Pohon Bagi Kehidupan Manusia

5 min read

Manfaat Pohon Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Pohon Bagi Kehidupan Manusia – Terdapat begitu banyak manfaat pohon bagi kehidupan manusia. Pohon adalah salah satu jenis tanaman yang memang dikembang biakan untuk diambil manfaatnya. Terdapat berbagai macam pohon di sekitar kita. Setiap pohon memiliki perannya masing-masing.

Tentang Pohon
Ketika kita mendengar kata pohon, yang terbayang dalam benak dan pikiran kita mungkin adalah sebuah pohon besar atau pohon-pohon yang terdapat di dalam hutan. Ini bisa saja disebabkan bahwa memang kata pohon memiliki makna yang mengarahkan pikiran kita kepada tanaman yang memiliki batang yang besar dan menjulang. Makna pohon tak dapat dikaitkan kepada tanaman yang berukuran kecil dengan batang yang ringan dan tipis.

Atau makna pohon erat kaitannya dengan keberadaan hutan di dalam hidup kita. Hutan adalah tempat hidup, tumbuh dan berkembang biaknya berbagai jenis pohon. Terdapat lebih dari satu jenis pohon yang ada di dalam hutan. Atau dapat dikatakan bahwa isi dari hutan adalah pohon-pohon.

Pohon yang ada di dalam hutan pun kebanyakan memiliki ukuran yang tak kecil. Pohon yang terdapat di dalam hutan kebanyakan berukuran sangat besar karena telah ditanam bertahun-tahun yang lalu dan telah berusia cukup tua.

Untuk mendapatkan bentuk dan ukuran pohon yang besar dan menjulang, dibutuhkan waktu yang tak singkat. Usia pohon terkadang mencapai puluhan tahun. Semakin besar dan tinggi pohon maka usia yang dimilikinya juga semakin tua.

Dalam penanaman pohon, yang diperlukan adalah bibit pohon tersebut. Bibit lalu ditanam. Diusahakan jarak antara satu pohon dengan yang lain tidak terlalu dekat. Hal ini dimaksudkan agar pohon dapat tumbuh dengan baik dan jikalau sudah tumbuh besar maka tidak akan berhimpitan dengan pohon lainnya.

Beberapa jenis bibit pohon yang telah ditanam, terkadang hanya membutuhkan sedikit sekali perawatan. Setelah ditanam, ia akan tumbuh dengan sendirinya. Tanpa harus diberi pupuk atau disirami secara rutin dan intensif. Walau pun tidak memungkiri ada sebagian pohon yang masih membutuhkan perawatan yang rutin dan intensif agar dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga  Segudang Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Manfaat Pohon Bagi Manusia

Pohon memang ditanam untuk diambil manfaatnya. Tidak ada pohon yang ditanam begitu saja tanpa ada tujuan. Terdapat begitu banyak manfaat pohon yang bisa kita dapatkan. Berikut adalah beberapa manfaat pohon bagi kehidupan manusia.

Manfaat Pohon Bagi Manusia

1. Produsen Makanan bagi manusia
Tumbuhan memang memiliki manfaat yang begitu besar bagi kehidupan manusia di dunia. Bahkan boleh dikatakan bahwa kehidupan manusia akan punah dan jika tidak ada lagi tumbuhan di muka bumi ini. Hal ini disebabkan karena aktivitas yang dihasilkan oleh tumbuhan yang berperan penting dalam kehidupan seluruh makhluk hidup di dunia. Aktivitas itu disebut dengan fotosintesis.

Fotosintesis adalah kegiatan memasak makanannya sendiri yang dilakukan oleh tumbuhan. Fotosintesis hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan yang memiliki zat hijau daun atau klorofil. Fotosintesis dilakukan tumbuhan di dalam daun dan hanya dilakukan tumbuhan di siang hari saja.

Untuk melakukan proses fotosintesis ini dibutuhkan bahan-bahan tertentu. Sebut saja air dari dalam tanah yang diserap akar dan dibawa ke daun. Sinar matahari juga memiliki peran penting dalam terjadinya fotosintesis. Selain itu, gas sisa pembakaran yaitu karbondioksida juga menjadi salah satu bahan yang dibutuhkan.

Setelah semua bahan terkumpul di dalam daun, yaitu air dan karbondioksida, dibantu oleh matahari dan dikerjakan oleh zat hijau daun, maka terjadilah proses fotosintesis. Sebuah proses kimia yang mengubah zat-zat tersebut dan nantinya menghasilkan zat lain yang memiliki manfaat besar bagi kehidupan.

Zat pertama yang dihasilkan dalam proses fotosintesis ini adalah Karbohidrat. Zat ini adalah zat yang sangat berperan dalam menyediakan makanan bagi semua makhluk. Inilah yang menyebabkan salah satu bagian tumbuhan dapat dimakan. Zat ini kemudian disimpan oleh tumbuhan tersebut di bagian-bagain tubuhnya. Sebut saja di buahnya sehingga kita mengenal pohon apel, mangga, durian dan tentunya dapat memakan buahnya.

Baca Juga  6 Manfaat Asam Pantotenat, Vitamin B5 yang Bagus untuk Metabolisme Tubuh

Ada juga tumbuhan yang menyimpan karbohidrat di batangnya seperti pohon sagu. Zat inilah yang menyebabkan kebanyakan penduduk yang hidup di Papua menebang pohon sagu dan mengambil batangnya kemudian diolah untuk dijadikan bahan makanan. Atau masih banyak lagi contoh disimpannya karbohidrat di salah satu bagian tumbuhan yang membuatnya bermanfaat atau dapat dikonsumsi oleh hewan atau manusia.

Karbohidrat yang dihasilkan oleh tumbuhan inilah yang menjadikan tumbuhan disebut sebagai produsen. Tumbuhanlah yang menyediakan makanan bagi makhluk hidup lain terutama manusia. Jadi, inilah manfaat pohon yang pertama.

2. Penyumbang Oksigen Terbesar
Selain karbohidrat, dalam proses fotosintesis, tumbuhan juga menghasilkan zat lain yang memiliki peran begitu penting bagi kehidupan manusia. Zat itu adalah oksigen. Oksigen juga menjadi hasil dari proses fotosintesis.

Oksigen adalah gas yang digunakan dalam proses pernapasan makhluk hidup. Oksigen juga yang membuat udara dan lingkungan menjadi bersih dan sejuk. Inilah yang menyebabkan kita sering merasa sejuk dan segar ketika duduk di bawah sebuah pohon di siang hari. Karena pada saat itu, pohon itu sedang berfotosintesis dan mengeluarkan oksigen ke udara.

Manfaat pohon yang kedua adalah sebagai penyumbang oksigen terbesar di dunia ini. Semakin banyak pohon yang ada maka juga semakin banyak pula kuantitas oksigen yang ada di dalam udara kita. Tapi sangat disayangkan, saat ini begitu banyak aktivitas manusia yang mencemari kebersihan dan kesegaran udara.

Semakin banyak kendaraan bermotor dan asap pabrik yang mengandung zat-zat yang tidak menyehatkan. Udara semakin lama semakin terasa kotor dan mengganggu kesehatan. Manusia seakan lupa bahwa ia membutuhkan udara yang bersih. Ia tetap mengotori udara dengan aktivitasnya.

Baca Juga  7 Manfaat Daun Ketepeng Cina Untuk Kesehatan

Namun, ada sebagian manusia lain yang tetap memiliki kesadaran akan hal itu. Mereka mulai untuk menanam lebih banyak pohon agar lebih banyak lagi oksigen yang dihasilkan. Maka disebutlah hutan sebagai paru-paru dunia. Ini juga merupakan manfaat pohon terbesar bagi kehidupan manusia. Hutan telah menyediakan oksigen dengan skala yang besar.

Telah banyak dilakukan gerakan penanaman pohon kembali atau reboisasi. Di dalam kota yang telah nyata terdapat banyak pencemaran udara juga mulai ditanam banyak pohon. Program jalur hijau merupakan salah satu bentuk realisasinya. Pohon-pohon yang ditanam di jalan-jalan dimaksudkan untuk membuat udara menjadi bersih dan segar selain untuk menyerap karbondioksida yang banyak dikeluarkan oleh kendaraan-kendaraan bermotor.

3. Mencegah Erosi dan Banjir
Pohon besar yang memiliki batang yang tinggi dan menjulang tentunya memiliki akar yang kuat dan panjang pula. Ketika hujan turun dengan lebatnya ke muka bumi ini, air yang jatuh tidak langsung mengalir begitu saja, tapi ikut terserap oleh akar pohon itu. Karena memang fungsi akar adalah untuk menyerap air yang nantinya dibutuhkan pohon untuk berfotosintesis.

Inilah yang menyebabkan pohon sangat berperan dalam kehidupan manusia untuk mencegah terjadi banjir dan erosi. Tanah masih memiliki kedudukan yang kuat sehingga tidak mudah terkena erosi. Air hujan pun bisa tertahan di tanah di sekitar tegak dan kokonya pohon sehingga mencegah terjadinya banjir.

Demikianlah manfaat pohon bagi kehidupan manusia. Walau pun masih terdapat begitu banyak manfaat pohon yang lain. Tapi yang disebutkan di atas adalah manfaat utama pohon bagi kehidupan manusia. Manfaat pohon yang benar-benar membantu kehidupan manusia dan menjaga agar manusia tetap hidup dalam keadaan yang tetap baik.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *