10 Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Saat Ini

5 min read

obat jerawat alami

Obat Jerawat Alami – Bagi yang sedang mengalami masa pubertas yang mana kondisi kulit terasa selalu berminyak, jerawat bisa muncul dan menghiasi wajah.

Jerawat sebenarnya merupakan gangguan pori-pori kulit yang tersumbat lemak dan kotoran sehingga menimbulkan peradangan, bahkan terkadang menimbulkan nanah. Jika sangat parah, peradangan itu bisa merata di seluruh wajah. Jerawat sebenarnya bisa dihilangkan, salah satunya dengan obat jerawat tradisional.

Hilangkan Jerawat Dengan Obat Alami Tradisional

Perlu kita tahu bahwa jerawat tidak hanya bisa muncul di wajah, tetapi juga di bagian tubuh lain dengan masalah pori-pori yang sama.

Tempat lain yang bisa ditumbuhi jerawat adalah kepala, leher, perut, dada, dan punggung. Untuk mengobatinya, tak jarang kita membeli obat kimia yang mahal. Padahal, alam sejatinya telah menyediakan obat jerawat alami yang lebih aman untuk wajah dan ampuh membasmi jerawat.

Mengapa Obat Jerawat Tradisional
Jerawat adalah peradangan dan infeksi pada bagian kulit manusia, khususnya pada kelenjar minyak. Jerawat terkadang mengganggu wajah kita karena memang penampakan jerawat tak sedap dipandang mata.

Karena jerawat adalah infeksi, jika salah dalam mengobatinya, kondisi kulit bukannya menjadi baik, jerawat malah tersebar ke seluruh wajah. Jika kita ingin sembuh dari peradangan ini, jerawat harus diobati segera. Obat-obatan kimia terkadang menyebabkan efek samping.

Jika zat kimia tidak cocok dengan jenis kulit, obat jerawat itu bisa membuat kulit kita terasa panas dan perih. Untuk menghindari hal itu semua, salah satu solusi alternatifnya adalah memakai obat jerawat tradisional yanng sudah disediakan Tuhan di alam. Mengapa? Karena obat jerawat tradisional sifatnya lebih bersahabat dengan tubuh manusia daripada obat-obatan kimia.

Sumber Jerawat yang Harus Diwaspadai
Jerawat tidak muncul dengan sendirinya. Ada sejumlah sumber jerawat yang harus diwaspadai sehingga jerawat tidak muncul lagi ketika kita sudah mengobatinya dengan obat jerawat tradisional.

Baca Juga  Komposisi Makanan Untuk Penderita Hepatitis

Sumber munculnya jerawat adalah sebagai berikut :

  • faktor hormonal, terutama saat menginjak masa pubertas
  • iritasi kulit karena obat-obatan kimia
  • tekanan hidup yang membuat stres
  • sumbatan di lapisan kulit mati sehingga membuat pori-pori kelenjar minyak terinfeksi
  • berlebihnya produksi minyak dari kelenjar minyak
  • faktor keturunan
  • mengonsumsi pil kontrasepsi yang berlebihan.

Tujuh penyebab di atas bisa memicu munculnya jerawat pada wajah maupun bagian tubuh yang lain. Minyak atau lapisan kulit yang mati bisa menyumbat pori. Awalnya terbentuk komedo, tetapi jika tidak dibersihkan kemudian dikontaminasi oleh bakteri, timbullah jerawat.

Baca juga: Tips Bebas Jerawat dan Komedo

Sejumlah Bahan Tradisional Obat Jerawat Alami
Tuhan menganugerahkan alam untuk dimanfaatkan manusia seluas-luasnya. Berbagai hal kita temukan di alam, termasuk obat jerawat tradisional. Khasiatnya tidak kalah dengan obat-obatan kimia, bahkan memiliki kelebihan berupa keamanan untuk kulit kita. Berikut beberapa contoh obat jerawat tradisional.

Daun Sirih
Untuk mengobati jerawat, seduh sepuluh lembar daun sirih dengan air hangat lalu saring air tersebut. Gunakan air hasil saringan seduhannya untuk mengolesi wajah maksimal tiga kali sehari.

Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh berkhasiat memperkecil pori-pori kulit serta zat antiradang. Supaya bisa dipakai sebagai obat jerawat, belimbing wuluh harus dihaluskan. Tambahkan sedikit garam kemudian haluskan dan oleskan ke wajah dua hingga tiga kali sehari.

Daun Teh
Untuk mengobati jerawat, seduhlah daun teh dengan air mendidih. Kemudian, dekatkan wajah hingga terkena uap seduhan daun teh tersebut selama beberapa saat sekitar dua hingga tiga menit.

Buah Mengkudu
Penggunaannya sebagai obat jerawat tradisional adalah dengan dihaluskan dan dijadikan semacam masker untuk wajah.

Bawang Putih
Bawang putih bisa menghaluskan kulit wajah dan sangat bagus untuk mengobati kulit berjerawat meski baunya menyengat. Caranya adalah usapkan potongan bawang putih segar ke permukaan jerawat yang tumbuh. Biarkan sekitar lima belas menit kemudian bilas dengan air bersih.

Baca Juga  Perlu Waspada, Berikut 6 Bahaya Asma Pada Ibu Hamil dan Cara Menghadapinya

Tomat
Buah tomat mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan bisa membuat jerawat cepat hilang. Cara menggunakannya adalah dengan menjadikan buah tomat sebagai masker. Haluskan buah tomat dengan cara diblender kemudian tempelkan bubur buah tomat tersebut ke wajah. Biarkan selama 20 hingga 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Putih Telur
Jika Anda ingin menghilangkan jerawat sekaligus mengencangkan kulit, putih telur bisa membantu Anda. Pada putih telur terkandung zat zinc atau seng yang sangat tinggi. Bersihkan wajah Anda sebelum memakai masker putih telur. Oleskan putih telur pada wajah Anda, bisa dengan tangan atau kuas supaya lebih merata. Diamkan wajah Anda selama 15 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya
Bagian dalam lidah buaya berbentuk seperti gel. Gel inilah yang memiliki kandungan zat antibakteri. Untuk menggunakannya, tempelkan bagian dalam lidah buaya dengan jerawat di wajah Anda. Lidah buaya mampu menghindarkan jerawat dari infeksi yang kian parah. Diamkan sekitar 20 menit lalu bilaslah wajah Anda dengan air bersih.

Jeruk
Kandungan vitamin dan aktioksidan jeruk sangat baik untuk kulit kita. Jeruk mampu mencegah munculnya jerawat baru. Pijatlah wajah Anda dengan jeruk segar dan diamkan wajah Anda selama 20 menit. Kemudian, bilaslah wajah dengan air bersih yang hangat. Proses ini disebut peeling wajah. Cara yang lain adalah menjadikan air perasan jeruk seperti masker pada wajah. Diamkan sekitar 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Membersihkan dan Merawat Wajah dari Jerawat
Berikut adalah tips sederhana supaya wajah kita terhindar dari jerawat.

Bersihkan Wajah Secara Rutin
Rajin-rajinlah membersihkan wajah meski sederhana, membersihkan wajah berdampak besar terhadap timbulnya jerawat. Semakin sering dibersihkan, wajah kita akan jauh dari jerawat, apalagi bagi kita yang sering bepergian jauh melewati tempat berudara kotor. Namun, yang perlu diperhatikan adalah pentingnya memilih jenis sabun pembersih yang cocok untuk kulit kita.

Baca Juga  Hati-Hati! Jangan Sepelekan Penyakit Gigi Berlubang

Bila perlu, Anda bisa melakukan pembersihan dengan facial. Pilihlah sabun yang khusus untuk wajah dan usahakan sabun tersebut memiliki pH normal. Gunakan lap untuk membersihkan wajah karena kain lap yang bersih lebih baik daripada kapas yang mudah tertinggal di wajah. Upayakan tidak memencet jerawat karena kondisi tangan yang tidak bersih bisa menambah infeksi kian melebar.

Perhatikan Pola Makan
Hidup dengan sehat, gaya hidup yang sehat berarti mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Hindari makanan penyebab jerawat, seperti makanan yang terlalu berminyak, makanan yang terlalu pedas, dan makanan dengan penyedap rasa berlebih.

Makanan yang berlemak tinggi seperti kacang dan gorengan juga bisa memicu jerawat.Upayakan berolahraga dengan teratur, mengindari begadang dan merokok. Hal itu membuat tubuh kita memiliki sistem pertahanan diri yang bagus. Minum dan konsumsilah makanan dengan antioksidan yang tinggi seperti teh dan buah-buahan sehingga zat radikal bebas dalam tubuh kita bisa dibuang.

Berobat ke Dokter Spesialis
Jika dengan obat jerawat tradisional tidak kunjung sembuh, berobatlah ke dokter spesialis kulit. Jika sudah melakukan berbagai pengobatan, termasuk menggunakan obat jerawat tradisional, tetapi jerawat tak kunjung hilang, sebaiknya Anda pergi ke dokter spesialis kulit untuk berkonsultasi dan menemukan pengobatan yang pas.

Pasalnya, dokter selain bisa membantu menyembuhkan jerawat, juga akan memberikan obat untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Itulah beberapa Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Saat Ini, semoga bermanfaat dan jerawatnya lekas hilang ya sobat.

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *