7 Pengobatan Terbaik Untuk Infeksi Kandung Kemih

2 min read

Pengobatan Infeksi Kandung Kemih

Pengobatan Infeksi Kandung Kemih – Infeksi kandung kemih adalah jenis infeksi saluran kemih (ISK) yang paling sering terjadi. Ini bisa berkembang bilamana bakteri memasuki muara uretra dan naik ke atas ke dalam kandung kemih.

Berdasarkan Kode ICD 10 ISK, uretra adalah saluran yang mengeluarkan urin dari tubuh (kandung kemih). Begitu bakteri masuk ke uretra, kuman ini dapat menempel di dinding kandung kemih dan berkembang biak dengan cepat bila suasana mendukung.

Infeksi yang ditimbulkan dapat menyebabkan gejala yang dirasakan tidak nyaman, seperti keinginan untuk buang air kecil secara mendadak. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil dan kram pada perut.

Dalam hal ini kombinasi antara perawatan medis dan metode rumahan adalah sesuatu yang dapat meredakan gejala ini. Bila tidak diobati, infeksi kandung kemih bisa mengancam jiwa. Mengapa? Hal ini dikarenakan infeksi dapat menyebar ke ginjal atau darah sehingga mengakibatkan infeksi dan peradangan pada seluruh tubuh.

7 Pengobatan Terbaik Untuk Penyakit Infeksi Kandung Kemih

Berikut ini tujuh pengobatan pada penyakit infeksi kandung kemih yang terbukti cukup efektif. Pengobatan ini adalah kombinasi pengobatan ala rumahan dan medis. Pengobatan tersebut antara lain:

Minum Lebih Banyak Air Putih

Air dapat membantu mengeluarkan bakteri di kandung kemih melalui proses drainase. Ini membantu menyingkirkan kuman sehingga infeksi lebih cepat berlalu. Sealain itu, keadaan ini juga mengencerkan urin sehingga proses buang air kecil menjadi lebih nyaman dan tidak terlalu menyakitkan.

Baca Juga  Makanan Diet untuk Jantung Sehat

Urine terbuat dari produk limbah dari tubuh. Urine yang pekat dan berwarna gelap mungkin lebih menyebabkan iritasi dan nyeri ketika dikeluarkan saat mengalami infeksi kandung kemih. Urine yang encer warnanya lebih terang dan biasanya tidak terlalu mengiritasi.

Sering buang air kecil

Sering buang air kecil membantu menghilangkan infeksi dengan mengeluarkan bakteri dari kandung kemih. Bilamana proses berkemih ditahan-tahan maka hal ini akan memberikan waktu bagi bakteri untuk terus berkembang biak di kandung kemih.

Buang air kecil setelah berhubungan badan juga dapat membantu. Mengapa? Oleh karena aktivitas seksual dapat mendorong bakteri lebih jauh ke dalam uretra baik pada pria maupun wanita. Dengan berkemih maka bakteri turun kembali dan menjadi lebih dekat ke muara uretra.

Antibiotika

Antibiotika dapat membunuh bakteri penyebab penyakit infeksi kandung kemih. Obat antibiotika adalah metode pengobatan yang langsung menghilangkan penyebab penyakit. Silahkan temui dokter keluarga Anda bila menderita penyakit ini.

Pereda nyeri

Infeksi kandung kemih yang parah dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri di daerah panggul. Nyeri dirasakan biasanya pada waktu proses berkemih. Namun, bila sudah sangat parah nyeri juga dialami saat tidak sedang berkemih juga.

Nyeri ini akan sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas keseharian. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi pereda nyeri untuk lebih membuat rileks dan nyaman. Selain itu, pereda nyeri akan membantu meredakan penyakit ketika obat antibiotika dalam prosedur penyembuhan.

Bantalan pemanas

Menempatkan pemanas yang sedang pada daerah perut atau punggung akan mampu meredakan nyeri tumpul yang kadang-kadang dirasakan selama proses penyakit berlangsung. Metode pengobatan ini akan sangat membantu bila digunakan berasama dengan antibiotika dan pereda nyeri.

Baca Juga  Proses Katabolisme Karbohidrat dalam Tubuh

Pakaian yang sesuai

Bakteri dapat berkembang biak dengan baik pada lingkungan yang hangat dan lembab. Bagi wanita, pakaian jenis jeans ketat atau pakaian ketat lainnya dapat menahan kelembapan di area yang sensitif. Kondisi ini akan menciptakan tempat berkembang biak yang baik bagi bakteri vagina.

Jus Cranberry

Cranberry telah digunakan sebagai pengobatan alami untuk mencegah infeksi kandung kemih selama beberapa generasi. Menurut review tahun 2012, jus cranberry dan tablet cranberry menjanjikan sebagai obat untuk wanita yang sering terkena infeksi kandung kemih.

Namun, tidak begitu jelas apakah jus cranberry benar-benar berfungsi untuk mencegah infeksi kandung kemih pada populasi yang lebih besar.

Nah, itu tadi pembahasan tentang 7 pengobatan terbaik pada penyakit infeksi kandung kemih. Pengobatan ini adalah kombinasi dari pengobatan medis dan herbal. Mudah-mudahan bermanfaat.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *