Penyebab Penyakit Flu dan Cara Pencegahannya

Penyakit Flu

Penyakit Flu – Anda tentu pernah merasakan sakit flu. Hampir semua manusia pernah merasakan gejala flu atau bahkan flu yang agak lama. Orang dewasa yang telah mempunyai imun tubuh yang cukup saja masih terkena flu, apalagi anak-anak dan bayi. Flu yang biasa dialami oleh manusia itu tidak bisa dianggap sebagai penyakit pasaran. Flu ini termasuk penyakit cukup bahaya. Penyebab penyakit flu ini bisa menyebabkan penyakit lain yang lebih parah. Intinya, setiap gangguan yang dirasakan tubuh, harus diatasi secepatnya sebelum menjadi lebih parah.

Penyakit Flu yang Tidak Ringan

Penyebab penyakit flu adalah virus. Serangan flu mengindikasikan penurunan kondisi pertahanan tubuh. Apabila penyakit itu menyerang berkali-kali, sebaiknya jangan dianggap remeh. Ketahui dan kenali penyebabnya dan melakukan pengobatan secepatnya. Meremehkan penyakit ini bisa berakibat fatal karena dapat menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Termasuk kemungkinan terjadinya infeksi pada paru maupun otak. Karena itu segera lakukan langkah pencegahan yang semestinya.

Saat tubuh lelah, jangan dipaksakan tetap bekerja dengan mengkonsumsi minuman penambah energi atau minum kopi lebih banyak dari biasanya. Tubuh lelah, artinya butuh istirahat. Tidurlah sejenak sekira 15 menit, sebelum melanjutkan aktivitas yang tertunda. Misalnya seseorang yang membawa kendaraan sejauh jarak 600 km dengan kondisi jalanan yang macet dan rusak parah. Tentu ia membutuhkan konsentrasi yang bagus. Tanpa adanya konsentrasi yang memadai, kendaraannya bisa tidak terkendali.

Ketika rasa kantuk datang, bukannya dengan merokok atau minum kopi. Pengendara mobil tersebut harus tidur sejenak dan jangan memaksakan diri. Air mineral saja sebenarnya cukup membantu mengatasi rasa lelah yang berlebihan. Hanya saja makanan yang dikonsumsi mengandung vitamin yang juga cukup. Tidak ada larangan minum kopi, namun dalam porsi dan waktu yang tepat. Dipagi hari munum kopi, cukup bagus. Hanya saja jangan minum kopi untuk mengatasi kantuk. Bila mengantuk, obatnya hanya satu, yaitu tidur.

Belajar untuk mengistirahatkan tubuh selama beberapa menit saja akan membuat tubuh terbiasa hanya tidur selama 10-15 menit. Tidur sejenak ini akan membantu membuat tubuh tetap fit dan siap bekerja lagi selama beberapa jam. Lalu tidur sejenak lagi. Kalau tubuh dipelihara seperti itu, maka tubuh akan lebih kuat menahan serangan virus terutama di musim penghujan. Makanan yang mengandung zat yang menghangatkan seperti jahe, juga perlu dikonsumsi agar menambah peningkatan imun tubuh.

Konsumsi makanan dengan karbohidrat yang tidak terlalu banyak juga bisa mengurangi rasa kantuk yang biasanya terjadi pada saat setelah makan siang. Pekerjaan yang menumpuk tidak boleh terlalu dibuat beban. Semua harus diselesaikan dengan baik. Pengaturan waktu dan membuat skala prioritas adalah sesuatu yang mutlak. Otak juga tidak boleh hanya dipakai untuk bekerja. Istirahatkan otak dengan zikir.

Sholat dan zikir itu adalah di antara penyegaran otak yang sangat baik selain melakuakn hal-hal yang menyenangkan. Apabila menyenangi dan bahkan mencintai pekerjaan, hal ini malah akan lebih baik lagi. Bekerja sama dengan melakukan rekreasi. Banyak sudah orang yang memilih pekerjaan yang sangat disenanginya. Mereka menenggelamkan diri dalam hobi yang juga merupakan lahannya mencari nafkah. Namun begitu, tubuh tetap mempunyai batas penggunaanya. Suatu saat pekerjaan yang sangat disenangi pun terasa menjadi satu beban.

Berhentilah sejenak dan lakukan hal lain yang dirasa lebih menantang pada saat itu. Melakukan perjalanan dan berkumpul dengan keluarga dan teman-teman terdekat akan membuat kehidupan lebih menyenangkan. Tersenyum dan tertawa bersama bisa meningkatkan imun tubuh. Bagi yang telah menikah, melakukan hubungan suami istri dengan senang hati juga akan membuat daya tahan tubuh meningkat dan terjaga dengan baik.

Kehidupan yang membahagiakan akan membuat tubuh merasa fit selalu. Flu yang mungkin akan menyerang, tidak bisa bertahan lama dalam tubuh. Bila ada perasaan gejala flu mulai datang, istirahatlah dan munumlah air jeruk hangat. Perbanyak minum dan makan buah serta sumber protein lainnya. Mandi dengan air hangat mungkin juga bisa membantu menyegarkan tubuh. Jangan keluarkan energi untuk menonton acara televisi karena tubuh malah tidak mau tidur.

Bila ada televisi di dalam kamar, sebaiknya dikeluarkan. Buat kamar tidur hanya untuk tidur sehingga waktu tidur tidak terganggu. Bila perlu, semua ponsel dan alat komunikasi lain yang sekiranya mengganggu, disingkirkan terlebih dahulu. Tubuh yang membutuhkan istirahat ini harus benar-benar dimanjakan agar bisa dipakai lagi untuk beraktivitas yang menyenangkan. Tidak ada pekerjaan yang menyenangkan kalau sedang dilanda flu berat.

Flu adalah Penyakit Musiman

Flu atau influenza merupakan penyakit musiman yang telah dirasakan hampir semua orang. Saking seringnya terkena penyakit ini, tak jarang orang malah menganggapnya sebagai hal biasa. Padahal penyakit flu dapat menular dan menyebar pada orang-orang yang ada di dekatnya. Penanganan yang tidak tepat juga dapat membuat penyakit ini lama sembuhnya, atau bahkan menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Apalagi kalau menyerang seorang bayi dan anak-anak. Waktu tidur mereka menjadi terganggu.

Penyakit Flu Pada Bayi

Yang lebih parah bagi bayi dengan perkembangan otak yang belum sempurna. Otak bayi berkembang dengan lebih cepat ketika ia sedang tidur. Kalau ia tidak bisa tidur gara-gara flu, maka perkembangan otaknya pun ikut terganggu. Sangat dianjurkan untuk tidak mendekat kepada bayi dalam keadaan flu, siapapun itu. Imun butuh bayi belum sempurna. Bayi yang terkena flu pasti akan rewel. Kondisi ini akan mempenagruhi kesehatan ibu. Ibu yang sakit akan berdampak kepada aktivitas dalam keluarga.

Influenza merupakan infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan bagian atas. Gejala yang ditimbulkannya meliputi demam tinggi yang disertai dengan perasaan menggigil kedinginan, mata terlihat memerah, dan nyeri pada otot atau tulang. Tak jarang pula penderita akan mengalami batuk yang disertai hidung tersumbat akibat adanya lendir dalam saluran pernafasan bagian atas. Kepala yang pusing itu cukup merepotkan karena tidak hanya pusing, kepala akan terasa sangat berat.

Kalau sudah terasa ada gejalanya dengan lebih sering bersin, cepat-cepatlah mengatasinya dengan menghirup udara yang lebih segar dan mengistirahatkan tubuh sejenak. Ada orang yang malah sembuh dari gejala penyakit flu setelah ia melakukan olahraga. Dengan berolahraga, tubuhnya mengeluarkan keringat sehingga ia merasa lebih fit dan segar. Apapun usaha yang dilakukan demi mengusir gejala flu, tetap harus dipikirkan kondisi tubuh. Kalau bisa berolahraga ringan, tidak menjadi masalah. Peregangan saja malah bangus untuk tubuh agar tidak terasa kaku.

Penyebab flu berasal dari virus influenza. Virus ini banyak sekali jenisnya, dari yang menyebabkan penyakit flu ringan hingga yang menimbulkan komplikasi yang cukup berat. Virus ini umumnya menyerang anak-anak, orang lanjut usia, maupun orang yang kondisi tubuhnya sedang menurun. Dalam banyak kasus, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya seiring membaiknya kondisi kesehatan dan daya tahan tubuhnya. Oleh karanenya yang diperbaiki adalah imun tubuhnya.

Namun untuk kasus yang lebih berat, bisa menyebabkan terjadinya komplikasi. Diantaranya terjadinya infeksi bakteri sekunder, infeksi pada paru-paru atau pneumonia, bahkan bisa menyebabkan infeksi pada otak. Pemeriksaan medis oleh dokter, biasanya juga dilakukan dengan mendiagnosis kemungkinan adanya infeksi bakteri sekunder maupun kemungkinan adanya komplikasi lain yang lebih parah. Kalau hal ini yang dirasakan, segera hubungi dokter.

Mengenal Gejala Penyakit Flu

Penanganan penyakit flu sebenarnya tidak terlalu sulit apabila dapat mengenali gejala awal penyebab penyakit flu. Di antaranya yang paling terlihat adalah tenggorokan yang mengalami sakit seperti terkena radang. Selain terasa panas atau nyeri, tenggorokan dan saluran pernafasan bagian atas biasanya terasa sakit saat untuk menelan makanan. Gejala awal ini harus secepatnya ditangani untuk segera mengatasi serangan virus flu.

Beberapa langkah awal yang perlu dilakukan untuk mengatasinya adalah mengkonsumsi dan hisap tablet hisap yang mengandung antiseptik yang banyak dijual di apotik atau toko obat. Hindari tempat wabah flu maupun orang-orang yang telah terkena penyakit flu. Istirahat yang cukup saat gejala awal terasa, dan hindari gerakan yang akan membuat tubuh terasa lelah.

Perbanyak minum air putih, setidaknya 2 liter sehari. Tingkatkan kondisi dan daya tahan tubuh dengan menambah konsumsi makanan yang bergizi dengan menu gizi seimbang. Makan makanan maupun buah-buhan yang banyak mengandung vitamin C lebih diajurkan.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *