Salah satu hal paling penting bagi para ibu yang baru saja melahirkan adalah melakukan perawatan pasca melahirkan dengan baik. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi, hal ini juga bertujuan untuk mempercepat proses pemulihan pasca melahirkan. Sehingga ibu bisa menjalankan berbagai aktivitas dengan nyaman. Atas dasar itulah melalui artikel ini kami akan membagikan informasi seputar perawatan pasca melahirkan secara normal dan caesar yang harus Anda tahu. Simak selengkapnya di bawah ini.

Perawatan Pasca Melahirkan Secara Normal dan Caesar Untuk Ibu

Baik itu melahirkan secara normal atau caesar, setiap ibu yang baru melahirkan pastinya membutuhkan perawatan khusus. Perawatan ini tidak hanya cukup dilakukan selama ibu masih dirawat di rumah bersalin atau rumah sakit, tetapi juga harus dilanjutkan di rumah sampai kondisi ibu benar – benar pulih dan bisa beraktivitas secara mandiri, termasuk menyusui bayinya.

Berikut ini adalah perawatan pasca melahirkan secara normal dan caesar untuk ibu yang harus Anda tahu.

Melahirkan Normal
Pada saat Anda menjalani persalinan secara normal, kemungkinan vagina mengalami luka robekan pastinya jauh lebih besar lagi. Luka persalinan tersebut biasanya butuh waktu hingga beberapa minggu untuk pulih sepenuhnya. Tetapi, pada kenyataannya tidak sedikit ibu yang keluhkan nyeri pada bagian vaginanya karena luka persalinan tersebut. Nah, untuk meredakan rasa nyeri ini, ada beberapa cara yang harus dilakukan di rumah, antara lain :

  • Menggunakan bantalan yang empuk sebagai alas duduk.
  • Membersihkan area vagina menggunakan air hangat, atau Anda juga bisa menggunakan lap yang sebelumnya sudah direndam air hangat untuk membersihkan vagina, baik setelah buang air kecil atau buang air besar.
  • Mandi air hangat kurang lebih sekitar 10 – 15 menit
  • Mengompres area vagina dengan air dingin selama 15 menit. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi perdarahan dan pembengkakan di vagina.
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri. Namun sebelum mengkonsumsinya pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter.
Baca Juga  Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Terbukti Berhasil

Selain hanya nyeri pada area vagina, sebagian ibu yang baru melahirkan secara normal kadang kalanya juga bisa merasakan beberapa keluhan lainnya, seperti nyeri atau susah buang air besar pasca melahirkan normal. Tetapi, Anda tak perlu khawatir yang berlebihan, karena hal tersebut bukan merupakan kondisi yang berbahaya sebab akan membaik dengan sendirinya seiring berjalannya proses pemulihan pasca persalinan normal.

Selain itu, agar tekstur tinja menjadi lebih lunak sehingga buang air besar pun jadi lancar, maka Anda bisa mengkonsumsi makanan tinggi serat, contohnya buah – buahan, sayuran dan kacang – kacangan. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi air putih yang cukup di setiap harinya. Bila diperlukan, Anda juga bisa menggunakan obat pencahar yang biasanya dianjurkan oleh dokter jika Anda memang cukup kesulitan sekali saat akan buang air besar.

Melahirkan Caesar
Lahiran secara caesar adalah persalinan yang biasanya menimbulkan luka sayatan di bagian perut. Luka sayatan ini bisa pulih dalam kurun waktu yang cukup lama dibandingkan lahiran secara normal, yaitu sekitar 6 minggu. Tetapi, proses pemulihannya bahkan bisa lebih lama bila terjadi komplikasi. Anda bisa melakukan beberapa perawatan berikut setelah melahirkan caesar, antara lain :

  • Membersihkan luka sayatan secara rutin dengan cara mengusapnya menggunakan kain yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air bersih secara perlahan.
  • Rajin olahraga ringan dan tetap bergerak, tetapi dengan tetap tidak melakukan aktivitas yang berat – berat.
  • Menjaga luka sayatan agar tetap kering dan selalu dalam keadaan bersih. Anda bisa mandi seperti biasa jika luka sayatan ditutup dengan penutup luka kedap air.
  • Menghindari menggosok atau pun menggaruk area luka sayatan

Nah, itulah beberapa perawatan pasca melahirkan secara normal dan caesar untuk ibu yang bisa kami bagikan. Semoga informasinya bermanfaat.