Keguguran adalah suatu kondisi berhentinya kehamilan secara tiba – tiba saat isia kehamilan biasanya belum mencapai 20 minggu. Kebanyakan kasus keguguran terjadi di awal kehamilan, bahkan terkadang sebelum wanita mengetahui kalau dirinya sedang hamil. Pada dasarnya ada banyak penyebab keguguran, namun kali ini kami akan membagikan cara membersihkan rahim setelah keguguran, misalnya dengan mengkonsumsi buah pembersih rahim pasca keguguran berikut.

Buah Pembersih Rahim Pasca Keguguran yang Harus Diketahui

Buah Kering
Buah pembersih rahim pasca keguguran pertama adalah beberapa jenis buah yang dikeringkan, contohnya seperti kismis, cery, apricot dan lainnya. Pasalnya, di dalam buah kering tersebut memiliki kandungan yang bisa membuat rahim lebih bersih dan mengatasi pendarahan yang berlebihan.

Alpukat
Selain menyehatkan, buah alpukat juga menjadi pilihan buah yang ampuh untuk membersihkan rahim setelah keguguran. Dengan kandungan asam folat yang cukup tinggi, alpukat tidak hanya berguna untuk menyiapkan kehamilan selanjutnya, tetapi juga memberikan energy bagi tubuh Anda. Tidak hanya itu, kandungan asam folat yang tinggi pada alpukat juga mampu membuat rahim menjadi lebih sehat.

Anda bisa mengkonsumsi alpukat secara rutin untuk mendorong menstruasi pertama pasca keguguran tanpa kuret yang paling aman, sehingga rahim kembali sehat dan siap untuk hamil lagi.

Jeruk
Dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga berguna sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, buah dengan kandungan vitamin C ini juga dapat membersihkan rahim pasca keguguran, membuat masa nifas lebih cepat dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, jeruk juga baik untuk dijadikan sebagai cara melancarkan darah nifas pasca keguguran secara alami.

Stroberi
Adapun pilihan lain buah yang berguna untuk membersihkan rahim setelah keguguran adalah stroberi. Karena, buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi tersebut bisa membuat pencernaan Anda jadi lebih sehat. Selain bisa memberikan efek membersihkan rahim, stroberi juga dapat mempengaruhi suasana hati Anda yang biasanya depresi dan sedih setelah keguguran. Anda bisa mengkonsumsi buah stroberi secara langsung atau menjadikan sebagai jus yang enak dan menyegarkan.

Baca Juga  13 Cara Diet yang Baik dan Sehat

Apel
Selain mengandung vitamin C yang juga tergolong tinggi, apel juga mengandung antioksidan yang cukup banyak. Tak heran jika apel juga termasuk sebagai salah satu buah pembersih rahim setelah keguguran yang paling recommended. Dengan mengkonsumsi buah satu ini maka akan membuat jantung menjadi lebih sehat, sebab biasanya seseorang yang baru keguguran akan mengalami gangguan pada jantung. Tidak hanya itu, apel juga bisa membuat Anda masa nifas lebih cepat sehingga rahim bisa siap untuk hamil lagi.

Anggur
Rekomendasi buah terakhir yang baik Anda konsumsi setelah keguguran adalah anggur. Buah satu ini kaya akan kandungan vitamin E. Dengan mengkonsumsi buah tersebut maka akan membantu keluarkan jaringan darah di dalam rahim yang seharusnya keluar lewat masa nifas. Oleh karenanya, Anda bisa banget mengkonsumsi buah anggur sebagai camilan.

Makanan yang Harus Dihindari Pasca Keguguran

Junck Food
Ini adalah jenis makanan cepat saji yang ternyata wajib dihindari seseorang setelah mengalami keguguran. Karena, junk food hanya akan mengisi kalori yang kosong dalam tubuh Anda. Selain itu, junk food juga bisa mencegah Anda mengkonsumsi makanan kaya nutrisi yang sebenarnya lebih dibutuhkan saat mengalami keguguran.

Makanan dan Minuman yang Manis – Manis
Setelah keguguran Anda juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi yang terlebih banyak makanan dan minuman yang manis – manis. Contohnya seperti permen, soda dan lainnya.

Susu dan Daging yang Berlemak
Pasca keguguran, Anda juga perlu menghindari beberapa produk olahan susu dan daging yang berlemak, seperti daging domba atau kambing, daging sapi, mentega, keju dan susu. Sebab, susu dan daging berlemak tersebut dapat menyebabkan peradangan yang bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman yang luar biasa.

Baca Juga  Posisi Menyusui Bayi yang Tepat

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang buah pembersih rahim pasca keguguran yang harus diketahui. Semoga bermanfaat.