Mengenal Perbedaan Pengiriman Cargo dan Ekspedisi

2 min read

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Ekspedisi

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Ekspedisi – Semakin merebaknya toko online yang tumbuh di Indonesia membuat jasa pengiriman atau jasa kurir menjadi point vital sebagai salah satu pelengkap untuk menunjang toko online. Mengapa bisa begitu? Sebab, ketepatan waktu pengiriman dan sampainya suatu barang atau paket ke konsumen menjadi penilaian reputasi baik atau buruknya pelayanan toko online itu sendiri.

Misalnya, toko online yang menjual masker. Konsumen yang sudah memesan dan membayar ongkos kirim, lalu toko online mengirimkan barang dengan perkiraan sampai 3-5 hari ke alamat tujuan. Ternyata, maskernya sampai satu minggu lebih. Yang jelas kita sebagai pemilik toko online perlu menyampaikan permohonan maaf dan menjelaskan mengapa barang tidak sampai tepat waktu.

Jadi, meskipun kita sudah membayar ongkos kirim yang sifatnya urgent (segera atau khusus), paket/barang pesanan belum tentu bisa sampai dengan segera. Karena mungkin saja ada kendala teknis yang sifatnya tidak terduga yang bisa menghambat pengirimannya.

Berdasarkan case toko masker online tersebut pernah barang tidak sampai tepat waktu dan terlambat hanya gara-gara petugas kurirnya sedang sakit dan tidak bisa digantikan oleh petugas lain, karena jalur jalannya tidak diketahui atau ketika terpotong hari libur.

Untuk itu adanya jasa layanan pengiriman sangat membantu sekali bagi para penjual atau pebisnis online yang menjajakan barang/produknya lewat toko online. Saat ini sudah banyak kurir-kurir ekspedisi yang menyediakan layanan tracking, cek pengiriman via online dengan memasukkan nomor resi pengiriman. Itulah yang memudahkan konsumen bisa secara langsung melihat posisi paketnya sudah berada di mana. Sudah dikirimkah atau sudah sampai mana paketnya secara realtime

Bagi sobat yang terbiasa berjualan online pastinya sudah tidak asing dengan jasa pelayanan pengiriman barang seperti pengiriman ekspedisi dan pengiriman cargo. Biarpun keduanya memiliki tujuan pelayanan yang sama yakni jasa pengiriman barang, baik berupa dokumen maupun barang lainnya. Namun sebenarnya ada 2 Hal pokok yang menjadi perbedaan keduanya.

Baca Juga  Eceng Gondok - Gulma Berkomoditi Ekspor

Sebenarnya tidak ada perbedaan diantara keduanya selain asumsi masyarakat yang beranggapan bahwa pengiriman ekspedisi merupakan pengiriman dalam skala yang relatif kecil. Berbeda dengan pengiriman cargo yang melayani pengiriman yang relatif banyak serta dalam skala yang lebih besar.

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Pengiriman Ekspedisi

Seperti yang sudah dijabarkan diatas sebelumnya bahwa sebetulnya tidak ada perbedaan antara pengiriman cargo dan ekspedisi. Keduanya bisa dikatakan sama, yakni memberikan jasa pengiriman serta mendistribusikan barang atau paket pada yang berhak menerimanya.

Namun perlu diketahui yang membedakan keduanya yakni jenis layanan yang diberikan terutama untuk kelompok bisnis, yaitu;

Pengiriman Cargo
Untuk pengiriman cargo, disebutkan diatas pengiriman dalam jumlah yang besar. Biasanya oleh jasa pengiriman cargo sudah ditetapkan jumlah minimum beratnya (biasanya minimal 10 Kg atau 50 Kg). Semakin banyak jumlah atau skala barangnya biasanya untuk harganya pun semakin murah.

Namun, yang perlu menjadi perhatian jika memilih layanan cargo biasanya beberapa cargo tidak memberlakukan layanan jemput barang atau paket, sehingga kita sendiri yang harus mengantar nya ke agen terdekat. Selain itu beberapa cargo berbeda pula cara pengiriman barangnya, ada yang menggunakan layanan darat, seperti Truk, Kereta maupun Bis yang tentu saja jika kita mengirimkan barang ke wilayah yang cukup jauh akan memakan waktu pengiriman yang lebih lama.

Pengiriman barang ekspedisi
Berbeda halnya dengan pengiriman ekspedisi yang biasanya tidak ada minimal berat. Kita bisa mengirim barang dengan jumlah kurang dari 1 Kg pun tetap dilayani dengan menggunakan jasa pengiriman ekspedisi. Selain itu saat ini kebanyakan pengiriman ekspedisi sudah memberikan layanan “Jemput Barang” yang bisa dijemput dari tempat pengirim dan diantar hingga ke tempat penerima. Untuk harganya, pengiriman ekspedisi diberlakukan kelipatan per Kg dan jarak tempuh pengiriman

Baca Juga  Tips Menjadi Seorang Marketing Handal

Itulah Perbedaan Pengiriman Cargo dan Pengiriman Ekspedisi, semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *