Siput, Binatang Menjijikkan Tapi Banyak Manfaat

3 min read

Siput Binatang Banyak Manfaat

Siput Binatang Banyak Manfaat – Siput adalah binatang yang termasuk hewan lunak atau disebut Mollusca dengan kelas Gastropoda karena memiliki cangkang dan berjalan dengan perut. Contoh gastropoda adalah bekicot dan tutut. Hewan ini mengandung asam amino jika dikonsumsi sebagai makanan dan bisa juga untuk pengobatan apabila lendirnya digunakan.

Saat ini, banyak makanan olahan dari Siput atau bekicot. Tidak seperti dahulu yang diburu oleh petani karena dianggap sebagai hama dan musuh bagi tanaman para petani. Siput saat ini adalah komoditi ekspor yang banyak dikirim ke negara Prancis dan negara-negara Eropa lainnya.

Manfaat Siput Untuk Kesehatan

Ketika Anda mendengar siput, Anda juga biasanya mendengar tutut atau bekicot. Mereka masih satu keluarga. Walaupun sekarang sudah banyak yang mencari untuk dijadikan bahan makanan, jauh sebelumnya Prancis sudah banyak mengonsumsinya yang disebut Escargot. Makhluk hidup yang terkesan menjijikan ini, di Prancis, bekicot adalah makanan mahal.

Hewan lunak berlendir ini walaupun menjijikan tetapi banyak manfaatnya. Hewan yang selalu diburu para petani karena dianggap sebagai pengganggu sekarang banyak dicari. Selain untuk bahan makanan, hewan dari kelas Gastropoda ini juga masih banyak lagi kegunaannya.

Sumber Protein Tinggi
Makanan yang banyak dijual di Prancis ini mengandung asam amino esensial. Ketika Anda kurang tertarik melihat makanannya, ingat saja khasiatnya.

Ketika di Indonesia banyak yang menganggapnya sebelah mata dengan bekicot, di Prancis, bekicot adalah makanan yang mahal dan bergengsi yang biasanya menjadi makanan utama.

Escargot Sumber Protein Tinggi

Selain memiliki asam amino esensial, bekicot ini rendah lemak sehingga semakin baik jika dikonsumsi. Di Indonesia cara penyajian makanan dari olahan bekicot atau tutut masih sangat sederhana tidak seperti di negara lain yang penyajiannya sangat menarik untuk disantap. Maka dari itu, disini makanan berbahan dasar bekicot atau tutut adalah makanan yang bisa dikatakan murah tidak semahal di negara lain.

Baca Juga  Benarkah Nanas Dapat Menggugurkan Kandungan

Obat untuk Penyakit Liver dan Hepatitis B
Daging bekicot baik untuk penyakit ini atau Anda bisa makan tutut yang sudah diolah dengan baik untuk menunjang kesembuhan penyakit liver atau hepatitis B.

Tetapi, ketika diolah sendiri jangan sampai yang awalnya harusnya menjadi obat malah menambah penyakit. Karena dagingnya yang tidak diolah dengan baik mengandung bakteri Salmonella yang mengakibatkan keracunan dan telur cacing yang masih hidup juga bisa mengakibatkan penyakit hepatitis.

Selain untuk penyakit hepatitis, daging bekicot dipercaya bisa untuk penyembuhan penyakit diabetes, TBC, asma, maag hingga penyakit ringan seperti influenza atau sembelit.

Kecantikan
Ternyata lendir siput bisa untuk perawatan kecantikan. Lendirnya bisa digunakan untuk obat jerawat. Siapa yang menyangka hewan yang banyak dianggap menjijikan ini bisa mengobati jerawat. Di negara lain, lendir ini diproses lebih mendalam sebagai bahan dasar dari beberapa produk kecantikan. Karena diyakini bisa juga untuk mengurangi kerutan wajah (regenerasi kulit).

Dapat Menyembuhkan Luka
Siput lagi-lagi memiliki khasiat yaitu untuk mengobati luka atau goresan. Ambil lendirnya dari cangkang yang sudah dipecahkan lalu oleskan kepada bagian luka.

Luka akan cepat mengering. Hewan lunak berlendir ini ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Ketika di negara sendiri dianggap sebagai hewan yang tidak seterkenal ayam, di negara lain malah banyak dimanfaatkan.

Jika mengenal dan mengetahuinya lebih dekat maka akan disadari banyak sekali manfaatnya. Selain bisa dijadikan makanan dengan berbagai olahan seperti sate, kripik, tongseng, sambel goreng dan bumbu kuning karena kandungan proteinnya yang tinggi dan rendah lemak, hewan ini bermanfaat untuk menyembuhkan luka goresan dengan lendirnya dan juga bisa untuk kecantikan yaitu mengobati jerawat.

Baca Juga  Mendulang "Emas" dari Kayu Gaharu yang Langka

Jadi dengan keberadaan tutut atau bekicot di negara sendiri sebaiknya lebih diolah lagi agar memilki nilai yang tinggi bukan saja untuk komoditi ekspor dengan harga yang murah.

Karena, ketika sudah diolah di negara lain bekicot ini bernilai jual sangat tinggi. Jadi berkenalan lebih dekatlah dengan siput dan manfaatkan keberadaannya tetapi jangan sampai digunakan dengan tidak bertanggung jawab.

Itulah ulasan lengkap tentang Siput Binatang Banyak Manfaat, semoga bermanfaat.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *