5 Souvenir Khas Lombok Yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh

2 min read

Souvenir Khas Lombok Kain Tenun Sasak

Souvenir Khas Lombok – Tidak hanya Bali, salah satu tujuan wisata bagian tengah Indonesia yang banyak didatangi para wisatawan ialah Lombok. Lombok memang punya segudang tujuan wisata alam yang sangat menarik untuk didatangi khususnya pantai serta lautnya. Umumnya, para wisatawan yang datang ke Lombok bertujuan untuk melihat keindahan bawah laut dari pulau yang eksotis ini.

Disana kamu bisa melakukan snorkeling, diving, atau sekedar santai sembari menyaksikan keindahan pantainya. Bukan hanya destinasi wisatanya saja, satu diantara hal yang tidak boleh kamu lupakan ialah membeli souvenirnya. Ada banyak souvenir khas Lombok yang sangatlah menarik dan bagus untuk dibeli. Berikut beberapa souvenir ciri khas Lombok yang dapat kamu bawa pulang.

5 Oleh-Oleh Khas Lombok Yang Bisa Dijadikan Hadiah

1. Kain Tenun Sasak

Souvenir pertama yang harus kamu beli ialah kain tenun Sasak hasil karya wanita Lombok. Kain tenun ini sudah terkenal sampai luar negeri, bahkan telah menjadi target para kolektor serta para wisatawan. Kain tenun ini dibuat dari bahan alami yakni kapas pilihan yang dipintal menjadi benang setelah itu diwarnai.

Souvenir Khas Lombok Kain Tenun Sasak

Bahan pewarna kain tenun Sasak berasal dari biji-bijian, kulit pohon, dedaunan, akar, serta yang lain hingga membuahkan warna yang alami serta benar-benar cantik. Kain ini diolah dengan manual memakai alat yang dibuat dari bambu. Pengerjaan kain tenun bisa memerlukan waktu sampai berminggu-minggu.

Selain membeli kain ini, kamu bisa juga belajar menenun kainnya. Untuk kamu yang tertarik, kamu bisa datang langsung ke Desa Sukarara yang merupakan pusat budaya kain tenun ciri khas Lombok.

2. Kain Songket Sasak

Kain songket merupakan kain tenun yang dibuat dengan menambah benang pakan serta hiasan-hiasan dari benang sintetis yang berwarna perak, emas, kuning, serta beberapa warna yang lain. Hiasan yang dipakai pada kain songket ini ialah berbentuk logam atau kerang. Untuk kamu yang tertarik untuk membeli kain songket, kamu dapat datang langsung ke wilayah Sukarara juga.

Baca Juga  Wisata Alam di Gunung Bunder Resort yang Menawan

Kain Songket Sasak

Disana kamu juga bisa menyaksikan secara langsung pengerjaan kain songket ini. Kain songket sasak ialah pakaian tradisi khas warga Lombok. Umumnya wanita menggunakan kain songket sebagai selendang dan pria menggunakan kain songket sebagai bawahan atau sarung.

3. Kerajinan Anyaman Ketak

Kerajinan anyaman ketak ialah satu diantara kerajinan tangan paling terkenal di Lombok. Produk ini dibuat dari ketak. Ketak ialah tanaman tipe paku-pakuan yang menjalar panjang seperi tali. Sepintas kerajinan ini terlihat seperti tas rotan ciri khas Bali. Anyaman ketak mempunyai struktur yang keras, kuat, serta mempunyai kualitas yang bagus.

Umumnya anyaman ketak dibuat menjadi produk tas wanita. Produk ini punya nilai seni yang tinggi. Bentuk tasnya juga beraneka ragam. Bila kamu tertarik untuk membelinya, kamu dapat langsung datang ke kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat, atau Lombok Timur.

4. Kaos Lombok

Sama dengan wilayah wisata yang lain, Lombok punya kaos khasnya. Kaos Lombok ialah kaos oblong yang berasal dari wilayah Sasak. Kaos ini punya design yang kekinian. Kaos ciri khas Lombok didominasi dengan warna hitam serta putih. Beberapa kaos punya simbol Sasak.

Dibandingkan souvenir kaos dari daerah yang lain, kaos Lombok mempunyai harga yang lebih murah. Bila kamu tertarik untuk membelinya, kamu dapat datang langsung ke sejumlah pusat oleh-oleh yang berada di Lombok.

5. Kalung Mutiara

Ingin memberikan hadiah spesial dengan harga terjangkau? Kamu bisa pilih kalung mutiara Lombok. Mutiara ini ialah tipe mutiara air tawar yang mempunyai diameter rata-rata sebesar 8mm. Kalung mutiara Lombok ini didominasi dengan warna putih cerah serta abu-abu.

kalung mutiara lombok

Tidak sedikit kalung mutiara yang dikombinasikan dengan emas serta perak sehingga membuat perhiasan ini makin cantik serta menarik untuk dimiliki. Bahkan mutiara Lombok ini telah mendunia. Bentuknya cukup besar serta berkilau, tertarik untuk memilikinya?

Baca Juga  Menelusuri Objek Wisata Bersejarah di Sumedang

Itulah ke 5 Souvenir Khas Lombok yang bisa dijadikan oleh-oleh atau hadiah, semoga informasi ini bermanfaat buat sobat semua ya. Salam travelling.

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *