Tidak terasa sebentar lagi sudah penghujung tahun, tentu saja pikiran kita semua tertuju untuk liburan di akhir tahun bersama keluarga ataupun teman. Tidak melulu untuk menghamburkan uang, liburan juga salah satu usaha kita untuk menjernihkan pikiran menuju tantangan baru di tahun yang baru. Bagi anda yang sangat suka suasana pantai, pasti yang pertama anda pikirkan adalah Bali. Namun siapa sangka, Pulau Lombok NTB yang notabene adalah ‘tetangga’ dari Pulau Bali juga memiliki pesona pantai-nya sendiri.

Bahkan Presiden Jokowi telah mengembangkan Kawasan Mandalika untuk menunjang pariwisata Pulau Lombok, yang digadang-gadang menjadi salah satu kawasan wisata halal terbaik di dunia. Pulau Lombok sendiri masih relatif lebih sepi dan tenang dibanding Bali, yang mana hal tersebut membuat berwisata ke Pulau Lombok lebih cocok untuk wisata keluarga dan bulan madu. Bagi anda yang masih penasaran dengan pantai di Pulau Lombok, berikut tiga pantai unik yang dimiliki oleh Lombok,

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi bisa dibilang paling popular di kalangan wisatawan domestik dan asing. Bukan tanpa sebab, bisa dibilang fasilitas di daerah Senggigi cukup lengkap. Hotel dari yang harga standard sampai skala resort tersedia, angkutan umum (DAMRI dari Bandara Internasional Lombok) dan pangkalan taksi-pun ada di daerah Senggigi. Kondisi pantainya bersih dan cukup aman untuk berenang di pinggir pantai. Bila anda ingin lebih dari sekedar berenang, beberapa vendor di hotel juga menyediakan paket snorkeling dan diving. Mengingat kawasan Senggigi cukup jarang dilalui angkutan umum, anda dapat menyewa sepeda motor dengan tarif sekitar 100 ribu rupiah perhari untuk mengelilingi pantai-pantai di daerah Senggigi.

2. Pantai Gili Trawangan

Baca Juga  Tempat-Tempat Wisata Indonesia yang Eksotis

Pantai Gili Trawangan

Terdapat tiga ‘gili’ (yang artinya pulau) terkenal di bagian barat laut Pulau Lombok, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Khususnya di Gili Trawangan, tidak ada kendaraan bermotor, jadi anda hanya memiliki pilihan naik Cidomo (semacam delman), menyewa sepeda atau jalan kaki.

Untuk menuju Gili Trawangan bisa dengan naik kapal dari Pulau Bali, Pelabuhan Senggigi atau dari Pelabuhan Bangsal. Sekeliling pulau ini semuanya pantai, dimana area barat dari pulau ini cenderung lebih ramai di area lainnya. Selain berenang, snorkeling dan diving, pengunjung yang tidak ingin ‘basah-basahan’ bisa mencoba naik kapal yang bagian lantai-nya dimodifikasi dengan ‘glass’ sehingga pemandangan bawah laut terlihat jelas. Suasananya mirip dengan Pantai Senggigi namun lebih ramai. Pasirnya putih dan masih aman untuk berenang di pinggiran.

3. Pantai Mawun dan Tanjung Aan

Pantai Mawun dan Tanjung Aan

Anda tidak suka keramaian ? Dua pantai ini cocok untuk anda. Kedua pantai ini relatif lebih sepi dibanding pantai lain di Lombok. Bahkan akses jalan ke Pantai Tanjung Aan pun bisa dibilang belum semuanya di-aspal. Penginapan terdekat ke Pantai Mawun dan Tanjung Aan berada di daerah Pantai Kuta-Mandalika.

Untuk ke lokasi kedua pantai ini anda harus menyewa mobil/motor karena jalannya pun relatif sepi dan jalan menuju Pantai Mawun cukup menanjak. Namun perjuangan anda akan berbuah manis karena Pantai Mawun dan Tanjung Aan bisa dibilang berbeda dari pantai lain karena diapit perbukitan. Cek cuaca terkini via aplikasi di ponsel pintar anda karena bila anda datang saat cuaca kurang baik, angin yang berhembus sangat dingin dan ombaknya pun jadi tidak bersahabat. Bila anda membawa anak harap selalu awasi anak anda saat berenang.

Baca Juga  Pesona Gili Trawangan, Salah Satu Tempat Wisata Lombok nan Eksotis

Untuk fasilitas seperti restoran pun belum terlalu banyak dan masih didominasi warung lokal. Lokasinya yang masih ‘asli’ menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan untuk berkunjung.

Itulah 3 Pantai di Lombok yang mempunyai keunikan tersendiri bagi wisatawan, semoga bermanfaat