6 Tempat Wisata Alam Bogor yang Keren Abis

5 min read

Tempat Wisata Alam Bogor

Tempat Wisata Alam Bogor – Siapa yang tidak kenal dengan Bogor, Kota Hujan. Kota yang selalu menjadi salah satu destinasi andalan. Begitu banyak tempat wisata tersebar di Bogor, baik di Kota Bogor maupun Kabupaten Bogor. Hampir semua objek tujuan wisata tersedia di Bogor, terkecuali wisata pantai. Objek wisata alam Bogor sungguh bisa dijadikan salah satu pilihan berlibur keluarga.

Pada umumnya, objek kunjungan wisata di Bogor berupa keindahan alam mulai dari air terjun sampai pemandangan gunung. Berikut ini beberapa destinasi wisata alam Bogor yang bisa dijadikan acuan apabila Anda dan keluarga atau sahabat nanti memiliki keinginan untuk berwisata di Bogor.

6 Objek / Tempat Wisata Alam Bogor

  1. Objek Wisata Tirta Sanita
    Objek wisata alam Bogor yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka berendam di air panas. Jaraknya hanya 20 kilometer dari Bogor tepatnya di Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung. Air panas alami yang mengalir dari gunung kapur Ciseeng ini mengandung belereng yang sangat baik bagi kesehatan dan untuk pengobatan penyakit seperti penyakit kulit, penyakit tulang, dan sebagainya.

Bagi Anda yang “malu” berendam air panas bersama-sama, di objek wisata Tirta Sanita juga menyediakan bak-bak rendaman dalam kamar tertutup sehingga privasi Anda tidak terganggu. Sajian panorama alam pegunungan menjadi daya tarik utama objek wisata ini. Pengunjung bisa merasakan sejuknya udara pegunungan sambil menikmati pemandangan yang indah.

Bagi Anda yang suka berkemah di alam terbuka, objek wisata Tirta Sanita juga menyediakan camping ground area dan fasilitas outbound dengan dukungan fasilitator yang terlatih.

2. Wana Wisata Curug Cilember
Jangan mengaku waterfall lover kalau Anda belum mengunjungi objek wisata alam Bogor berupa air terjun (curug) yang satu ini, Curug Cilember. Terletak di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua masih berada di kawasan Puncak Bogor, objek wisata Bogor yang satu dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat atau dua sejauh 20 km dari kota Bogor atau 1,5 jam apabila ditempuh dari Jakarta.

Baca Juga  Menelusuri Objek Wisata Bersejarah di Sumedang

Begitu mendekati area wahana wisata ini, Anda disambut oleh sejuknya angin pegunungan dan panorama yang menentramkan hati. Wana wisata Curug Lember ini bisa dijadikan sebagai labolatorium edukasi alami bagi keluarga yang sudah memiliki anak atau juga Anda yang masih single.

Kalau diamati, Curug Cilember ini terdiri atas 7 tingkatan air terjun dari mulai curug satu hingga curug tujuh. Curug satu tentu curug yang paling tinggi. Anda bisa mencapai setiap tingkatan curugnya dengan menaiki titian tanah dan akar pohon yang berada di sisi-sisinya, ini khusus bagi Anda yang memiliki keberanian.

Sangat disarankan, apabila Anda ingin tenang menikmati keindahan curug tujuh hindarilah kunjungan pada saat hari Sabtu terutama Minggu karena pada hari-hari tersebut Curug Cilember banyak dikunjungi wisatawan.

Selain Curug Cilember, wana wisata ini juga memiliki penangkaran kupu-kupu yang berasal dari aneka jenis kupu-kupu.

3. Goa Gudawang
Bagi Anda yang suka dengan tempat wisata yang tidak umum dan menantang, objek wisata alam Bogor yang satu ini layak Anda jelajahi. Goa Gudawang terletak di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Goa Gudawang sebenarnya merupakan kompleks perguaan yang terdiri atas 12 gua.

Goa Gudawang Bogor

Toponimi Gudawang sendiri berasal dari kata kuda lawang yang bisa diartikan ekor kuda yang dikepang. Tidak semua gua yang berada di Goa Gudawang ini bisa dijelajahi untuk umum. Hanya 3 goa (Goa Simasigit, Goa Sipahang, dan Goa Simenteng) yang sudah dikembangkan dan dikelola untuk kunjungan wisatawan.

Goa Simasigit memilki panjang kira-kira 500 meter. Goa Simasigit bukan termasuk gua yang aktif (pembentukan speleothem) sehingga pengunjung hanya akan sedikit menemukan bentukan gua seperti stalaktit. Di dalam gua yang tidak terlalu dalam ini, pengunjung akan menemukan genangan air yang tidak terlalu besar dan lubang sumuran sebagai tempat masuknya cahaya ke dalam gua.

Baca Juga  8 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Lantai goa basah dan banyak ditemukan guano (kotoran kelelawar). Sangat dianjurkan ketika memasuki goa ini menggunakan masker pelindung dari bau yang menyengat.

Konon, menurut cerita, penamaan Simasigit dikarenakan gua ini sering dijadikan sebagai tempat shalat dan peristirahatan. Dari asal-usul inilah, goa ini diberi nama Simasigit yang artinya masigit (dalam bahasa Sunda).

Lain lagi dengan Goa Simenteng. Untuk masuk ke dalam Goa Simenteng pengunjung harus menuruni tangga yang lumayan vertikal untuk mencapai dasar goa. Goa Simenteng memiliki dua zona yaitu zona terang, sinar matahari masih dapat menembus kegelapan goa dan zona gelap, di sini Anda harus mempergunakan alat bantu berupa senter untuk masuk ke dalamnya.

Zona gelap merupakan zona berair karena terdapat aliran sungai bawah tanah yang alirannya lumayan deras tetapi airnya jernih. Ujung dari Goa Simenteng adalah sebuah ruangan besar yang dihuni oleh ribuan kelelawar.

4. Taman Wisata Alam Telaga Warna
Sering berjalan-jalan di kawasan Puncak menikmati hamparan perkebunan teh dengan udara yang sejuk? Tahukah Anda bahwa di kawasan puncak terdapat objek wisata lainnya? Taman Wisata Alam Telaga Warna merupakan sebuah objek wisata alam Bogor lainnya yang layak mendapat perhatian Anda.

telaga warna bogor

Taman Wisata Alam Telaga Warna ini terletak di dekat Perkebunan The PTP VII Gunung Mas yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari jalaran raya utama Puncak. Akan tetapi, apabila tidak teliti Anda tidak akan menemukan pintu masuk ke Telaga Warna ini. Pintu masuknya sendiri terhalang oleh deretan warung yang berjajar di sepanjang jalan.

Ketika berjalan menyusuri jalan setapak menuju ke Telaga Warna, mata Anda akan disuguhi dengan pemandangan perkebunan the dengan udaranya yang sejuk.

5. Kebun Raya Bogor
Nah, inilah objek wisata alam Bogor andalan. Pada awalnya, Kebun Raya Bogor bernama s’Lands Plantentuin te Buitenzorg. Kebun Raya memiliki berbagai koleksi tanaman yang diminati oleh semua masyarakat seperti bunga Titan Arum. Selain itu, bagi Anda pecinta anggrek, Kebun Raya Bogor memiliki 10.000 koleksi spesimen anggrek.

Baca Juga  Wisata Murah Meriah ke Pulau Untung Jawa

Boleh dibilang, Kebun Raya Bogor memiliki koleksi tanaman tropis yang super lengkap. Kebun Raya Bogor memiliki luas 87 hektar. Selain koleksi tanaman, Kebun Raya Bogor juga memiliki objek kunjungan lainnya yang sayang kalu dilewatkan. Ketika masuk melalui gerbang utama, Anda akan disambut oleh pohon kenari yang berderet di kanan dan kiri jalan.

Taman Teysman merupakan sebuah taman bergaya formal yang merupakan bentuk penghargaan kepada Johannes Teysman seorang kurator kebun raya Bogor yang banyak berjasa dalam bidang lansekap. Selanjutnya Anda juga bisa mengunjungi Taman Lebak Sudjana Kasan, Jalan Astrid, Taman Kaktus, Monumen J.J Smith, Jembatan Gantung, Pohon Kalong, serta Monumen Lady Raffles.

6. Taman Safari
Taman Safari terletak di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua. Tempat ini merupakan sebuah objek wisata alam yang tidak pernah sepi didatangi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Wisatawan dapat menyaksikan beragam jenis binatang dan sekaligus juga bisa berinteraksi yang berasal dari seluruh penjuru dunia.

Taman Safari bogor

Di Taman Safari, pengetahuan animalia Anda akan semakin kaya dengan berbagai wahana pendukung yang edukatif. Objek-objek pendukung tersebut di antaranya safari park, taman burung, animal education show, primates and reptiles, babby zoo, kincir raksasa, gajah dan kuda tunggang, safari trek, dan lain-lain.

Objek-objek wisata alam tersebut hanya sebagian kecil yang dimiliki oleh Bogor. Masih banyak objek wisata alam lainnya yang tidak kalah menarik dan sayang untuk dilewatkan atau dikunjungi.

Setiap objek wisata alam Bogor telah ditata sedemikian rupa oleh pihak pengelola untuk mendukung kenyamanan wisatawan dalam menikmati keindahan setiap objek wisata yang dikunjunginya. Jadi segeralah rencanakan liburan Anda dengan mengunjungi objek wisata alam di Bogor dan dapatkan pengalaman yang berbeda.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *