8 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

4 min read

tempat wisata di sukabumi

Tempat Wisata di Sukabumi – Sukabumi tidak hanya memiliki panorama pegunungan yang menyejukkan. Tetapi juga sederetan obyek wisata pantai yang mengagumkan sebab di bagian Selatannya berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Tinggal di Sukabumi merupakan sebuah karunia tak ternilai harganya. Tempat wisata di Sukabumi yang beragam menjadi sarana bagi penduduk sekitar sebagai sumber penghasilan baik itu sebagai pemandu wisata, penyedia layanan penginapan, transportasi maupun penjaja makanan khas Sukabumi. Bagi pemerintah daerah pemasukan dari pengelolaan obyek wisata dapat menambah kas pendapatan daerah.

Obyek wisata pantai di Sukabumi yang paling terkenal adalah Pantai Pelabuhan Ratu. Lengkap dengan kisah mistis Nyi Roro Kidul menambah eksotisme wisata pantai dengan ombak Samudera Hindia yang dikenal ganas.

Luasnya Samudera Hindia menjadikan obyek wisata pantai di Sukabumi tidak hanya berpusat pada Pelabuhan Ratu saja. Namun juga wisata pantai lain seperti Pantai Cibangban, Pantai Ujung Genteng, Pantai Cimaja dan Pantai Minajaya.

Pemandangan dari hamparan perbukitan di sekitar Gunung Pangrango menjadi daya tarik bagi wisatawan yang menyukai hawa pegunungan. Selain panorama perbukitan di sekitar gunung yang cukup akrab di kalangan para pendaki dan pecinta alam, terdapat beberapa obyek wisata yang tak kalah indah. Tempat wisata tersebut, seperti obyek wisata Pondok Halimun, taman nasional Halimun dan Curug Cibeureum di desa Gede Pangrango dan Taman Rekreasi Selabintana yang terletak di kaki Gunung Pangrango.

Tak kalah menarik dibandingkan wisata pantai, wisata air berupa aktivitas arung jeram di sungai berarus deras seperti Sungai Citarik dan pemandian air panas Cipanas Cisolok menjadi pilihan.

Para pecinta alam yang menyukai petualangan memacu adrenalin pasti tak menolak jika menikmati tantangan selain rafting dengan berwisata jelajah gua di Goa Buniayu dan Goa Kelelawar. Medan sempit, hamparan stalagtit dan stalagmit yang eksotis akan menjadi kenangan tak terlupakan.

Baca Juga  7 Wisata Air Terjun di Jawa Barat Yang Eksotis

Obyek-Obyek Wisata Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Sedang merencanakan berwisata di daerah Jawa Barat ? Tak hanya Ujung Kulon yang patut dikunjungi. Beberapa tempat wisata di Sukabumi berikut ini dapat menjadi pilihan berwisata yang tak kalah menariknya.

1. Pantai Pelabuhan Ratu
Obyek wisata Pantai Pelabuhan Ratu terletak sekitar enam puluh kilometer di arah Selatan Sukabumi. Daya tarik pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia terletak pada ombaknya yang tinggi dan pantainya yang curam sehingga wisatawan harus berhati-hati sebelum memutuskan berenang di pantainya. Di sekitar Pelabuhan ratu terdapat hutan cagar alam yang melindungi beragam flora dan fauna.

Berkaitan dengan wisata Pelabuhan Ratu dan mitos Nyi Rara Kidul sang penguasa Samudra Hindia terdapat Pantai Karang Hawu. Pantai tersebut dikenal dengan ciri khasnya sebagai pulau karang yang menjorok ke laut dengan lubang di dalamnya sehingga terlihat mirip hawu (tungku dalam bahasa Sunda). Karang Hawu dipercaya sebagai lokasi tempat Nyi Roro Kidul biasa bermeditasi.

2. Pantai Cibangban
Dibandingkan dengan Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Cibangban relatif lebih tenang sehingga tidak terlalu membahayakan wisatawan yang ingin berenang. Pantai dengan karakteristik pasir putih ini dapat ditempuh selama satu jam dari Pelabuhan Ratu.

3. Pantai Ujung Genteng
Pantai yang terkenal dengan pasir putih asri dan debur ombaknyanya dapat ditempuh dalam 6-8 jam dari arah wisata Puncak. Jalan menuju Pantai Ujung Genteng cukup mulus dan dilalui kendaraan umum. Berada satu lokasi dengan Pantai Pangumbahan tempat penangkaran penyu hijau menjadikan Pantai Ujung Genteng dikenal memiliki nilai plus yang berkaitan dengan konservasi alam.

4. Wisata Arung Jeram Sungai Citarik
Menelusuri sungai berarus deras dengan panorama alam mengagumkan menjadi daya tarik kegiatan rafting yang menegangkan. Jika beruntung hewan langka seperti biawak dan elang jawa akan muncul dari habitat menemani perjalanan menguras adrenalin. Kawasan arung jeram Sungai Citarik termasuk dalam grade IV karena derasnya arus dan sulitnya medan yang dihadapi.

Baca Juga  5 Tempat Tahun Baruan di Semarang Yang Ramai Dikunjungi

5. Goa Buniayu
Ingin menikmati wisata yang lain dari biasanya dan menikmati eksotisme perut bumi? Goa Buniayu merupakan tempat wisata di Sukabumi yang mempesona. Goa Buniayu dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar tiga jam dari Jakarta.

Goa Buniayu

Ornamen gua yang terbentuk selama ribuan tahun menjadikan salah satu obyek wisata andalan Sukabumi menjelma menjadi museum bawah tanah. Ornamen goa ini tampak misterius dalam kegelapan perut bumi menimbulkan sensasi yang tak pernah dirasa ketika berada di permukaan.

6. Sumber Air Panas Cipanas Cisolok
Pemandian air panas Cipanas Cisolok ini berjarak sekitar sepuluh kilometer dari Pelabuhan Ratu. Pemandian air panas ini cukup unik karena berada di dekat pantai berbeda dengan wisata serupa yang biasa terletak di daerah pegunungan.

Pengunjung bisa menikmati air panas dari sungai yang mengalir. Selain itu, bisa menyaksikan semburan air panas bersuhu sekitar 800 Celcius atau memilih berendam di kolam pemandian air panas buatan untuk keperluan terapi atau sekedar merasakan sensasi bath tub.

Pemandian Cisolok dapat ditempuh dari Pelabuhan Ratu melewati Pantai Karang Hawu. Namun perlu dicatat bahwa saat musim penghujan sungai sumber air panas berubah keruh sehingga lebih baik berkunjung pada saat musim kemarau.

7. Curug Cibeureum
Curug cibeureum merupakan bagian dari hulu Sungai Cipelang terletak di lokasi wisata Pondok Halimun di perbatasan Desa Perbawati dan Desa Sundajaya Kecamatan Karawang, Kabupaten Sukabumi. Curug Cibeureum merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang menjadi favorit wisatawan. Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Sukabumi dan dapat ditempuh kendaraan umum menjadikan obyek wisata ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru negeri.

8. Curug Caweni
Ciri khas air terjun yang terletak di kampung Cilutung, Desa Cidolog ini adalah terdapat batu setinggi 7 meter terletak tepat di tengah curug. Batu tersebut diyakini sebagai jelmaan Putri Caweni seorang bangsawan Sunda yang pernah berkuasa di kawasan Cidolog.

Baca Juga  5 Makanan Khas Purwokerto yang Yang Melegenda

Putri Caweni dikisahkan sebagai sosok perempuan yang telah menikah selama 99 kali dan 98 suaminya meninggal di malam pertama. Suaminya yang ke-99 Raden Boros Kaso berhasil selamat, namun harus pergi meninggalkan Putri Caweni yang menunggu hingga menjadi batu.

Curug Caweni dapat ditempuh dari jarak dua puluh lima kilometer dari kecamatan Segaranten. Kondisinya jalannya cukup mulus dan dapat dilalui kendaraan rida empat. Untuk menuju lokasi curug pengunjung harus menuruni anak tangga yang berkelok dan licin sepanjang satu kilometer.

Terkesan dengan tempat-tempat wisata di Sukabumi? Rencanakan liburan sesuai kebiasaan. Wisatawan backpacker tentu menyukai berwisata gooa dan curug sementara yang tidak terbiasa menjelajah alam dapat memilih wisata pantai lengkap dengan cottage dan wisata kulinernya.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *