• June 24, 2022

Tips Menyusui Bayi Biar Tak Tersedak atau Muntah yang Benar

- June 24, 2022 | 9:41 am

Agar proses menyusui berjalan dengan lancar, Anda perlu mengetahui tips menyusui bayi biar tak tersedak atau muntah. Berikut ini tips mudah agar menyusui terasa nyaman dan bayi tidak mudah tersedak atau muntah

Ibu baru tidak perlu berkecil hati apabila sering mengalami kesulitan menyusui bayinya, karena melalui artikel ini kami akan membantu Anda mengatasinya dengan mudah.

Seperti yang diketahui, ASI (Air Susu Ibu) mengandung lebih dari 200 nutrisi yang diklaim cukup baik untuk memenuhi kebutuhan bayi. Oleh karenanya, Anda perlu memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan. Ini juga akan membantu menekan resiko asma, diabetes, obesitas atau kelebihan berat badan pada bayi dan penyakit infeksi seperti radang paru, infeksi telinga, meningitis dan juga diare. Tidak hanya itu, ASI juga diklaim mampu meningkatkan kecerdasan pada bayi.

Tips Menyusui Bayi Biar Tak Tersedak atau Muntah yang Benar

Ibu dan Bayi Dalam Kondisi Relaks
Tips menyusui bayi biar tidak tersedak atau muntah yang pertama adalah memastikan ibu dan bayi dalam kondisi relaks dan nyaman. Caranya, Anda bisa memposisikan kepala bayi lebih tinggi dari tubuhnya. Selain itu, Anda juga bisa menyangga menggunakan tangan atau mengganjal dengan bantal yang empuk. Tempatkan hidung bayi sejajar dengan puting. Ini penting, sebab akan membantu mendorong agar bayi membuka mulutnya.

Dekatkan Bayi ke Payudara
Langkah selanjutnya adalah mendekatkan bayi ke payudara. Namun hal tersebut bisa dilakukan saat bayi mulai membuka mulutnya lebar – lebar. Namun, apabila bayi belum melakukannya, maka Anda bisa membimbingnya secara pelan – pelan dengan cara menyentuh bagian bawah bibir bayi dengan puting susu Anda.

Posisi Pelekatan yang Terbaik
Maksud dari posisi pelekatan yang baik saat menyusui bayi adalah mulut bayi tak hanya menempel pada puting Anda, tetapi juga pada areola. Pelekatan tersebut menjadi syarat penting saat menyusui bayi Anda, pasalnya dapat mencegah bayi tersedak atau muntah saat menyusu. Biasanya pelekatan yang benar ditandai dengan tidak adanya rasa nyeri saat bayi menyusu dan bayi pun juga bisa mendapatkan ASI yang cukup.

Baca Juga  Jenis Imunisasi dan Manfaatnya

Membetulkan Posisi Bayi Saat Menyusu
Saat puting terasa nyeri, segera lepaskan pelekatan dengan cara memasukkan jari kelingking dalam mulut bayi dan letakkan diantara gusinya. Cara tersebut akan membantu bayi berhenti menyusu sementara Anda bisa membetulkan posisi bayi. Setelah pelekatannya sudah benar, biasanya bayi akan dapat menyusu dengan baik.

Memperhatikan Waktu Menyusui
Biasanya bayi akan menyusu mulai dari 5 menit sampai 1 jam, tergantung kebutuhan. Khususnya untuk bayi baru lahir biasanya perlu disusui di setiap 2 – 3 jam dengan rentang waktu menyusu 10 – 15 menitan untuk setiap sesinya, tetapi juga bisa lebih lama.

Perlengkapan Menyusu yang Diperlukan
Ada beberapa perlengkapan menyusu yang diperlukan harus Anda tahu untuk mendukung kenyamanan serta kelancaran menyusui. Anda disarankan untuk menggunakan bra khusus menyusui yang biasanya memiliki kait atau kancing dibagian depan yang bisa dibuka dengan mudah. Lalu, untuk ukuran branya sendiri bisa dipilih yang memiliki ukuran pas dan nyaman, sehingga bisa membantu menghindari tersumbatnya saluran ASI, ataupun terjadinya peradangan pada jaringan payudara.

Selain itu, untuk cara mencegah kebocoran ASI pada bra, Anda bisa menggunakan bantalan payudara khusus, atau breast pad yang diselipkan dibagian depan puting Anda. Sementara itu, khususnya untuk Anda yang berencana memerah ASI, Anda bisa membeli pompa ASI murah dan tempat penyimpanan ASI.

Nah, itulah tips menyusui bayi biar tak tersedak atau muntah yang benar. Semoga informasinya bermanfaat dan menginspirasi.

Topik

Rekomendasi

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi dan Anak yang Aman

               Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi dan Anak yang Aman

June 28, 2022 | 11:18 am
Bepanthen Salep Ruam Popok

               Bepanthen, Salep Aman untuk Kulit Sensitif Bayi

June 2, 2021 | 9:19 am
posisi menyusui bayi

               Posisi Menyusui Bayi yang Tepat

October 17, 2019 | 10:33 am