Tips Sebelum Daftar Kartu Kredit

5 min read

Tips Sebelum Daftar Kartu Kredit

Tips Sebelum Daftar Kartu Kredit – Kartu kredit adalah alat pembayaran praktis dan mudah. Kira-kira begitulah anggapan banyak orang mengenai kartu kredit. Saat ini, penawaran untuk daftar kartu kredit sangat banyak. Cara penawarannya pun beragam. Ada yang mengirim brosur ke rumah atau kantor, membuka booth atau stand di pusat-pusat keramaian atau perbelanjaan, melalui telepon, dan lain-lain.

Persyaratan Mendaftar Kartu Kredit

Dulu, persyaratan dokumen untuk memiliki kartu kredit cukup banyak dan rumit, seperti foto kopi identitas atau KTP, surat keterangan penghasilan, surat keterangan bekerja, surat keterangan berkelakuan baik, dan lain-lain. Namun, kini semakin mudah. Hanya dengan menyerahkan foto kopi KTP dan surat keterangan penghasilan. Sekarang karyawan atau pengusaha yang memiliki income bulanan 3 juta sudah bisa memiliki kartu kredit.

Selain praktis, kartu kredit selalu memberikan keuntungan lebih bagi para penggunanya. Terlebih, untuk kaum perempuan. Kartu kredit sangat akrab bila dikaitkan dengan dunia belanja. Bagi Anda yang ingin memiliki kartu kredit tapi bingung memilih produk dari bank yang mana, sebaiknya simak tip berikut ini.

Tips memilih kartu kredit yang cocok

Credit card diciptakan untuk memudahkan pemiliknya dalam bertransaksi secara cepat dan tepat dan juga berfungsi sebagai pengganti uang kartal / cash. Selain itu transaksi kartu kredit juga bisa dilakukan di sejumlah negara, dan masih banyak kelebih lainnya. Kemudahan dan benefit yang ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit ini mampu menarik sejumlah konsumen untuk mendaftarkan dari menjadi pemegang kartu kredit.

1. Persyaratan Mudah dan Ringan
Sekarang ini banyak sekali promosi kartu kredit yang menawarkan persyaratan yang mudah. Pilihlah kartu kredit yang memiliki persyaratan mudah, tidak rumit, dan prosesnya cepat. Ada tiga tingkatan / grade pada kartu kredit, yakni yang paling atas adalah platinum card, gold card, silver card. Setiap grade menawarkan previllage dan benfit yang berbeda pula. Namun sebaiknya bagi Anda yang masih pemula sebaiknya pilihlah yang silver card yang batas jumlah beban kredit yang ringan.

Baca Juga  Tips Menghindari Masalah Android Terkunci FRP, Pola, PIN dan Mi Cloud

2. Memiliki Beragam Fitur
Untuk menarik minat, para produsen kartu kredit pasti berlomba-lomba menawarkan beragam fitur menarik. Pilih kartu kredit yang memiliki beragam fitur yang memudahkan dan menarik. Berikut ini contoh fitur-fitur menarik yang biasanya tersedia di banyak bank.

Point Reward

Point Reward adalah hasil transaksi yang Anda lakukan. Setiap bank tentu mempunyai kebijakan tersendiri dalam menentukan nominalnya. Poin ini tidak hanya bisa ditukar dengan barang, tetapi bisa ditukar dengan voucher belanja di department store atau gerai tertentu. Bahkan, poin ini bisa langsung digunakan untuk berbelanja.

  • Diskon

Ini merupakan fasilitas yang paling diunggulkan bank-bank dalam menarik minat pengguna kartu kredit atau yang ingin memiliki kartu kredit untuk berbelanja. Biasanya, diskon yang ditawarkan lebih besar daripada diskon yang diberikan kepada bukan pemegang kartu kredit tertentu.

Misalnya, bagi yang ingin membayar tunai, diberikan diskon 30 persen. Namun, bagi yang membayar dengan kartu kredit tertentu, diberi diskon hingga 50 persen. Bahkan, lebih besar. Sesuai dengan promo bank yang bersangkutan.

Diskon ini juga marak ditawarkan pada gerai makanan tertentu, midnight sale di department store, toko-toko elektronik, tempat hiburan, dan tempat fitness sampai tempat pelangsingan atau perawatan tubuh tertentu.

  • Cicilan

Beragam cicilan juga bisa didapatkan dengan menggunakan kartu kredit. Mulai cicilan bebas bunga (0%), cicilan tanpa atau bebas uang muka, sampai Anda bisa menentukan sendiri lama cicilan yang dibayarkan. Biasanya cicilan yang ditawarkan dari 3 bulan sampai 12 bulan untuk produk elektronik.

  • Hak sejumlah previllage

Pemilik kartu kredit memungkinkan mendapatkan sejumlah prvillage yang ditawarkan oleh sejumlah merchant dan penerbit bank. Misalnya diprioritaskan ketika reservasi tiket, ketika di bandara pemilik kartu kredit bisa masuk eksekutif lounge sambil menunggu jadwal penerbangan. Selain itu mereka juga di cover oleh asuransi jiwa secara gratis, atau tambahan diskon untuk reservasi hotel dan masih banyak lagi hak dan kemudahan yang didapatnya.

  • Merchant

Sekarang ini sudah ada ribuan merchant yang menyediakan layanan pembayaran via kartu kredit. Jadi memudahkan nasabah melakukan transaksi, baik itu di supermarket,butik, hotel maupun rumah sakit. Bahkan merchant ini kerap menawarkan diskon khusus jika pembayarannya dengan menggunakan kartu kredit, atau membeli sejumlah paket promosi.

Baca Juga  7 Persiapan Sebelum Mendaki Gunung Bagi Pemula

3. Autodebet

Pilih kartu kredit yang memiliki kemudahan pembayaran autodebet untuk membayar tagihan rutin bulanan langsung dari rekening Anda. Namun, pastikan rekening Anda selalu dalam keadaan siap didebet setiap bulan, jangan sampai saldonya kurang dari jumlah tagihan.

4. Transaksi ATM

Idealnya, kartu kredit tidak hanya digunakan untuk berbelanja, tetapi dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi di ATM bank yang bersangkutan. Bahkan sekarang ini pemilik kartu kredit bisa menarik uang tunai disemua mesin ATM milik bank apa saja, baik di dalam negeri maupun luar negeri. namun sekali lagi uang yang ditarik dari ATM statusnya adalah pinjaman, jadi nasabah wajib mengembalikan utangnya.

5. Bebas Iuran Tahunan

Saat ini, masih banyak pengguna kartu kredit yang dibebankan iuran tahunan kartu kredit. Besarnya bergantung kebijakan bank yang bersangkutan. Namun, ada juga bank yang membebaskan iuran tahunan seumur hidup.

6. Pilihlah bank yang bonafit

Sekarang ini setiap bank baik BUMN maupun swasta memiliki layanan pembuatan kartu kredit. Sebaiknya pilihlah bank yang memiliki pengalaman dan repurtasi baik dalam hal layanan kartu kredit. Sebab ada juga bank yang “nakal” ketika menangangani masalah penagihan kredit mancet terhadap nasabahnya. Langkah pertama adalah cari literature tentang layanan kartu kredit ke sejumlah bank. Lalu bandingkan sejumlah syarat dan benefit yang ditawarkan.

Nah, sudah menemukan kartu kredit apa yang menarik minat Anda? Segeralah daftar dan nikmati semua keuntungannya!

Tips Menggunakan kartu kredit secara bijak

Maraknya promosi kartu kredit dan kemudahan memilikinya, ditambah tawaran promosi diskon dari merchant. Bahkan satu nasabah ada yang menyimpan lebih dari dua kartu kredit aktif. Tak heran angka nasabah kartu kredit melonjak naik, diiringi juga naiknya tingkat konsumsi pemilik kartu kredit.

Belanja menggunakan kartu kredit memang mudah, tinggal gesek selesai. Padahal yang dibeli itu hasil dari dana talangan bank, nasabah harus bayar sejumlah tagihan dihari kemudian. Berani gesek juga harus berani bayar hutang.

Baca Juga  3 Cara Terbaik Mengirimkan Tulisan Ke Tim Redaksi Berita

Pola belanja dengan kartu kredit yang tak terkontrol, disisi lain kekuatan income bulanan tak imbang dengan pengeluaran, membuat cepat difisit. Tak heran banyak kasus nasabah kartu kredit terjerat tagihan hutang bank yang membengkak. Kalau tagihan tak segera dilunasi, jumlah hutangnya terus bertambah karena dikenai bunga dan denda dikali jumlah hari. Itu berarti mimpi buruk bagi nasabah kartu kredit.

Berikut ini merupakan tips bagiamana menggunakan kartu kredit secara benar dan bijak :

  • Batasi penggunaan

Salah tindakan agar keuangan Anda tak bocor, adalah batasi pemakaian kartu kredit. Misalnya tiap bulan tagihan tak lebih dari Rp. 500.000,. atau bahkan bisa lebih rendah dari itu. Ingat, kartu kredit bukan pengganti uang selamanya. Lebih nyaman jika membayar pakai uang tunai, untuk hal-hal belanja rutin.

  • Hanya dipakai untuk hal-hal mendesak dan darurat

Kartu kredit dipakai hanya untuk keperluan yang mendesak dan sifatnya darurat. Misalnya untuk membayar biaya rumah sakit, menebus obat diapotik. Selebihnya simpan kartu Anda rumah atau didompet.

  • Gunakan kartu debit

Untuk belanja bulanan, misalnya membayar tagihan listrik, telpon, dan belanja di supermarket, jangan gunakan kartu kredit, melainkan disarankan menggunakan kartu debit. Kartu debit fungsinya mengganti uang, tanpa perlu menambah tagihan bank, karena biaya belanja dipotong langsung dari rekening tabungan kita.

Mungkin rasanya sangat konyol jika belanja bulanan sengaja menggunakan kartu kredit, apa enaknya menambah beban hutang karena hal yang seharus tak perlu dilakukan.

  • Jangan telat membayar tagihan

Kalau tak ingin berurusan dengan debt collector bank jangan coba-coba menunggak tagihan dan iuran kartu kredit. Budayakan tertib membayar semua tagihan kartu kredit tepat pada waktunya. Nasabah yang tertib melunasi semua kewajibannya bakalan mendapatkan nilai plus dari bank.

Demikianlah sekilas tentang hal-hal sebaiknya nasabah ketahui sebelum memiliki kartu kredit.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *