Yuk Intip 6 Manfaat Black Garlic yang Perlu Kamu Tahu

2 min read

manfaat black garlic

6 Manfaat Black Garlic – Nama bawang hitam mungkin terdengar asing di kebanyakan orang, karena kehadirannya pun terbilang baru. Bawang ini merupakan hasil fermentasi dari bawang putih, selama 3-4 minggu. Pengawetan ini menimbulkan reaksi Maillard yang memproses asam amino dan gula pereduksi. Sehingga membuat Black Garlic mempunyai warna, tekstur, aroma dan rasa bawang yang berubah. Lalu apa manfaat bawang hitam ini untuk kesehatan? Simak disini.

manfaat black garlic

Khasiat Bawang Hitam untuk Kesehatan Tubuh

manfaat black garlic

1. Mengandung Antioksidan

Bawang hitam memiliki zat antioksidan yang tinggi dibandingkan bawang putih yang segar. Kandungannya mampu menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, untuk menjaga kekebalan tubuh. Zat ini akan mencegah kerusakan sel yang diakibatkan karena paparan sinar matahari, dan polutan aktif. Disamping itu antioksidan pada bawang hitam bisa menangkal stres oksidatif, yang membuat pikiran tambah stres.

manfaat black garlic

2. Melawan Tumbuhnya Tumor

Mengacu pada jurnal Studies on Garlic yang membeberkan bahwa bawang hitam, mempunyai senyawa aktif. Diketahui dalam Black Garlic senyawa tersebut dapat mencegah terjadinya pertumbuh sel tumor. Ia memiliki efek kardioprotektif untuk melindungi jantung, dan meminimal kerusakan pada jantung. Kemudian bawang hitam mampu menurunkan trigliserida, untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

manfaat black garlic

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Kemampuan kognitif pada otak akan membantu untuk proses berpikir, termasuk mengingat dan memecahkan masalah. Kemampuan ini akan membentuk ide-ide kompleks dan mengembangkan keterampilan berpikir. Kehadiran bawang hitam akan membantu stimulasi fungsi koginitif, dan turut memperkuat kesehatan otak. Ia akan meminimal resiko penyakit demensia, Alzheimer, dan penyakit Parkinson yang sering terjadi pada usia lanjut.

manfaat black garlic

4. Menstabilkan Kadar Gula

Pola hidup yang kurang sehat terkadang menimbulakan banyak efek negatif untuk tubuh. Anda kemungkinan besar mengalami masalah kesehatan, seperti diabetes dan disfungsi ginjal. Black Garlic akan menstabilkan kadar gula darah agar tetap normal, sehingga meminimal terjadinya diabetes. Hal ini karena bawang hitam mempunyai antioksidan tinggi, yang dapat mencegah terjadinya komplikasi pada kesehatan tubuh.

Baca Juga  Kandungan Gizi Ikan Gurame Yang Luar Biasa

manfaat black garlic

5. Mencegah Peradangan

Setiap orang pasti pernah mengalami penurunan imumn tubuh, yang menyebabkan terjadinya peradangan. Hal ini kerap terjadi saat tubuh mengalami infeksi, cedera, dan terkena racun yang berbahaya. Ekstrak bawang hitam mempunyai senyawa aktif yang bisa menghambat produksi enzim, dan protein yang memicu peradangan. Jadi peradangan tetap terkendali tanpa merusak jaringan tubuh.

manfaat black garlic

6. Melindungi Organ Hati

Sistem kekebalan tubuh mempunyai peran penting, untuk menangkal berbagai penyakit. Antioksidan yang terkandung dalam Black Garlic akan menguatkan imun tubuh, yang bermanfaat untuk pengobatan alergi. Hal ini akan mencegah tubuh dari terjadinya gangguan autoimun, ataupun infeksi akut yang hendak menyerang. Jika bawang hitam dikonsumsi secara rutin Ia akan mencegah datangnya ragam penyakit, dan mestabilkan imun tubuh.

Selain itu bawang hitam bermanfaat untuk menetralisir racun, dan merombak sel darah merah. Fungsi hati akan terkena infeksi apabila anda terus mengonsumsi obat-obatan, dan suplemen yang berlebihan. Maka bawang hitam akan bekerja untuk mencegah kematian sel-sel hati, dan melindungi hati dari radikal bebas. Disamping itu bawang hitam juga mencegah terjadinya penumpukan lemak pada sel-sel hati.

Anda disarankan untuk mengonsumsi bawang hitam secara rutin, untuk menjaga kesehatan tubuh. Bawang hitam mempunyai antioksidan yang akan membantu, untuk menangkal radikal bebas. Sehingga kekebalan tubuh tetap terjaga dan melindungi diri, dari masuknya beberapa penyakit dalam tubuh. Selain itu bawang hitam bagus dikonsumsi untuk penderita kanker, untuk mengurangi pertumbuhan sel tumor.

asfa pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *