Mengenal 10 Malaikat Allah dan Tugasnya

6 min read

10 Malaikat Allah dan Tugasnya

10 Malaikat Allah dan Tugasnya – Sebagai seorang muslim sudah sepantasnya jika kita percaya kepada malaikat. Kepercayaan kepada malaikat merupakan rukun kedua dari enam rukun iman yang harus dipercayai dan diyakini dalam agama Islam. Mengapa? Karena boleh jadi rukun iman ini adalah landasan keimanan seorang muslim selain tentunya dengan meyakini rukun islam.

Manusia Tidak Sama Dengan Malaikat

Ketika Jibril protes kepada Allah Swt mengapa Adam diberi pengetahuan, Allah Swt mengatakan bahwa manusia yang penuh dengan nafsu itu masih juga mau menyembah Tuhannya dengan ketaatan yang tinggi. Sedangkan Jibril dan yang lainnya memang pantas mau beribadah dan hanya tahu tentang kepatuhan karena memang mereka tidak mempunyai nafsu.

Bukannya tanpa alasan mengapa Jibril mengajukan pertanyaan yang mungkin lebih terdengar sebagai suatu protes tersebut. Jibril takut manusia akan melakukan kerusakan yang nyata di muka bumi yang kerusakan itu hanya akan merugikan manusia dan mahluk hidup lainnya. Ternyata Allah Swt memang lebih tahu dari mahluknya.

Manusia tak hanya diciptakan dengan segala nafsu yang ada di hatinya. Manusia juga diberi pengetahuan dan dengan pengetahuan itu manusia bisa hidup dengan baik dan aman sejahtera di dunia dan di akhirat. Ternyata bukan hanya Jibril yang protes mengapa Allah Swt seolah sangat mengistimewakan manusia. Iblis pun mengajukan protes. Bahkan protes iblis ini bukan sekedar protes. Apa yang dilakukan oleh iblis bahkan sudah sampai pada tahapan pembangkangan yang nyata.

Malaikat Diperintahkan Untuk Membantu Manusia

Iblis marah karena ia disuruh untuk sujud kepada Adam yang terbuat dari tanah. Iblis merasa bahwa kedudukannya di sisi Allah Swt jauh lebih tinggi dibandingkan Adam. Ia tercipta dari api dan menurut iblis, api itu lebih hebat daripada tanah. Atas pembangkangan iblis ini. Ia diusir dari surga. Dendam kesumat iblis telah membuatnya bersumpah untuk senantiasa mengganggu umat manusia dan akan melakukan apapun demi melancarkan dan memudahkan impiannya memperoleh teman sebanyak-banyaknya dari kaum manusia dan jin.

Demi misinya yang sangat hebat itu, iblis memohon agar ajalnya ditangguhkan hingga akhir zaman. Ia tahu kalau ia mati, ia tak akan mempunyai kesempatan untuk membalas dendam dan manusia tentunya akan hidup penuh dengan kedamaian dan kebahagiaan. Padahal ia benci sekali dengan manusia yang paham dan tahu bagaimana mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya. Iblis tak rela itu terjadi. Ia dengan segala tipu muslihatnya membuat pandangan manusia kepada kepada dosa terasa nikmat. Manusia digoda agar merasa lebih baik daripada orang lain. Ini untuk orang yang alim. Untuk orang yang tak berilmu, iblis akan mengatakan bahwa mempunyai ilmu itu berat dan banyak sekali tanggung jawabnya. Jadi lebih baik tak berilmu.

Baca Juga  Lirik Lagu Aisyah Humairah Istri Rasulullah

Padahal janji Allah Swt kepada orang yang taat dan berilmu itu besar sekali. Orang-orang yang taat dan berilmu akan ditinggikan derajadnya dari orang yang tak berilmu. Orang yang taat itu akan diberi limpahan rezeki yang tak diduganya sebelumnya. Orang yang taat itu akan diberi keberkahan yang sangat luas. Itulah mengapa kalau di satu tempat ada banyak orang alim, tempat tersebut biasanya akan dipenuhi dengan kemakmuran dan kedamaian. Sebaliknya bila tempat itu dipenuhi oleh orang-orang yang tak berilmu dan malah senang melakukan maksiat, tempat tersebut akan terasa gersang dan tidak akan aman serta aman tinggal di sana.

malaikat vs iblis

Jibril dan malaikat lainnya mempunyai tugas yang berbeda. Mereka juga berusaha untuk menyelamatkan manusia dengan membisikkan hal yang baik ke hati manusia. Itulah mengapa terkadang manusia bisa merasakan getaran kebaikan yang ada di sanubarinya. Ketika ia tidak sholat, seolah ada rasa yang mendorongnya untuk melakukan sholat dengan segera. Bahkan ketika ia ketiduran, malam mimpinya ia seolah dibangunkan untuk melakukan sholat.

Di waktu shubuh, manakala iblis sibuk mengencingi mata manusia agar terus tidur dan tidak ingat akan sholat Shubuh, sebenarnya, Allah Swt telah mengirimkan malaikatnya melalui suara ayam jantan yang berkokok. Kokok ayam jantan itu terjadi karena ia melihat malaikat. Hal ini sebenarnya menjadi sesuatu yang sangat sakral bila manusia tahu. Sayangnya, tidak banyak manusia yang mengetahuinya. Mereka sangat sibuk dengan kehidupan duniawi sehingga kehidupan akhirat terlupakan begitu saja.

Bahkan banyak orangtua yang cemas kalau anaknya lebih memahami ilmu agama dibandingkan dengan ilmu keduniawian yang terkadang malah akan menjerumuskan anaknya ke lubang dosa dan kenistaan. Bisikan kebaikan itu memang merupakan hal priogratif Allah Swt. Hanya Dialah yang berhak memberikan tuntunan kepada siapa pun yang dikehendakinya. Namun, satu hal yang harus dicatat bahwa kebaikan itu tidak datang sendirinya. Pasti ada penyebabnya. Misalnya, seseorang yang dipandang sebagai sampah masyarakat karena dosa yang telah diperbuatnya, tiba-tiba insyaf dan malah ia menjadi orang yang sangat taat. Bisa jadi hal ini adalah hasil dari doa orangtuanya yang sangat alim. Tetapi karena lingkungan, anaknya terjerumus.

Baca Juga  Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Yasin

Manusia memang tidak boleh sombong sedikit pun. Sangat mudah abgi Allah Swt untuk mencabut nikmat dan memberikan nikmat kepada siapa pun yang dikehendakinya. Misalnya, kalau Allah Swt mau, manusia baru saja memikirkan sesuatu, dengan seizin-Nya, sesuatu itu terwujud dengan segera. Hanya manusia yang tidak bersyukurlah yang akan menyepelekan semua kejadian yang mengagumkan itu dan hanya manusia yang tak bisa berterimakasihlah yang menampikan peranan Tuhannya dalam kejadian yang luar biasa itu.

Malaikat Allah Swt yang Harus Diketahui

Dalam artikel ini penulis tidak akan membahas secara terperinci setiap rukun iman yang harus dipercaya dan diyakini seorang muslim, melainkan hanya membahas poin kedua saja, yakni iman kepada malaikat. Agama Islam memiliki banyak sekali malaikat yang Allah Swt ciptakan dari cahaya, namun hanya 10 saja yang harus diketahui.

10 Malaikat Allah dan Tugasnya

Seperti yag sudah disebutkan tadi, malaikat dalam agama Islam sangatlah banyak jumlahnya, namun hanya 10 yang harus diketahui. Berikut ini adalah daftar lengkap kesepuluh malaikat beserta tugasnya masing-masing.

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril adalah malaikat Allah yang dipercaya dan diberikan amanat atau tugas untuk menyampaikan wahyu kepada orang-orang yang dipilih Allah, dalam hal ini Rasul. Malaikat jibril akan turun membawa petunjuk kepada rasul Allah untuk disampaikan kepada umatnya.

2. Malaikat Mika’il

Setiap rezeki yang Allah berikan kepada umat-Nya sudah ada yang mengaturnya. Adalah malaikat Mika’il yang memiliki tugas dan wewenang untuk mengatur hujan dan tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu, setiap rezeki yang ada di dunia memiliki kaitan yang sangat erat dengan malaikat Mika’il ini.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil adalah malaikat Allah yang memiliki tugas untuk meniup terompet sangkakala atas perintah-Nya. Dengan tiga kali tiupan, maka berakhirlah segala sesuatu di dunia ini (kiamat). Tiupan pertama sebagai tiupan keterkejutan, kedua sebagai tiupan kematian, dan tiupan ketiga sebagai tiupan kebangkitan (di alam akhirat).

Baca Juga  Cara Mandi Besar (Junub) yang Baik dan Benar

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail merupakan malaikat Allah yang dikenal juga dengan sebutan malaikat maut. Tugas Izrail adalah sebagai malaikat pencabut nyawa.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar adalah malaikat Allah yang diberikan tugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap ruh di alam kubur dan menayakan amal perbuatan apa saja yang telah dilakukannya selama hidup di dunia.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir memiliki tugas yang sama dengan malaikat munkar, yakni memeriksa ruh manusia di alam kubur dan menanyakan amal perbuatan yang pernah dilakuakannya selama di dunia.

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib adalah malaikat Allah yang bertugas untuk mencatat setiap amal baik yang pernah diniatkan dan dilakukan umat manusia selama hidupnya.

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid adalah malaikat Allah yang bertugas untuk mencatat segala amal buruk yang dikerjakan oleh manusia di dunia. tak seperti niat baik, yang langsung ditulis oleh malaikat Raqib, setiap niat jahat dari manusia tidak akan ditulis sebelum niat itu benar-benar terwujud.

9. Malaikat Malik

Setiap orang mukmin tentulah tidak ada yang ingin bertemu dengan Malaikat Malik. Mengapa? Karena tugas Malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka untuk manusia-manusia yang selama hidupnya memiliki kebaikan lebih sedikit dibanding keburukannya.

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan adalah malaikat dengan penampilan yang paling menarik. Alasannya cukup logis, karena Malaikat Ridwan memiliki tugas sebagai penjaga pintu surga untuk manusia-manusia yang selama hidupnya memiliki lebih banyak kebaikan daripada keburukannya.

Itulah 10 Malaikat Allah dan Tugasnya, semoga dengan adanya postingan ini bertambahn iman kita kepada allah dan malaikat-malaikatnya. Salam santun untuk semua.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *