15 Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal & Bikin Ngiler

7 min read

15 makanan khas indonesia

15 Makanan Khas Indonesia – Indonesia memang sudah terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya seperti lada, cengkeh, kemiri hingga kayu manis. Selain dimanfaatkan untuk kesehatan, rempah-rempah tersebut juga digunakan sebagai bahan utama untuk menghadirkan sajian makanan khas Indonesia yang lezat. Karena cita rasanya yang khas itulah kuliner di Indonesia menjadi primadona bagi masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara. Mau tau apa saja kuliner khas Indonesia yang selalu menjadi idola?

Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Sate

Berada di berbagai daerah di Indonesia maka, kuliner satu ini wajib kamu coba, Sate. Sate merupakan olahan berbahan dasar daging yang ditusuk kemudian dibakar diatas arang sehingga memiliki aroma khas dan sedap.
Sebelum dibakar, makanan khas Indonesia ini akan dilumuri oleh bumbu rempah terlebih dahulu agar terasa nikmat saat dihidangkan.

Sate yang sudah matang akan disiram dengan saus kacang dan taburan bawang goreng diatasnya. Namun, ada beberapa jenis sate yang dihidangkan tanpa menggunakan saus kacang, seperti sate taichan. Cita rasa sate yang khas dan mudah ditemukan di berbagai daerah membuat makanan ini wajib banget kamu coba.

2. Bakso

Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang menjadi favorit semua kalangan. Kuliner satu ini berbahan dasar daging sapi yang digiling dengan campuran tepung tapioka. Namun jangan risau bagi kalian yang tidak suka daging sapi, bisa menggantinya dengan daging ayam, udang, ikan bahkan daging kerbau.

Biasanya, Bakso disajikan bersama mie telur, mie bihun, tahu, pangsit goreng serta siraman kuah kaldu. Cita rasanya yang khas dipadukan dengan suasana khas Indonesia bakal bikin kamu tidak ingin berhenti mengunyah. Selain

3. Gado-Gado

Salad sayur khas Indonesia, begitulah masyarakat sering menjuluki Gado-Gado. Gado-gado merupakan kuliner khas Indonesia yang berbahan dasar aneka sayuran rebus dengan siraman saus kacang di atasnya. Sayuran yang biasanya digunakan yaitu kubis, wortel, kangkung, bayam dan pare.

Sebagai pelengkap, Gado-Gado akan ditambahkan tahu goreng, tempe goreng dan potongan lontong. Perpaduan cita rasa yang khas serta pastinya mengenyangkan membuat makanan ini cocok dijadikan menu makan siang. Tidak hanya itu, harganya yang terjangkau juga membuat Gado-Gado selalu jadi primadona semua kalangan. Jadi tertarik untuk mencobanya?

4. Gudeg

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Jogja ini? Gudeg merupakan makanan khas Indonesia berbahan dasar buah nangka mentah lalu diolah dengan racikan bumbu seperti santan dan gula aren. Perpaduan cita rasa gurih dan manis yang khas bakal bikin kamu tergoda untuk menyantapnya.

Tidak hanya itu, Gudeg khas Jogja juga disajikan bersama ayam goreng, telur rebus dan berbagai menu pelengkap lainnya.

Baca Juga  7 Manfaat Jahe Merah untuk Meredakan Berbagai Jenis Penyakit

Cita rasa yang unik dari setiap suapan Gudeg khas Jogja bakal bikin kamu tergoda untuk tidak berhenti mengunyah. Untuk itu, saat kamu berada di Jogja ada tempat makan Gudeg, yaitu Gudeg Bu Tirto yang wajib dicoba. Tempat makan Gudeg ini sudah berdiri sejak 1952 dan berlokasi di depan JEC atau di Jalan Janti Nomor 330, Yogyakarta.

5. Nasi Goreng

Ketika mencari menu untuk sarapan, seringkali Nasi Goreng menjadi pilihan sajian andalan. Selain cara memasaknya yang simpel harganya pun terjangkau. Oleh karena itu, Nasi goreng menjadi salah satu menu andalan makanan khas Indonesia yang disajikan di pagi hari. Kamu bisa menjumpai nasi goreng dengan kombinasi daging, telur ceplok dan berbagai tambahan lainnya di hotel berbintang maupun pedagang kaki lima. Jadi, mau mencoba menu sarapan nasi goreng pagi ini?

6. Rendang

Bagi kalian pecinta olahan daging-dagingan maka wajib banget mencoba Rendang. Rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Padang. Dimana, makanan khas Padang ini terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan santan dan rempah-rempah. Cita rasanya yang nikmat serta tekstur daging yang empuk dan khas membuat makanan ini dinobatkan sebagai peringkat pertama dari World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN.

Kamu, bisa dengan mudah mendapatkan kuliner khas Indonesia satu ini di berbagai rumah makan Padang di setiap daerah. Cita rasa yang khas bakal terasa makin nikmat saat disantap bersama nasi hangat. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

7. Pempek

Bagi kamu pecinta makanan manis dan gurih, maka wajib banget mencoba makanan khas Palembang satu ini, Pempek. Pempek merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari ikan, campuran tepung tapioka, telur dan aneka bumbu lainnya. Selanjutnya Pempek akan dibentuk beraneka ragam.

Ada yang Pempek yang disebut dengan kapal selam dimana Pempek ini akan berisikan telur. Untuk proses penyajiannya, biasanya Pempek akan digoreng terlebih dahulu kemudian disiram saus yang berwarna hitam yang terbuat dari campuran cuka, gula dan cabe.

8. Kerak Telor

Berada di Ibukota maka Kerak Telor wajib jadi menu yang tidak boleh terlewatkan. Kerak telor merupakan makanan khas Indonesia berbahan dasar ketan dan telur yang diorak-arik diatasnya. Biasanya Kerak Telor terbuat dari telur ayam maupun telur bebek yang disajikan dengan taburan serundeng, kelapa parut maupun bawang goreng. Perpaduan cita rasa gurih yang khas membuat jajanan ini jadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara saat berkunjung ke Jakarta.

Baca Juga  Aneka Jenis Makanan Penurun Berat Badan

Saat berada di Jakarta kamu bisa menjumpainya di daerah Kota Tua dan Monas. Namun jangan khawatir, selain di Ibukota Jakarta, kamu juga bisa menjumpai Kerak Telor di berbagai kota besar lainnya, seperti Yogyakarta dan Malang.

9. Soto

Mau mencoba makanan yang menyegarkan sebagai menu sarapan di berbagai kota di Indonesia, maka Soto bisa jadi pilihan. Soto merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki karakteristik seperti sup. Kuah soto terbuat dari campuran rempah-rempah khas nusantara. Dalam satu porsinya, kamu akan mendapatkan suwiran daging ayam, sapi maupun kambing yang dipadukan dengan sayuran serta aneka macam lauk pelengkap lainnya.

Di Indonesia kamu akan menemukan aneka jenis soto mulai dari Soto Betawi, Coto Makassar, Soto Betawi, Soto Kudus, Soto Padang dan Soto Lamongan. Perpaduan cita rasa segar dan gurih dari kuliner khas Indonesia ini dijamin bakal bikin kamu tidak ingin berhenti mengunyah. Jadi, tertarik mencicipi Soto apa hari ini?

10. Nasi Rawon

Tidak hanya soto yang menjadi makanan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara, masih ada Nasi Rawon yang tak kalah nikmat. Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur berbahan dasar olahan daging yang dikombinasikan aneka bumbu dan disajikan bersama kerupuk udang, tauge maupun telur asin sebagai pelengkapnya.

Karena memiliki karakteristik kuah berwarna hitam, Nasi Rawon juga kerap disebut sebagai sup hitam. Warna hitam sendiri dihasilkan dari tambahan kluwek saat memasaknya. Perpaduan cita rasa gurih yang khas membuat Nasi Rawon cocok disantap dalam keadaan masih hangat. Jadi, tertarik untuk mencoba si hitam yang legit ini?

11. Sate Lilit

Berkunjung ke Pulau Dewata akan terasa ada yang kurang jika tidak merasakan kuliner Sate Lilit. Sate khas Bali ini berbeda dengan sate pada umumnya. Sate Lilit berbahan dasar daging babi, sapi, ayam, ikan hingga kura-kura yang dicincang lalu dicampur bersama parutan kelapa, santan dan bumbu khas Bali. Kemudian daging cincang tersebut akan dililitkan pada tangkai bambu maupun batang sereh dan dipanggang diatas arang.

Memiliki cita rasa khas dan tekstur yang lembut membuat Sate Lilit khas Bali cocok dinikmati oleh segala macam usia. Untuk itu, bagi kalian yang ingin mencicipi Sate Lilit bisa banget datang ke salah satu tempat makan yaitu, Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku yang berlokasikan di Jalan Raya Kedewatan Nomor 18, Kedewatan, Gianyar, Bali.

12. Batagor

Bagi kalian pecinta jajanan maka saat berkeliling Indonesia khususnya Bandung wajib banget mencoba makanan ini, Batagor. Batagor merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng, dimana jajanan ini berbahan dasar tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan. Adonan tersebut terbuat campuran dari ikan tenggiri dan tepung tapioka.

Baca Juga  Ketahui Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Makanan khas Indonesia ini biasanya disajikan bersama bumbu kacang. Perpaduan cita rasa gurih serta tekstur yang khas dari Batagor bakal bikin kamu tidak ingin berhenti mengunyah. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan camilan ini di berbagai pedagang kaki lima maupun hotel berbintang. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

13. Gulai Kambing

Saat lebaran Idul Adha di Indonesia, tentunya Gulai Kambing wajib banget jadi hidangan yang tak boleh terlewatkan. Gulai Kambing merupakan kuliner khas Indonesia, tepatnya berasal dari Sumatera Barat yang memiliki tekstur kuah kental berwarna kecoklatan. Gulai juga sering kali dianggap sama dengan gule, bedanya hanya dari kuah gule yang sedikit encer.

Perpaduan cita rasa yang khas rempah serta tekstur daging yang empuk bakal makin terasa nikmat saat disantap bersama nasi hangat. Kamu bisa menjumpai makanan satu ini diberbagai tempat makan yang tersebar di sudut kota, salah satunya Rumah Makan Dekgam 2 yang lokasinya berada di Jalan Panglima Nyak Makam, Doy, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh.

14. Keripik Nangka dari Lampung

Makanan khas dari Indonesia selanjutnya ini adalah jajanan khas Lampung yang sering dijadikan buah tangan, Keripik Nangka. Seperti namanya makanan khas Lampung ini terbuat dari buah nangka yang diolah dengan cara dioven sehingga menghasilkan cita rasa khas dan tekstur yang renyah.

Tidak hanya cita rasanya saja yang nikmat, Keripik Nangka khas Lampung juga bergizi dan harganya terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp27.000 untuk 130 gram Keripik Nangka. Jadi, tertarik untuk mencoba bagaimana nikmatnya jajanan khas satu ini?

15. Papeda
Papeda merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang berasal dari Papua, Maluku, dan beberapa daerah di Sulawesi lainnya. Berbahan dasar sagu, sajian ini memiliki tekstur lengket menyerupai lem atau gel berwarna putih bening. Seringkali kudapan khas Indonesia ini disajikan bersama ikan Tongkol yang telah dibumbui rempah khusus maupun dengan kuah kuning.

Perpaduan cita rasa yang gurih dan khas dari Papeda serta pastinya bernutrisi membuatnya cocok disantap di segala macam suasana.

Bagaimana, cukup beragam bukan makanan khas Indonesia? Jadi, saat berkeliling daerah di Indonesia jangan sampai melewatkan untuk berwisata kulineran. Siapkan budget khusus dan cicipi semua kuliner khas tiap daerah di Indonesia yang bakal bikin kamu tidak ingin berhenti makan lagi dan lagi.

Sumber: KulinerKota.com

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *