3 Cara Terbaik Mengirimkan Tulisan Ke Tim Redaksi Berita

3 min read

mengirim tulisan ke redaksi berita

Menulis sebuah artikel yang dimuat oleh berita nasional merupakan suatu pencapaian yang luar biasa dalam dunia content writing. Setiap media berita online memiliki standar penulisan dan nilai berita yang berbeda-beda. Tidak semua tulisan layak untuk mendapatkan publikasi dari berita nasional. Oleh karena itu dalam artikel ini kita akan membahas secara singkat bagaimana cara agar tulisan kamu bisa mendapatkan publikasi oleh media berita.

Banyak sekali media berita di Indonesia yang bisa kamu pitching agar tulisan kamu bisa review oleh tim redaksi. Akan sangat percuma sekali jika kamu memiliki ide tulisan yang bagus namun tidak diketahui oleh tim redaksi. Maka kamu perlu melakukan distribusi press release untuk menjangkau tim redaksi dan memperkenalkan artikel kamu.

3 Cara Terbaik Mengirimkan Tulisan Ke Tim Redaksi Berita

Ada tiga cara yang biasa digunakan untuk mendistribusikan press release yaitu dengan cold email, kontributor menulis dan konferensi pers.

Cold Email

Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan mengirimkan email langsung kepada tim redaksi. Biasanya kamu bisa mendapatkan kontak email redaksi pada halaman about us, tentang kami, atau redaksi pada situs berita tersebut. Ketika mengirim email, pastikan bahwa email yang kamu buat secara personal, pendek dan langsung ke intinya.

Setiap hari, tim redaksi mendapatkan ribuan email yang ingin mendapatkan publikasi dalam situs berita mereka. Maka waktu tim redaksi tidak mau dibuang hanya untuk membaca email yang panjang. Kemudian kamu juga harus membuat subjek email yang menarik dan berbeda dari email-email lainnya. Terakhir kamu juga harus memastikan bahwa kamu melampirkan beberapa dokumen penting seperti artikel tulisan kamu, biografi kamu sebagai penulis dan juga aset digital lainnya (gambar, video, url situs, dll).

Baca Juga  Ciri Konsultan Hukum yang Kompeten

Lalu bagaimana cara menulis email yang baik agar menarik perhatian tim redaksi? berikut salah satu template yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan email kepada tim redaksi.

● Subject Email :
○ Konten Eksklusif! [Judul Artikel]
○ Tulisan Artikel Kontributor [Nama Media Berita]
○ Saya Ingin Membagikan Hasil Riset Kepada Para Pembaca [Nama Media Berita]
○ ……
● Konten Email :
Hi Tim Redaksi,
[Nama Media Berita]

Salam hangat,
Saya ingin sekali memberikan salah satu tulisan saya dengan judul [judul artikel yang telah kamu buat] berdasarkan dari hasil riset yang telah saya kumpulkan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan bahwa [penjelasan singkat mengenai tulisan kamu dalam 1 paragraf].

Berikut beberapa point yang telah saya rangkum dalam tulisan ini :
1. [Point A…..]
2. [Point B…..]
3. [Point C…..]
4. ……

Semoga tulisan ini sangat bermanfaat bagi pembaca [nama media berita] dan silahkan untuk menulis ulang artikel ini dengan gaya penulisan dari tim redaksi. Jikalau tim redaksi juga membutuhkan revisi atas tulisan ini, dapat menghubungi saya juga agar dapat segera saya perbaiki. Akhir kata saya ucapkan terimakasih,

Kamu bisa menggunakan template email tersebut atau menggunakan template email kamu sendiri. Penting kamu sudah mengerti bahwa mengirim email ke redaksi haruslah simple, padat, jelas dan menarik perhatian.

Menjadi Penulis Kontributor

Penulis kontributor merupakan sebuah pekerjaan lepas atau sukarela untuk menulis dan membagikan ide gagasan kepada media berita. Biasanya untuk menjadi penulis kontributor, kamu harus memiliki track record sebagai seorang penulis. Namun banyak juga yang tidak mengharuskan memiliki pengalaman.

Banyak sekali tempat menulis berita yang menerima tulisan kontributor seperti IDN Times, Suara.com, Viva.co.id, Rancah, Kumparan, dll. Walaupun kamu bisa menulis sebagai kontributor di dalam platform berita tersebut. Tidak berarti bahwa semua tulisan kamu bisa lolos tahap screening dari tim redaksi. Sehingga kamu tetap harus membuat tulisan yang berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan.

Baca Juga  Tips Mengatasi Nyeri Perut Akibat Mabuk Udara Di Pesawat

Menjadi penulis kontributor juga memberikan banyak manfaat bagi karir kamu selain mendapatkan publikasi atas artikel kamu. Beberapa platform berita akan membayar penulis kontributor berdasarkan jumlah view dalam artikel mereka. Kemudian kamu juga bisa menggunakan tulisan yang telah dipublikasi tersebut sebagai portfolio yang akan menunjang karir kamu.

Sosial Media Online

Sosial media bisa kamu gunakan untuk menjangkau banyak reporter secara personal. Banyak sekali para reporter yang mencari berita melalui sosial media dengan mengikuti beberapa orang terkenal. Dalam kasus ini, jika kamu ingin menjalin hubungan profesional dengan para reporter dan tim redaksi. Kamu bisa memanfaatkan LinkedIn dengan mengirimkan pertemanan kepada setiap jurnalis yang kamu temui secara online.

Kemudian jangan lupa untuk memberikan ide yang kamu miliki dalam fitur menulis artikel di LinkedIn dan membagikan postingan bermanfaat yang menarik perhatian para reporter. Secara tidak langsung, jika kamu melakukan cara ini maka kamu sedang membangun personal brand di mata jurnalis. Ingat agar tulisan yang kamu buat bisa lebih gampang mendapatkan publikasi, maka kamu disarankan untuk terus menjalin hubungan yang dekat dengan para reporter di jaringan sosial media kamu.

Nah demikianlah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan distribusi pres release secara efektif agar tulisan kamu bisa dimuat di media berita online. Tidak semua tulisan layak untuk mendapatkan publikasi, oleh karena itu teruslah membuat konten berkualitas dan juga menjalin hubungan yang intim dengan redaksi.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *