7 Wisata Kuliner di Lombok yang Sayang Kalau dilewatkan

6 min read

Wisata Kuliner di Lombok

Wisata Kuliner di Lombok – Lombok adalah salah satu pulau yang berada di kawasan administratif Nusa Tenggara Barat setelah Pulau Sumbawa. Pulau Lombok berada di sebelah barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau yang berdekatan dengan Pulau Bali ini memiliki pesona keindahan alam yang menarik dikunjungi. Objel wisata alam yang ada di Pulau Lombok di antaranya Gunung Rinjani dan Pantai Senggigi.

Selain terkenal akan pesona wisata alamnya yang indah dan elok, Lombok pun memiliki pesona dalam hal wisata kuliner. Ya, wisata kuliner sudah menjadi bagian dari bidang pariwisata. Wisata kuliner Lombok memiliki cita rasa yang khas, yaitu pedas. Namun, ada juga yang tidak pedas. Salah satu makanan khas dari Lombok yang terkenal adalah Ayam Taliwang. Lombok pun terkenal dengan sambalnya yang khas, yaitu Sambal Lombok.

Bagi para penggemar wisata icip-icip, jangan sampai melewatkan perjalanan ke lokasi wisata kuliner Lombok. Pulau kembaran Bali yang jaraknya hanya sedepa saja dari pulau dewata ini, siap menyambut kedatangan Anda dengan bermacam hidangan khas yang rasanya unik dan tentu saja lezat.

7 Wisata Kuliner di Lombok

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai wisata kuliner di Lombok, berikut ini akan dipaparkan mengenai makanan khas dan tempat makan yang enak di Pulau Lombok.

Ayam Taliwang

Anda belum ke Lombok, jika belum merasakan kelezatan ayam taliwang. Terkenal dengan rasanya yang super pedas, di jamin ayam bakar ini akan meninggalkan kesan mendalam di hati dan perut Anda.

Ayam yang digunakan untuk meracik masakan ini adalah ayam kampung yang masih muda, biasanya umur 3 sampai 5 bulan saja. Sehingga dagingnya masih empuk dan gurih.

Kuliner ayam taliwang ini bisa disajikan dengan olahan digoreng maupun dibakar. Kuliner ayam taliwang ini dikenal dengan rasanya yang pedas. Rasa pedas yang dihasilkan ayam taliwang ini ditimbulkan karena lumuran sambal. Ayam yang digunakan untuk olahan kuliner ayam taliwang ini adalah ayam kampung yang masih muda, sekitar 3-5 bulan.

Baca Juga  Wisata Murah Meriah ke Pulau Untung Jawa

Ayam Taliwang

Rasanya yang pedas sedikit manis, dicampur dengan bumbu-bumbu yang khas, membuat rasa aroma ayam taliwang begitu menggiurkan dan menggugah selera. Bumbu dan sambal yang dibalurkan pada ayam taliwang sangat meresap sehingga ayam memiliki rasa yang khas dari bumbu dan sambal yang diolesi. Salah satu tempat makan yang menawarkan menu ayam taliwang di Pulau Lombok adalah Warung Lesehan Taliwang Irama.

Warung yang berlokasi di Jalan Ade Irma Suryani ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya warung makan yang menyajikan ayam taliwang di Lombok. Harga yang dibaderol untuk satu porsi ayam taliwang sekitar Rp30.000. Jadi, jika Anda berkunjung ke Lombok, sempatkanlah untuk menikmati hidangan pusaka kuliner khas nusantara, yaitu Ayam Taliwang khas Lombok.

Plecing Kangkung

Salah satu kuliner khas dari Lombok adalah plecing kangkung. Kuliner plecing kangkun ini berbahan dasar kangkung Lombok yang khas jika dibandingkan dengan jenis kangkung lainnya. Selain ayam taliwang, plecing kangkung menjadi ikon kuliner khas dari Pulau Lombok.

Eit, jangan meremehkan ya, kangkung Lombok berbeda dengan kangkung daerah lain. Ukurannya lebih panjang, besar dan renyah. Kata orang, kita belum ke Lombok jika belum merasakan kelezatan wisata kuliner Lombok yang satu ini.

Pengolahannya hanya dengan direbus, lantas diluluri sambel tomat. Dilengkapi juga dengan taoge, dan kacang tanah. Mirip dengan urap kalau di Jawa. Namun, lagi-lagi Anda harus siap dengan taraf kepedasan yang diatas rata-rata.

Kangkung yang dihasilkan Provinsi Nusa Tenggara Barat memang memiliki tektur yang khasa jika dibandingkan dengan kangkung dari daerah lainnya. Tektur kangkung Lombok ini sangat lembut sehingga tidak terasa alot meskipun memakan kangkung hingga ke batang-batangnya.

Kangkung khas Lombok ini sudah menjadi oleh-oleh alternatif khas Lombok. Kuliner plecing kangkung berbahan dasar kangkung yang direbus dan dibumbui sambal tomat dan dicampu toge, urap, dan kacang tanah. Soal rasa sangat segar. Jika Anda tidak menyukai rasa pedas, hati-hati jika mengonsumsi plecing kangkung. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi plecing kankung sekitar Rp5.000.

Sate Ikan Tanjung

Salah satu kuliner khas dari Pulau Lombok adalah Sate Ikan Tanjung. Sate yang berbahan dasar ikan cakalang ini sebenarnya tidak hanya ada di daerah Lombok Utara, khususnya Tanjung, tapi ada juga di daerah lainnya di Lombok. Sate Ikan Tanjung memiliki rasa yang berbeda dengan sate ikan di tempat lainnya. Sate ikan tanjung memiliki rasa yang gurih santan serta rasa pedas dari merica. Sate ikan ini pun dibumbui rempah-rempah sehingga menimbulkan ciri khas yang khas.

Baca Juga  5 Tempat Favorite Tahun Baruan di Surabaya

Sate Bulayak

Salah satu hidangan khas Lombok yang menggugah selera adalah Sate Bulayak. Dinamakan Sate Bulayak karena sate ini selalu disajikan bersama lontong beras khas Lombok. Lontong yang dinamakan bulayak ini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada lontong biasanya dan memiliki bentuk mengerucur terbungkus daun aren yang melilit berbentuk spiral.

Sate Bulayak

Sate Bulayak ini terdiri dari 3 macam, sate dengan potongan daging sapi, sate dengan potongan daging ayam, dan sate dengan potongan jeroan. Sate Bulayak disajikan dengan bumbu yang khas beserta lontong bulayaknya. Ciri khas yang dimiliki dari sate bulayak ini menjadikan hidangan ini sebagai hidangan yang paling dicarai oleh para wisatawan yang berkunjung ke Lombok.

Sate bulayak ini pun tergolong murah. Satu porsi sate bulayak berisi 10 tusuk sate dan 6 lontong bulayak dibanderol ndengan harga Rp.12.000. Murah, bukan? Jadi, jika Anda berkunjung ke Lombok jangan lupa untuk menikmati lezatnya sate bulayak khas Lombok.

Nasi Puyung

Selain ayam taliwang dan plecing kangkung, Lombok pun memiliki kuliner khas yang tak kalah menggairahkan, yaitu Nasi Payung. Nasai Puyung ini bisa jadi hanya bisa didapatkan di Lombok. Jadi, jika Anda ke Lombok, tidak ada salahnya untuk mencicipi hidangan nasi puyung yang segar dan bikin kebelinger.

Nama nasi puyung diambil dari nama daerah asalnya hidangan ini, yaitu Kampung Puyung yang berada di Lombok Tengah, Busa Tenggara Barat. Pelopor pembuat hidangan khas Lombok, nasi puyung ini adalah seorang penjual nasi, yaitu Papuk Isum yang berasal dari Kampung Puyung. Pakuk Isum sudah berjualan nasi puyung sejak 1980-an. Sekarang ini, usahanya semakin membesar dan sudah ditangani oleh anak dan cucunya. Karena kelezatannya, nasi puyung semakin digemari dan semakin menjamur hingga ke kota Mataram.

Baca Juga  Pulau Komodo - Salah Satu Kekayaan Wisata Indonesia

Kuliner khas Lombok ini bisa dikatakan tidak terlalu istimewa dengan nasi putih yang diletakkan di atas daun pisang. Namun, yang membuat nasi puyung ini digemari adalah lauk pauk yang menemani nasi. Ya, kenikmatian lauk pauk dalam nasi puyung ini menjadi nilai lebih dari kuliner ini. Lauk pauk nasi pyung terdiri atas sambal, kedelai goreng, daging ayam cincang, dan kelapa parut. Seperti masakan Lombok lainnya yang terkenal pedas, nasi puyung pun memiliki rasa yang pedas. Bahkan, tingkat kepedasan nasi puyung melebihi hidangan khas Lombok lainnya.

Es Kopi Tongkat Ali

Setelah kenyang menikmati hidangan khas Lombok, tidak ada salahnya untuk mencicipi kesegaran minuman khas Lombok, yaitu Es Kopi Tpngkat Ali. Minuman dingin dan menyegarkan ini menyajikan kesegaran kopi yang dipadukan dengan es. Es kopi tongkat ali ini berbeda dengan es kopi lainnya. Perbedaan itu terletak pada khasiat es kpi tongkat ali yang bisa menambah energi dan vitalitas pria. Jadi, minuman ini sangat layak untuk dicoba jika Anda berkunjung ke Lombok.

Sate Ampet

Indonesia memang terkenal sebagai surga sate. Berbagai macam jenis sate ada di seluruh wilayah tanah air, lengkap dengan saus dan bahan yang beragam. Di Lombok, sate yang paling terkenal adalah sate ampet.

Sate ini terbuat dari daging sapi, jerohan sapi (biasanya usus), atau beberapa bagian lainnya. Tidak seperti di daerah Jawa, dimana saus teman makan sate terbuat dari bumbu kacang. Saus sate ampet terbuat dari bumbu yang mirip dengan bumbu ayam taliwang, alias hanya terdiri atas beberapa rempah-rempah. Lalu ditambah dengan santan sebagai pengencer.

Dominasi cabe, membuat warna saus tidak coklat, akan tetapi merah oranye. Warna ini dapat menunjukkan tingkat kepedasannya. Teman yang paling pas untuk menikmati sate ampet adalah belayak, sejenis lontong khas Lombok yang dibungkus dengan daun kelapa. Rasanya, jelas lezat plus pedas.

Nah, itulah makanan dan minuman khas Lombok. Wisata Kuliner di Lombok yang menonjolkan rasa pedas sudah menjadi pusaka kuliner nusantara yang harus dilestarikan. Jadi, jika Anda berkunjung ke Lombok, sudah seharusnya untuk mencicipi kelezatan dan kesegaran kuliner Lombok.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *