andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

5 Kampus Terbaik di Dunia yang Kerap Menjadi Idaman Banyak Pelajar

2 min read

kampus terbaik di dunia

Kampus terbaik di dunia seringkali menjadi idaman bagi banyak pelajar dalam negeri. Bagaimana tidak, pendidikan memang merupakan salah satu hal yang penting untuk masa depan. Sehingga banyak orang rela merogoh kocek dan pergi berkilo kilo meter ke luar negeri untuk menuntut ilmu. Lantas mana saja kampus terbaik yang layak dituju ? Berikut beberapa di antaranya.

Daftar Universitas Terbaik yang Banyak Dituju

1. Stanford University
Terletak di daerah Stanford, California, atau berada pada jarak sekitar 60 km di tenggara San Francisco, Universitas Stanford memiliki luas kurang lebih 33,1 km2. Universitas ini dikenal sebagai kampus terbesar kedua yang ada di dunia. Bahkan di sini bisa ditemukan beragam etnis, ras, serta kewarganegaraan yang tengah menempuh studi.

Dengan segudang prestasi yang dimiliki, Stanford University menghadirkan bermacam macam pilihan program studi untuk calon mahasiswa. Setidaknya terdapat sekitar 90 program studi yang ada di sini, sebut saja seperti dalam bidang pendidikan, kedokteran, ilmu bumi, humaniora, sains, hukum, dan lain sebagainya. Biaya kuliahnya ditaksir sekitar USD 51.000 hingga 53.000.

2. Harvard University
Selain Stanford University, Universitas Harvard menjadi salah satu kampus terbaik di dunia berikutnya yang menjadi incaran sebagian besar calon mahasiswa dari tanah air. Ini tidak mengherankan, karena kampus satu ini memiliki 9 fakultas ternama yang sudah berdiri sejak abad ke-19. Mulai dari Harvard Faculty of Arts and Sciences, hingga Harvard School of Public Health.

Menariknya lagi, tidak hanya fakultasnya saja yang terkenal. Bahkan kantin dari universitas terkemuka ini juga memiliki nama yang populer di telinga masyarakat, lantaran kantinnya begitu besar dan megah serta dilengkapi desain modern klasik. Untuk mengemban ilmu di universitas bergengsi tersebut, diperlukan biaya sekitar USD 61.700 per tahunnya (untuk tingkat Ph.D dan Master).

3. University of Oxford
Jurusan yang ada di University of Oxford jumlahnya bisa mencapai 300 lebih. Sehingga calon mahasiswa dapat memilih berbagai program studi sesuai dengan minatnya pada kampus terbaik di dunia yang terletak di United Kingdom satu ini. Beberapa jurusan yang ditawarkan antara lain humaniora, bisnis dan manajemen, ilmu komputer, bangunan dan perencanaan, dan masih banyak lagi.

Selain selalu masuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia, University of Oxford juga terkenal akan perpustakaannya yang disebut paling besar di Britania Raya. Koleksi buku yang ada di perpustakaan ini pun mencapai 11 juta eksemplar. Selain itu kampus ini juga sering dijadikan tujuan wisata, lantaran bangunan bangunannya begitu megah, klasik, serta berkelas.

4. University of Chicago
Berhasil meluluskan banyak figur ternama, termasuk salah satunya adalah mantan presiden Amerika Serikat yakni Barack Obama, membuat University of Chicago seringkali dilirik oleh calon mahasiswa sebagai tempat untuk melanjutkan studi. Kampus yang terletak di Chicago ini sendiri merupakan universitas swasta yang berfokus pada penelitian coeducational.

5. Massachusetts Institute of Technology
Kampus terbaik di dunia berikutnya yaitu Massachusetts Institute of Technology (MIT), yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts. Kampus ini menjadi salah satu rujukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan modern, alumni alumninya terkenal sebagai figur yang menjadi teknokrat. Jika tertarik mendaftar di MIT, maka dana yang perlu disiapkan sekitar USD 53.450 per tahun.

Itulah beberapa kampus terbaik yang ada di dunia dan banyak dijadikan pilihan oleh para calon mahasiswa. Berkuliah di kampus ternama dengan reputasi apik yang telah meluluskan orang orang hebat, tentu sangat menjanjikan masa depan yang bagus. Namun beberapa faktor juga perlu dipertimbangkan seperti biaya kuliah hingga biaya hidup selama menuntut ilmu di sana.

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang
  1. anakdomba says:

    Oxford, harvard sama MIT selalu langganan. Gak kebayang gimana bangganya bisa masuk dan lulus dari kampus-kampus itu 🤩

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *