Diet Sehat – Apakah anda merasa susah mengubah timbangan anda menuju berat badan impian anda ? Hal tersebut sangat wajar terjadi. Susahnya memperoleh makanan sehat dan minimnya waktu yang tersedia untuk berolahraga merupakan salah satu penyebab yang sering dikeluhkan oleh masyarakat perkotaan. Bahkan anak di zaman sekarang pun susah untuk beraktifitas diluar ruangan karena polusi yang tidak sehat, keamanan yang tidak terjamin, dan keberadaan lapangan untuk bermain yang tidak sebanyak sebelumnya.

Dilansir dari laman web katadata, satu dari empat orang dewasa di Indonesia dalam kondisi obesitas. Walaupun memang ada beberapa orang yang memiliki berat badan berlebih namun setelah diperiksa kesehatannya dokter menyatakan orang tersebut dalam keadaan sehat, tetap saja berat badan berlebih bukanlah hal yang baik mengingat resiko-nya apabila mereka tidak menjaga kesehatan dengan baik. Diet disini bukan hanya diperuntukkan untuk orang yang kelebihan ataupun kekurangan berat badan, namun yang berbadan sehat pun harus tetap menjaga diet seimbang. Oleh karena itu, berikut cara mengatur berat badan tanpa tersiksa menurut dokter dan ahli nutrisi.

Hitung Kalori Memang Penting, Namun Kualitas Makanan Yang Dipilih Tidak Kalah Penting

diet sehat menurut ahli

Sebagai contoh anda lapar ditengah malam, mana yang anda pilih, semangkuk mie instan dengan kalori sekitar 300 kkal atau beberapa potong jagung rebus dimana tiap potong hanya mengandung kalori 60 kkal. Keduanya sama-sama enak dan bikin kenyang, namun tentu kualitasnya untuk nutrisi badan kita berbeda. Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health , makanan yang paling mempengaruhi kenaikan berat badan adalah makanan yang telah melalui banyak proses seperti keripik kentang, minuman manis dan daging merah. Sedangkan makanan yang membantu proses penurunan berat badan adalah sayuran, biji-bijian utuh, buah-buahan, kacang dan yoghurt.

Baca Juga  Inilah Makanan Sehat Penunjang Diet

Penurunan Berat Badan Yang Dianjurkan Adalah 0,5-1 kg Perminggu

diet sehat menurut dokter

Dilansir dari laman web webmd, untuk menurunkan setengah kilo lemak, dibutuhkan pengurangan 3500 kkal. Bila dalam 7 hari anda konsisten mengurangi 500 kkal dari asupan gizi harian anda, seharusnya anda bisa menurunkan setengah kilo dalam satu minggu. Anda bisa memotong 500 kkal ini via olahraga jalan santai setengah jam (100 kkal), mengganti cemilan anda dengan yang lebih sehat, ataupun mengganti minuman es kopi kesayangan anda menjadi teh hijau tawar.

Cek Porsi Makan Anda Sehari-Hari, Apakah Sudah Ideal ?

Dilansir dari website School of Public Health Harvard, setengah dari isi piring anda seharusnya adalah sayur dan buah-buahan. Dikombinasikan dengan biji-bijian sebagai sumber karbohidrat sebanyak seperempat piring, dan protein sebanyak seperempat dari piring anda. Beberapa jenis minyak yang menyehatkan diperbolehkan dalam jumlah terbatas seperti minyak zaitun, minyak jagung ataupun kecap. Susu boleh diminum sekitar 1-2 gelas perhari, dan jus sekitar 1 gelas kecil.

Olahraga Teratur Secara Konsisten

Olahraga disini tidak melulu angkat beban ataupun Zumba yang dapat membakar kalori dalam jumlah signifikan. Tentu percuma saja bila anda hanya berolahraga keras di awal memulai diet saja. Cukup sekitar 30 menit (lebih banyak waktu lebih baik) dan dilakukan selama sekitar 3-4 kali dalam seminggu sudah dirasa cukup untuk membantu proses pengurangan berat badan. Berdasarkan website alodokter , setidaknya kita harus usahakan olahraga 2-3 jam per-minggu.

Setelah anda membaca cara ber-diet dengan sehat diatas tentu anda paham bahwa untuk mengatur berat badan anda tidak perlu ‘modal’ banyak-banyak beli suplemen penurun berat badan. Akan lebih baik bila anda membiasakan hidup sehat walaupun berat badan anda sudah ideal daripada alih-alih hanya untuk melihat angka di timbangan semakin kecil.