Cara Mudah Membuat Website Sendiri

5 min read

cara membuat website sendiri

Cara Membuat Website Sendiri – Mungkin banyak anggapan dalam benak Anda bahwa membuat website itu terlihat sulit. Namun seiring dengan berjalannya waktu ternyata dalam pembuatan web akan terasa sangat mudah. Karena teknologi semakin hari semakin canggih saja dengan perangkat yang dalam pengunaannya akan terasa lebih mudah.

Untuk itu artikel langkah langkah membuat website ini dibuat agar data membantu Anda untuk memberitahukan cara mengaplikasikan contoh yang ada dalam membuat website yang pastinya akan memberikan gambaran kepada Anda.

Langkah – Langkah Membuat Website

1. Buat Domain
Langkah yang paling awal harus Anda lakukan yaitu membuat alamat atau nama yang dipakai dari sebuah website atau lebih di kenal dengan domain. Di internet memiliki nama domain itu tiap orang yang bertujuan agar dapat membaca maupun membuka isi yang ada pada sebuah website.

Untuk yang satu ini memegang peranan yang cukup penting dalam mengetahui perbedaan antara website milik Anda serta website yang miliki orang lain.

Extension serta nama domain yang biasanya terdapat di dalam domain tersebut. Misalnya antara lain adalah masandy.com, kalau nama domainnya terletak pada masandy sedangkan untuk yang dimaksud dengan extensionnya adalah .com .

Jika yang di pakai untuk keperluan komersial maka menggunakan extensionya .com, kalau untuk web yang non komersial menggunakan .org sedangkan untuk keperluan jaringan menggunakan .net.

Nama extions juga bukan hanya itu saja masih ada yang lainnya contohnya bisa berupa cTLD (country Top Level Domain) contohnya co.cc, co.id . Dalam catatan id dipakai utuk mewakili domain dari negara Indonesia. Namun ada juga yang berupa TLD ( Top Leve Domain) contohnya adalah .net, .org, .com.

Langkah ini akan lebih mudah bila Anda lakukan di jasa yang menyediakan registrasi untuk membuat domain dalam membuat website Anda atau mungkin bisa juga dengan memakai software domain tools yang bisa menyediakan berbagai pilihan dari nama yang akan dipakai pada domain Anda.

Baca Juga  Cara Mengenalkan Belajar Berhitung Untuk Anak

Buatlah alamat atau nama web, nama domain yang akan Anda pilih untuk dipakai nanti. Contohnya adalah fifatekno.com atau mungkin wikimedia.co.id .

Setelah itu kemudian periksa apakah nama domain yang Anda pilih sudah dimiliki seseorang atau belum. Atau mungkin Anda ingin sekaligus daftar di https://www.niagahoster.co.id/ atau https://www.rumahweb.com/.

membuat website sendiri

Anda tidak usah menggunakan nama yang rumit nanti malah akan menghambat Anda dalam mengingatnya. Lebih baik gunakan nama yang mudah dalam hal pengetikan serta mudah dalam hal mengingatnya.

Hal ini juga ditujukan agar bila nanti ada orang lain yang ingin mencari web Anda dapat dengan mudah mendapatkannya. Untuk biaya yang harus dikeluarkan dalam rangka pendaftaran domain yang dilakukan dengan hitungan tahun biasanya mulai harga murah 20 ribu sampai dengan yang mencapai ratusan ribu untuk jangka waktu satu tahun.

Yang harus Anda pikirkan pertama kali dalam domain adalah nama yang bagus. Jika Anda kesulitan dalam langkah-langkah membuat domain di sini kami sajikan agar dapat memepermudah Anda. Tipsnya antara lain adalah:

Domain yang Anda gunakan sebaiknya mudah dalam diingat, diucap serta mudah dimengerti. Ada juga yang harus memberitahu orang lain dengan bahasa verbal mengenai nama domain Anda, yang bisa dilakukan lewat radio, wa maupun telepon. Namun ini akan sulit rasanya bila nama domainnya terdengar samar-samar yang akan menimbulkan kebingungan.

Lalu Anda harus menjaga domain yang digunakan jangan terlalu pendek maupun jangan juga terlalu panjang. Singkatan bisa menjadi alternative Anda dalam membuat nama domain. Namun harus di ingat dengan mudah dan mempunyai arti yang bagus.

Lalu Anda harus mendaftar serta membeli nama untuk domain yang bisa mewakili dari sebuah nama perusahaan, tema dari website Anda atau produk yang Anda buat.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Uang Dari Adsense

Anda harus bisa memilih nama domain yang telah memakai extension.com karena merupakan paling popular terlebih dahulu di bandingkan yang lainnya. Jika nama extension yang tadi sudah ada yang memakainya masih ada yang lainnya yaitu .biz net .info dan masih banyak yang lainnya.

Lalu Anda bisa menggunakan tanda minus yang dipakai sebagai penyambung yang alternative contohnya yaitu websitesaya.com sudah ada yang menggunakan maka Anda tinggal menggantinya dengan website-saya.com sebagai langkah yang baik

2. Sewa Hosting

Untuk media yang diperlukan sebagai penyimpanan file website Anda menggunakan hosting. Website yang Anda buat bisa kapan saja dikunjungi selama 7 hari 24 jam tanpa harus dijaga ataupun ditunggu hanya dengan menggunakan hosting sebagi tempat untuk menyimpan file web.

Dalam hal edit bisa Anda lakukan secara berkala atau hanya update saja dalam waktu-waktu tertentu. Anda tinggal mengunjungi berbagai situs internet yang di dalamnya terdapat layanan yang dipakai untuk hosting. Salah satunya sewa hosting murah banget di niagahoster

cara membuat website sendiri

Layanan yang di pakai ini ada yang gratis tanpa bayar seperak pun ada juga yang mengharuskan kita untuk membayarnya. Anda tinggal mulai mencari browsing di google dengan menggunakan kata kuncinya yaitu web hosting. Hal ini bisa Anda lakukan dalam pembelajaran Anda ataupun hanya coba-coba saja

Web hosting lokal bisa menjadi pilihan karena dapat mengirit bandwidth, di samping faktor dari calon pengunjung web kita yang kebanyakan dari dalam negeri.

Untuk awal, langkah-langkah membuat website boleh Anda memilih paket yang kecil dulu, kecuali jika nantinya Anda membutuhkan kapasitas yang bisa dibilang lebih besar karena konten web yang terus berkembang dan makin banyak, Anda dapat meningkatkan ke paket hosting yang lebih besar.

3. Membuat Web

Pakai saja WordPress. Mengapa? Karena sangat mudah dalam penggunaannya. Anda tinggal mengisi konten web saja. Tidak ada larangan untuk menggunakan Joomla atau yang lainnya, tetapi bagi Anda yang baru membuat web, pilihan yang paling mudah adalah wordpress.

Baca Juga  Cara Mudah Membuat Website Gratis

cara membuat website sendiri

Jangan khawatir dianggap orang bodoh yang baru coba-coba membuat web, karena banyak juga web besar dan terkenal menggunakan wordpress. WordPress tak hanya memberikan kemudahan instalasi dan pemakaiannya saja, tetapi juga menyajikan banyak pilihan tampilan template atau theme.

Anda dapat mencari langkah langkah membuat website dengan mudah di internet. Anda masih bisa mengedit theme tersebut, bisa dengan mengganti header, font, warna, dan lain sebagainya. Satu lagi, wordpress benar-benar gratis!

Anda dapat menggunakannya dengan bebas tanpa rasa khawatir pembajakan. Bahkan, jika Anda sudah mahir menggunakannya, bisa menawarkan jasa pembuatan web dengan aplikasi wordpress ini.

Terakhir langkah langkah membuat website, setting web Anda agar bisa online sehingga orang lain dapat mengunjunginya, misalnya dengan aplikasi MySQL. Salin atau copy seluruh file web tadi ke hosting, bisa dengan menggunakan dengan ftp client.

Selesai sudah gambaran umum proses membuat sebuah web. Untuk melengkapi layanan web, dapat Anda tambahkan dengan berbagai plugin, seperti laman kontak, poling, traffict, gallery, dan lainnya. Anda bisa mencarinya dengan lebih lengkap di laman wordpress.

Selalu biasakan mengupdate web Anda secara rutin agar menjaga keamanan dari web Anda sendiri. Lengkapi konten yang ada dari web Anda dan biasakan selalu mengisinya secara berkala. Jangan lupa juga selalu promosikan web Anda, sertakan dalam footer email, di milis, di tanda pengenal Anda, di forum, dan di media sosial mana saja yang memungkinkan.

Anda dapat belajar Cara Membuat Website Sendiri lebih dalam untuk pembuatan web, atau bahkan dapat menjadikannya bernilai ekonomis, dengan belajar di web-web seputar blogging.

Informasi menarik lainnya silahkan buka di SERBARENA! Selamat Mencoba

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *