Penyebab Tekanan Darah Tinggi dan Cara Pencegahannya

5 min read

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Penyebab Tekanan Darah Tinggi – Tekanan darah tinggi atau biasa juga disebut sebagai hipertensi merupakan sebuah kondisi medis dimana terjadi gejala peningkatan tekanan darah secara berlebihan. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung, stroke, aneurisma arterial. Hipertensi juga menjadi penyebab utama dari gagal jantung kronis.

Pada saat kita memeriksakan tekanan darah kita ke dokter atau rumah sakit, kita akan mendapatkan dua angka. Angka yang lebih tinggi diperoleh ketika jantung sedang berkontraksi atau sistolik. Angka yang rendah ditunjukan pada saat jantung sedang berelaksasi atau diastolik. Tekanan darah yang menunjukan nilai kurang dari 120/80mmHg dikategorikan sebagai tekanan darah yang normal.

Mengenal Apa Itu Hipertensi

Pada kasus tekanan darah tinggi terjadi kenaikan pada tekanan sistolik dan pada tekanan diastoliknya. Tekanan darah yang ada akan menunjukan nilai sebesar 140/90mmHg atau lebih setelah melalui pengukuran sebanyak dua atau tiga kali pada kedua buah lengan seseorang dalam jangka waktu beberapa minggu. Pada kasus hipertensi sistolik terisolasi, tekanan sistoliknya mencapai 140mmHg namun tekanan diastoliknya kurang dari 90mmHg sehingga tekanan diastoliknya masih dalam kategori normal.

Kasus hipertensi yang seperti ini biasanya sering dialami oleh orang-orang yang telah lanjut usia. Dengan semakin bertambahnya usia seseorang, tekanan darah mereka pun akan cederung meningkat. Mereka sangat rawan terhadap serangan hipertensi.

Tekanan sistolik pada seseorang yang telah lanjut usia pada umumnya akan terus meningkat. Hal itu akan terus terjadi sampai orang tersebut mencapai kisaran usia 80 tahun. Sedangkan tekanan diastoliknya akan terus meningkat sampai kisaran usia 60 tahun.

Selanjutnya tekanan tersebut akan turun secara perlahan atau kadang juga turun dengan sangat drastis. Pada orang yang telah menderita penyakit diabetes maupun penyakit ginjal tekanan darah yang menunjukan angka diatas 130/80mmHg sebaiknya segera diberikan penanganan khusus. Karena berdasarkan penelitian yang sudah ada angka tersebut menunjukan bahwa sang penderita berada pada sebuah resiko yang cukup mengkhawatirkan.

Baca Juga  Segudang Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Terjadinya peningkatan tekanan darah yang ada di dalam pembuluh arteri bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah terlalu kuatnya jantung dalam memompa darah sehingga mampu mengalirkan cairan lebih banyak dalam setiap detiknya. Sebab lainya adalah arteri besar sudah mulai kehilangan kelenturanya sehingga berubah menjadi kaku yang akan berakibat pada sulit mengembangnya arteri tersebut pada saat jantung sedang memompa darah. Karena itu darah yang telah dipompa oleh jantung terpaksa harus melewati pembuluh darah yang sempit sehingga tekanan pada darah menjadi meningkat.

Selain hal tersebut cairan yang ada dalam sirkulasi juga bisa menjadi penyebab meningkatnya tekanan darah. Hal tersebut bisa terjadi jika ginjal kita memiliki kelainan sehingga tidak mampu bekerja secara optimal untuk membuang air dan garam dalam tubuh kita. Karena kelainan tersebut volume darah yang ada didalam tubuh kita jadi meningkat yang berakibat meningkatnya pula tekanan darah kita.

Faktor-faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan seseorang bisa mengalami tekanan darah tinggi. Dari beberapa faktor tersebut ada yang memiliki kemungkinan untuk kita cegah atau kita hindari. Namun ada pula yang tidak dapat kita hindari. Inilah faktor-faktor tersebut:

Penyebab Darah Tinggi

Keturunan
Faktor ini merupakan faktor yang tidak mungkin bisa kita hindari. Jika kita memiliki orangtua maupun saudara yang mempunyai penyakit hipertensi, kemungkinan kita untuk mengidap penyakit yang sama seperti mereka sangatlah besar. Dalam sebuah penelitan diketahui bahwa gen penderita tekanan darah tinggi dapat menurun pada orang lain. Selain itu sebuah data statistik juga menunjukan bahwa seorang yang kembar identik memiliki resiko yang besar untuk terserang hipertensi daripada kembar yang tidak identik.

Faktor Usia
Faktor usia juga merupakan penyebab hipertensi yang tidak mungkin untuk kita hindari. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan meningkatnya usia seseorang, tekanan darah yang mereka miliki juga ikut meningkat. Kita tidak bisa mengharapkan bahwa tekanan darah kita akan tetap sama seperti waktu kita masih muda. Kita hanya bisa berusaha agar tekanan darah yang kita miliki tidak melewati ambang batas normal.

Baca Juga  Penyebab Bersin pada Tubuh Manusia

Garam
Faktor ini merupakan penyebab hipertensi yang sebenarnya dapat kita hindari. Garam bisa menyebakan meningkatnya tekanan darah dengan sangat cepat. Apalagi bagi mereka yang menderita penyakit diabetes, orang yang telah usia lanjut dan orang-orang yang memiliki kulit hitam bisa terkena tekanan darah tinggi.

Kolesterol
Faktor ini juga termasuk faktor yang dapat kita hindari. Kandungan lemak yang terlalu berlebih dalam darah kita dapat berakibat pada menumpuknya timbunan kolesterol di dinding pembuluh darah kita. Penumpukan tersebut mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah yang ada dalam tubuh kita sehingga tekanan darah kita jadi meningkat. Ada baiknya jika mulai sekarang kita mulai berhati-hati dalam memilah-milah makanan kita agar kolesterol kita tetap terjaga.

Obesitas
Obesitas atau sering juga disebut kegemukan merupakan salah satu faktor penunjang meningkatnya tekanan darah kita. Orang yang mempunyai berat badan lebih diatas 30 persen dari berat idealnya lebih memiliki kemungkinan yang besar untuk menderita tekanan darah tinggi. Jadi berolahraga lah untuk menghindari obesitas.

Stres
Kondisi emosional kita yang kurang stabil atau mudah stress termasuk salah satu hal yang bisa memicu naiknya tekanan darah. Karena itu sebisa mungkin kita harus menjaga kestabilan emosi agar tekanan darah dalam tubuh kita tetap normal dan stabil. Kita harus bisa mengelola stres.

Rokok
Kebiasaan merokok sebenarnya bukanlah kebiasaan yang baik bagi kesehatan. Namun tetap saja banyak orang yang merokok meskipun mereka sebenarnya tahu resiko rokok bagi kesehatan. Selain dapat memicu tekanan darah menjadi naik, rokok juga dapat menyebakan berbagai penyakit lain, terutama penyakit yang berhubungan dengan paru-paru. Bagi orang yang telah memiliki tekanan darah tinggi kebiasaan merokok dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga  Asuransi Rawat Inap Di AXA HOSPITAL PLUS LIFE

Kafein
Kafein ini pada umumnya banyak terdapat pada kopi, soda dan minuman penambah energi. Karena itu sebaiknya kita tidak mengkonsumsi minuman tersebut secara berlebih agar tekanan darah kita tetap normal dan terjaga. Minumlah dengan jumlah yang wajar tidak berlebih.

Alkohol
Minuman yang satu ini selain dapat menyebabkan mabuk juga tidak baik bagi tekanan darah kita. Karena itu konsumsi yang berlebih akan minuman ini sebaiknya dihindari sedini mungkin. Konsumsi berlebih memicu naiknya tekanan darah.

Olahraga Yang Minim
Kurang gerak atau kurang olahraga dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita. Olahraga yang kita lakukan secara rutin dan teratur akan mampu menurunkan tekanan darah yang ada dalam tubuh kita. Namun sebaiknya kita tidak melakukan olahraga berat jika kita telah menderita tekanan darah tinggi. Kita cukup melakukan olahraga yang ringan saja sampai tekanan darah kita kembali menjadi normal.

Hal-hal Yang Dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar kita terhindar dari tekanan darah tinggi. Berikut adalah penjelasannya:

  • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam atau lebih baik lagi jika kita bisa menghindari jenis makanan tersebut.
  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, magnesium dan kalium karena ketiga zat tersebut dapat membantu kita untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh.
  • Mengurangi atau menghindari minuman atau makanan yang mengandung alkohol.
  • Berolahraga secara rutin setiap hari misalkan bersepeda, lari santai atau berjalan kaki. Karena olahraga akan membantu melancarkan aliran darah sehingga tekanan darah juga akan menjadi normal.
  • Makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung serat, semisal sauran yang berwarna hijau, pisang, dan wortel.
  • Berhenti merokok bagi mereka yang memiliki kebiasaa merokok.
  • Menghindari konsumsi obat-obatan yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Itulah beberapa penyebab tekanan darah tinggi dan cara pencegahannya, semoga kita bisa belajar dari informasi ini dan lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan kita

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *