Cara Merawat dan Memutihkan Baju Putih

2 min read

Cara Memutihkan Baju Putih

Cara Merawat dan Memutihkan Baju Putih – Pernahkah baju atau pakaian berwarna putih yang Anda simpan baik-baik di lemari justru menjadi rusak dan pudar warnanya? Banyak sekali dari temen-temen yang bingung kenapa bisa pudar warnanya padahal tidak pernah dipakai. Nah kali ini admin punya solusi nih tentang bagaimana tips merawat baju atau pakaian berwarna putih.

Cara Merawat Pakaian Berwarna Putih

Pakaian putih yang terlalu lama tidak dipakai atau disimpan di dalam lemari dapat saja justru menjadi rusak warnanya (kusam) sebab cara penyimpanan dan perawatan yang kurang tepat. Baju putih rentan terhadap pengaruh udara dan kelembapan di dalam lemari. Hal tersebut dapat memicu pertumbuhan jamur atau dapat mengakibatkan munculnya bercak atau noda kecil berwarna hitam yang agak sulit dihilangkan. Selain itu, pengaruh kelembapan udara dapat juga menimbulkan noda kekuningan pada bagian-bagian lipatan baju dan juga pada bagian kerah baju atau lengan.

Bagaimana Untuk mengatasi hal tersebut, Anda Berikut Tipsnya:

  • Taruhlah kamper di dalam lemari Anda. Kemudian, secara teratur, Anda perlu mengeluarkan pakaian putih Anda, terutama yang terbuat dari bahan lembut dan mahal, untuk diangin-anginkan.
  • Usahakan untuk tidak melipat baju putih Anda. Menyimpannya dengan cara digantung adalah salah satu cara yang tepat untuk menghindari noda kekuningan pada bagian lipatan baju putih. Kalau pun Anda ingin melipatnya, simpanlah baju putih Anda di tumpukan khusus pakaian berwarna putih.
  • Hindari menggunakan bahan plastik untuk membungkus baju putih Anda. Efek panas yang dihasilkan plastik akan mempercepat proses penguningan warna pada baju putih Anda. Sebaiknya Anda memilih pembungkus berbahan kain yang lebih aman.
  • Saat menyetrika pakaian berwarna putih, pastikan alas setrika dan setrika Anda dalam keadaan bersih, sehingga tidak akan mengotori pakaian Anda. Jika Anda biasa menggunakan bahan pewangi, pilihlah bahan pewangi yang tidak berwarna.
  • Aturlah suhu setrika sehingga tidak terlalu panas atau kurang panas. Suhu setrika yang terlalu panas tentu tidak baik bagi pakaian Anda; selain dapat merusak warna, juga dapat mengakibatkan gosong pada pakaian. Sebaliknya, suhu yang kurang panas tentu akan mempengaruhi kualitas hasil setrika yang kurang rapi.
Baca Juga  Cara Mudah Membuat Blog Gratis

Diatas merupakan cara merawat pakaian atau baju putih kita, lha terus bagaimana cara memutihkan baju putih? Berikut Tipsnya:

Dalam proses pencucian baju atau pakaiaan berwarna putih, ada pula hal-hal yang perlu diperhatikan.

  • Pertama-tama, pisahkan pakaian berwarna putih dari pakaian berwarna lainnya untuk menghindari adanya pelunturan warna. Pilihlah deterjen yang relatif ringan (mild detergent) untuk menjaga warna agar tidak cepat berubah kekuningan. Kucek dengan lembut terutama pada bagian-bagian yang biasanya kotor, seperti pada bagian kerah, ujung lengan, dan bagian ketiak.
  • Jika ada noda membandel seperti jamur dan bercak noda hitam, rendam pakaian atau baju putih Anda dengan air hangat, lalu kucek perlahan hingga bersih. Jika harus menggunakan sikat cuci, pilihlah sikat yang berbulu lembut dan halus. Bila Anda menggunkan pemutih pakaian untuk mengurangi noda kekuningan, gunakan pemutih sesuai takaran.
  • Sebaiknya, lama perendaman tidak lebih dari 10 menit. Khusus untuk pakaian atau baju putih bercorak, penggunaan pemutih sebaiknya dihindari. Setelah direndam dengan pemutih, jika perlu, rendam kembali pakaian Anda dalam air hangat, gunakan deterjen secukupnya, dan cuci seperti biasa.
  • Dalam proses pengeringan, sebaiknya sesekali tinggalkan mesin pengering untuk menjaga keawetan dan kualitas kain dan warna pakaian. Pakaian yang dikeringkan secara alami akan lebih tahan lama. Saat menjemur pakaian berwarna putih, sebaiknya dijemur dengan terlebih dahulu membalik pakaian dan digantung. Hal ini dimaksudkan agar menjaga warna pakaian tidak cepat rusak saat terpapar sinar matahari berlebih dan menghindari noda yang sulit dihilangkan. Sementara itu, menggantung pakaian saat menjemur dimaksudkan agar pakaian Anda terhindar dari lipatan atau garis yang nantinya sulit disetrika.

Nah itulah sobat beberapa Cara Merawat dan Memutihkan Baju Putih yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat ya

Baca Juga  6 Cara Mengatasi Tab Google Chrome Muncul Sendiri
andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *