Cara Mudah Mendapatkan Token Listrik Gratis Lewat Situs PLN

2 min read

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis – Untuk meringankan beban rakyat saat kondisi pandemi seperti sekarang ini, pemerintah menghembuskan angin segar kepada kita semua dengan memberikan keringanan untuk tarif listrik kepada kurang lebih 31 juta pelanggan PLN selama tiga bulan berturut-turut. Kebijakan ini diumumkan oleh Presiden Jokowi pada akhir bulan Maret lalu.

Kebijakan pemerintah dengan memberikan keringanan tarif listrik tersebut selama tiga bulan berturut-turut yakni pada bulan April, Mei dan Juni 2020. Jika ditotal pemerintah mengeluarkan anggaran Rp 3,5 triliun untuk pemberian keringanan ini.

Melalui kebijakan ini, pemerintah memberikan fasilitas tarif listrik gratis selama tiga bulan kepada 24 juta pelanggan PLN pengguna daya 450 VA. Pemerintah juga memberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen, selama tiga bulan, untuk 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.

Tarif Listrik Gratis Bagi Pelanggan Prabayar & Pascabayar

Sesuai dengan keterangan Kementerian ESDM, tarif listrik gratis selama tiga bulan bisa diperoleh 24 juta pelanggan 450 VA dari kategori reguler (pascabayar) maupun prabayar. Namun, kata Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, mekanisme penggratisan tarif listrik bagi pelanggan 450 VA kategori pascabayar dan prabayar tidak sama.

“Untuk Listrik 450 VA yang reguler atau pakai dulu baru bayar (pascabayar), berapa pun pakainya ya gratis, tidak bayar apa-apa (selama 3 bulan),” kata Rida. Sedangkan pelanggan 450 VA kategori prabayar bisa mendapatkan pembebasan tarif listrik selama 3 bulan dengan memperoleh token gratis. Besaran token gratis setara pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Diskon 50 Persen Hanya untuk Sebagian Pelanggan 900 VA

Rida menjelaskan mekanisme pemberian diskon 50 persen kepada 7 juta pengguna daya 900 VA bersubsidi juga dibedakan untuk pelanggan kategori reguler (pascabayar) dan prabayar. Secara praktik, mekanismenya mirip dengan yang diberlakukan untuk pelanggan 450 VA.

Baca Juga  Cara Membuat Biogas dari Berbagai Limbah

Adapun pelanggan 900 VA kategori prabayar bisa memperoleh diskon dengan mendapatkan token listrik gratis sebesar 50 persen dari pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Namun, tidak semua pelanggan 900 VA bisa mendapatkan diskon. Kebijakan ini hanya diberikan kepada pelanggan 900 VA yang bukan golongan Rumah Tangga Mampu (RTM/R1M). Jadi, hanya sebagian pelanggan daya 900 VA yang dapat memperoleh diskon.

Cara Mengisi Token Listrik Gratis & Mendapat Diskon PLN

PT PLN telah mengumumkan tata cara untuk mendapatkan keringanan biaya listrik bagi pelanggan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, termasuk bagaimana mengisi token listrik gratis.

Untuk pelanggan (450 VA) prabayar dapat memperolehnya (tarif gratis) dengan mengirim nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id

Sementara pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori pascabayar bisa mendapatkan diskon tarif listrik 50 persen juga secara otomatis pada bulan April, Mei dan Juni 2020. Nilai rekening tagihan biaya listrik pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori pascabayar akan dikurangi 50 persen pada setiap bulan

Untuk pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori prabayar, PLN akan memberikan token listrik dengan harga diskon 50 persen senilai pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Berikut cara mendapatan token listrik gratis dan diskon 50 persen melalui situs PLN:

1. Buka situs www.pln.co.id

2. Masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19

3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter

4. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

5. Pelanggan memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Nah itulah Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN, semoga bermanfaat

Baca Juga  5 Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dan Redmi
andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *