andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Cara Menghilangkan Noda Luntur Dengan Mudah

2 min read

cara menghilangkan noda luntur

Baju favorit anda kelunturan saat dicuci? Pastinya kejadian ini sangat membuat anda panik dan kesal. Terlebih lagi jika baju yang kelunturan merupakan baju berwarna putih polos, pastinya noda tersebut akan terlihat sangat jelas dan mengganggu penampilan. Namun tidak perlu khawatir, karena anda bisa mengatasinya dengan cara menghilangkan noda luntur berikut ini.

Tips Muda Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju

1. Gunakan Aseton
Mungkin anda sering mendengar istilah aseton yang merupakan cairan kimia untuk menghapus kuteks. Perlu diketahui pula, bahwa aseton juga memiliki fungsi lain. Diantaranya untuk melarutkan cat, lem hingga noda. Itulah sebabnya aseton dipakai sebagai pembersih permukaan yang seringkali sulit untuk dibersihkan menggunakan cara biasa.

Bahan kimia yang satu ini, termasuk bahan kimia yang tergolong cukup kuat. Jadi tidak heran apabila saat diaplikasikan pada serat kain, bisa saja menyebabkan terjadinya kerusakan ataupun kelunturan pada baju yang semakin parah. Maka dari itu, sebelum mencobanya ke pakaian, lakukan terlebih dahulu sedikit tes pada kain yang berbahan sama dengan baju yang hendak dibersihkan.

Langkah awal yang perlu dilakukan yaitu melarutkan aseton tersebut dengan air bersih. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar aseton tidak terlalu pekat sehingga merusak serat kain. Setelah aman, cara menghilangkan noda luntur selanjutnya yakni celupkan kain halus atau kain microfiber ke dalam larutan air dan aseton yang sudah tercampur.

2. Menggunakan Pemutih
Cairan pemutih atau yang disebut sebagai bleaching, mengandung klorin yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi noda luntur khususnya pada baju kemeja katun berwarna putih. Namun sayangnya, jika baju yang luntur memiliki motif dan berwarna, sebaiknya hindari penggunaan pemutih berklorin. Di samping itu, kain polyester atau nylon juga perlu dihindari dari penggunaan pemutih berklorin.

Lantas seperti apa cara membersihkan noda menggunakan pemutih? Caranya pun terbilang cukup mudah, dimana anda terlebih dahulu harus mengencerkan kisaran 60 mililiter pemutih dengan air sebanyak 4 liter agar larutan pemutih tidak terlalu kuat. Untuk noda yang kecil, cukup rendam kain microfiber ke dalam larutan pemutih, dan oleskan ke permukaan noda.

Apabila noda luntur sangat besar, anda perlu merendam pakaian selama kisaran waktu 30 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi cara menghilangkan noda luntur tersebut sampai beberapa kali hingga noda pun memudar dan hilang secara menyeluruh tanpa ada bekas sedikitpun.

3. Gunakan Alkohol Oles
Sebenarnya cara menghilangkan baju kena luntur menggunakan alkohol oles ini, tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan baju luntur dengan aseton. Namun jika anda memiliki kulit sensitif, ada baiknya untuk menggunakan perantara seperti wadah ataupun dengan sarung tangan khusus.

Caranya yakni dengan menuang alkohol ke dalam baskom secukupnya, lalu rendam dengan kain microfiber kemudian peras. Setelah itu, usapkan kain tersebut pada permukaan yang luntur hingga noda pun ikut memudar. Jika sudah bersih, rendam pakaian menggunakan deterjen cair yang ampuh untuk basmi noda membandel.

Tidak cukup sampai disitu saja, sebab cara menghilangkan noda luntur selanjutnya yaitu cuci pakaian tersebut secara terpisah dengan pakaian lainnya. Agar bekas luntur bisa menghilang secara cepat, anda perlu melakukan langkah yang telah disebutkan sebelumnya secara rutin dan berulang kali.

Demikian cara yang bisa anda terapkan untuk membersihkan noda luntur pada baju. Pastikan kembali untuk lebih teliti dalam menggunakan produk yang sesuai. Selain itu, pahami pula cara mana yang paling tepat untuk dilakukan pada jenis baju yang sesuai dengan tekstur kain yang dimiliki. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, anda bisa akses link di sini

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *