andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Sendiri

2 min read

cara membersihkan keramik kamar mandi sendiri

Munculnya kerak di kamar mandi dapat mengganggu pemandangan karena penampilannya yang kotor. Untuk mengatasi hal ini, sebagian orang lebih memilih memanggil jasa pembersih kamar mandi, padahal melakukannya secara mandiri pun bisa diterapkan dengan mudah. Lantas seperti apakah cara membersihkan keramik kamar mandi sendiri? Berikut ulasannya.

Cara Mudah Membersihkan Keramik Kamar Mandi

1. Cairan Cuka
Jika selama ini anda mengenal bahwa cuka merupakan bagian dari bumbu dapur yang sering digunakan, kenyataannya cuka merupakan bahan yang dianggap paling ampuh untuk membersihkan keramik kamar mandi yang membandel. Untuk melakukannya pun tidak terlalu sulit, yang mana anda harus terlebih dahulu memasukkan cuka putih ke botol semprot.

Jika sudah, semprotkan cuka tersebut ke seluruh permukaan keramik kamar mandi yang hendak dibersihkan. Tidak sampai disitu saja, tunggulah kisaran 10 menit lalu hidupkan keran atau shower air panas yang ada di dalam kamar mandi. Hal ini dilakukan karena uap panas bermanfaat untuk membantu melarutkan lapisan kerak yang menempel pada keramik.

Apabila dirasa uap sudah cukup menyebar di ruangan kamar mandi, anda bisa menyiram kembali keramik tersebut dengan menggunakan air panas. Setelahnya, lap keramik kamar mandi menggunakan spons yang basah. Dimana langkah selanjutnya dalam cara membersihkan keramik kamar mandi sendiri melalui cairan cuka yakni bilas keramik lalu keringkan menggunakan handuk.

Setelah semua langkah dilakukan dengan baik dan benar, langkah selanjutnya yaitu aplikasikan car wax pada area keramik kamar mandi. Perlu diketahui, untuk melakukan pembersihan ini yaitu dengan melakukan gerakan melingkar agar keramik dapat terlihat lebih mengkilap dan cantik dipandang.

2. Soda Kue
Soda kue tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kue saja, tetapi ada manfaat tersembunyi di dalamnya. Yang mana dengan menggunakan bubuk soda kue, anda bisa mendapatkan keramik kamar mandi yang terbebas dari gangguan kerak ataupun kotoran yang menempel.

Dalam penerapannya, anda harus memerlukan soda kue dalam jumlah yang cukup banyak agar kegiatan membersihkan ini bisa berjalan dengan maksimal. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menyiapkan baking soda serta air panas. Jika sudah siap, bubuhkan soda kue sebagai cara membersihkan keramik kamar mandi sendiri pada bagian dinding dan juga lantai kamar mandi.

Setelah itu, percikkan bagian tersebut menggunakan air panas, lalu diamkan kurang lebih satu jam lamanya. Kemudian sikat keramik kamar mandi menggunakan sikat atau kawat yang teksturnya kasar. Yang mana langkah ini digunakan agar kerak bisa terangkat dengan sempurna. Jika dirasa sudah bersih, bilas bagian tersebut sampai bersih, dan lihatlah hasilnya yang memuaskan.

3. Garam Non Yodium
Cara terakhir untuk membersihkan keramik kamar mandi yaitu dengan menggunakan garam kasar non yodium. Seperti halnya sedang melakukan scrub, garam dapur dengan tekstur kasar dan bermineral tinggi ini dianggap paling ampuh untuk menghilangkan kerak di dinding ataupun lantai kamar mandi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mencampurkan garam kasar dengan tambahan cuka putih. Langkah awal, siram cuka putih di keramik kamar mandi, lalu taburkan garam non yodium. Setelah itu, gosok kedua bahan menggunakan kawat aluminum. Jika sudah, bilas seluruh area dengan air hangat untuk penerapan cara membersihkan keramik kamar mandi sendiri dengan maksimal.

Itulah rangkaian bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi sendiri. Sebagai saran, lakukan beberapa cara tersebut dengan berhati hati, atau bisa juga dengan menggunakan beberapa peralatan keselamatan seperti sarung tangan agar tangan tidak cedera. Ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap? Bisa dengan akses link berikut ini di sini

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *