Mengenal Cara Beberapa Jenis Virus Masuk ke Dalam Tubuh

2 min read

Cara Virus Masuk ke Tubuh

Cara Virus Masuk ke Tubuh – Kita tahu bahwa beberapa jenis virus yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit tertentu. Sebagai contoh, HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang menjadi penyebab penyakit AIDS. Bagaimana cara virus masuk ke dalam tubuh?

Pada dasarnya, virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui beberapa cara. Oleh karena itu, dengan mengetahui cara virus-virus tertentu masuk ke dalam, kita dapat lebih waspada untuk mencegah masuknya virus-virus tersebut ke dalam tubuh.

Cara Virus Masuk ke Dalam Tubuh

Berikut ini adalah uraian singkat mengenai beberapa cara virus masuk ke dalam tubuh.

1. Melalui Saluran Pernapasan
Beberapa jenis virus, seperti Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 ( Virus Corona) , orthomyxovirus (virus influenza), rhinovirus dan adenovirus (virus penyebab demam), dan varicella-zoster (virus penyebab cacar air) dapat beterbangan bebas di udara.

Virus-virus jenis ini biasanya menyebar ke udara ketika seseorang yang mengidap penyakit akibat virus-virus tersebut, batuk atau bersin. Dalam hal ini, virus-virus terbawa oleh uap air ludah atau lendir yang keluar ketika batuk atau bersin.

2. Melalui Saluran Pencernaan
Selain melalui saluran pernapasan, beberapa jenis virus juga dapat masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan. Beberapa contoh virus yang sering masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan antara lain rotavirus (virus penyebab penyakit gastroenteritis, yaitu peradangan pada lambung dan usus), poliovirus (virus penyebab penyakit poliomyelitis, yaitu penyakit yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang yang dapat mengakibatkan kelumpuhan pada penderitanya), hepatitis A (virus penyebab peradangan hati), dan beberapa jenis adenovirus.

Masuknya virus-virus jenis ini ke dalam tubuh biasanya terjadi melalui makanan atau minuman yang tidak higienis.

3. Melalui Saluran Kelamin dan Saluran Kencing
Beberapa jenis virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui saluran kelamin dan saluran kencing. Virus-virus jenis ini antara lain herpes simplex (virus penyebab penyakit herpes kelamin), HIV (Human Immunodeficiency Virus), dan HPV (Human Papilloma Virus), yaitu virus yang menyebabkan penyakit kutil di sekitar daerah kelamin.

Virus-virus jenis ini biasanya dapat masuk ke dalam tubuh melalui aktivitas seksual.

4. Melalui Mata
Beberapa jenis virus yang terkenal dapat masuk ke dalam tubuh melalui mata antara lain coxsackie (virus penyebab beberapa penyakit yang mengganggu saluran sistem saraf dan otot, misalnya meningitis dan penyakit sejenis poliomyelitis), herpesvirus (virus binatang yang menyebabkan beberapa penyakit, seperti cacar air, herpes kulit, dan sejenis bisul), echovirus (virus yang juga dapat menyebabkan penyakit infeksi usus, infeksi saluran pernapasan, dan meningitis), dan beberapa jenis adenovirus.

5. Melalui Kulit
Kulit yang bersentuhan langsung dengan penderita penyakit akibat virus tertentu dapat terinfeksi virus tersebut. Beberapa jenis virus yang dapat masuk atau menginfeksi melalui kulit antara lain herpes simplex (virus penyebab herpes kelamin) dan poxvirus (virus penyebab penyakit kulit).

6. Melalui Darah
Virus yang terdapat dalam darah seseorang yang terinfeksi dapat menyebar atau masuk ke dalam tubuh orang sehat melalui penggunaan jarum suntik tidak sekali pakai dan gigitan nyamuk.

Virus-virus tersebut kemudian masuk ke aliran darah dan dapat memicu terjangkitnya penyakit tertentu. Beberapa virus yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui cara ini antara lain HIV, ebola, dan hepatitis B.

Pencegahan Terhadap Serangan Virus

Mencegah lebih baik daripada mengobati, ya pepatah itu memang benar adanya dan sebelum virus masuk ke dalam tubuh kita alangkah baiknya kita selalu menjaga pola hidup sehat dalam diri dan lingkungan sekitar.

Jika sobat ingin tahu artikel seputar virus dan anti virus terlengkap bisa mengunjungi situs halodoc.com yang menyajikan artikel-artikel berkualitas mengenai kesehatan yang membantu kita dalam menjaga diri dan mencegah penyakit yang masuk dalam tubuh kita.

Semoga dengan artikel ini kita bisa meminimalisir terkena virus apapun itu dalam diri kita dan terjaga kesehatan kita dengan optimal. Sekian Terimakasih.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *