Kumpulan Doa Setelah Sholat Beserta Artinya

kumpulan doa setelah sholat

Doa setelah sholat merupakan rutinitas yang sering dilakukan setelah sholat. Sebagai umat Muslim, sholat merupakan sebuah kewajiban bahkan kebutuhan yang tak terhingga. Selain menjalankan rukun Islam yang kedua, sholat juga merupakan sebuah media komunikasi yang sangat pribadi dengan sang pencipta, yaitu Allah Swt. Dengan sholat, kita dapat merasakan kedekatan dengan sang Khalik.

Meskipun demikian, kedekatan itu tidak hanya dirasakan ketika sholat saja. Kedekatan dengan Allah Swt senantiasa dirasakan sepanjang waktu selama kita bernapas. Berdoa merupakan salah satu upaya kita agar lebih mendekatkan diri pada Allah Swt. Berdoa dapat dilakukan kapan saja, di mana saja, dalam keadaan apa saja. Melakukan doa setelah sholat merupakan waktu paling nyaman karena kita dalam keadaan suci dan memiliki waktu yang sangat pribadi bersama Allah.

Doa setelah Sholat – Doa paling Mujarab

Ketika kita sholat, kita menghadap kiblat dengan tujuan mengharap ridho Allah atas apa yang kita minta. Dengan khusyu, kita melakukan sholat selama lima kali dalam sehari dengan jumlah raka’at yang tidak sama. Selain sholat yang lima waktu, ada juga sholat sunnah yang dapat dilakukan di luar waktu sholat wajib, di antaranya sholat sunnah yang dilakukan sebelum dan sesudah sholat wajib, sholat sunnah dhuha, sholat sunnah tahajud, sholat sunnah istiqoroh, dsb.

Sholat sunnah apakah yang paling rutin Anda kerjakan? Semoga dengan menjalankan sholat sunnah, kita dapat semakin menyempurnakan hidup kita dan mendapatkan ketenangan lahir dan batin. Satu hal yang tidak pernah kita tinggalkan setelah melakukan sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah adalah berdoa.

Doa setelah sholat adalah doa yang paling khusyu dilakukan bagi sebagian besar orang. Doa ini biasanya permintaan kepada Allah agar niat dan rencana kita dilancarkan, selain tentu saja mendoakan orang tua, keluarga dan saudara serta sahabat-sahabat kita.

Macam-macam Doa setelah Sholat
Sebenarnya kita boleh berdoa apapun kepada Allah ketika kita ingin memohon atau memuji Allah. Sebelum memohon kepada Allah, ada baiknya kita membaca terlebih dahulu dengan menyebut nama Allah, memuji syukur kepada-Nya, dan bershalawat pada Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini merupakan berbagai doa setelah sholat. Anda dapat melakukannya dengan khusyu dan yakin bahwa doa setelah sholat yang Anda lakukan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hanya Allah yang tahu kapan doa Anda dikabulkan.

1. Doa Setelah Sholat – Doa untuk Orangtua
Siapa yang tidak sayang pada orangtua? Orang yang sangat berjasa dan berpengaruh dalam kehidupan kita ini sudah selayaknya didoakan setiap waktu. Sebagai anak yang berbakti pada orangtua, kita sebaiknya memberikan doa yang tulus dan khusyu kepada Allah untuk orangtua kita. Berikut ini doa setelah sholat yang bertujuan untuk meminta kepada Allah agar menyayangi orangtua kita.

doa untuk kedua orang tua

2. Doa Setelah Sholat – Doa Mohon Perlindungan Allah Swt
Ketika sesorang diberi ujian dalam bermacam-macam bentuk, Allah sebenarnya sedang memberi semacam tanda sayang kepada makhluknya. Ujian itu dapat datang berupa kesenangan maupun kesulitan. Manusia yang mampu melewati kesenangan dengan bersyukur dan mengamalkan hartanya di jalan yang benar, telah teruji dengan baik di mata Allah.

Begitu pun dengan ujian berupa kesulitan hidup. Jika bersabar, berdoa dan berusaha melewati semua kesulitan tersebut, insya Allah seseorang akan dimudahkan jalannya. Karena Allah tidak akan menguji seseorang melewati batas kemampuannya.

Berikut ini doa setelah sholat yang bertujuan agar kita dihindarkan dari mudarat kesenangan dan kesulitan hidup dan memohon perlindungan Allah Swt.

“Allahumma innii a’udzubika min fitnatin naari wa’aazabin naari wa min fitnatil qabri wa’azaabil qabri wa min syarri fitnatil ginaa wa min syarri fitnatil faqri wa min syarri al masiihid dajjaali.”

Artinya:

“Ya, Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepadaMu dari bencana api neraka, siksa neraka, bencana kubur, dan siksa kubur. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan ujian atas kekayaan, dari kejelekan ujian atas kekafiran, serta dari kejahatan dajjal.”

3. Doa Setelah Sholat – Doa Meminta Ketenangan
Ketenangan adalah sesuatu yang kita dambakan dalam kehidupan ini. Segala aktivitas yang dijalani dengan perasaan tenang akan memberikan pengaruh positif terhada hal yang kita lakukan. Untuk itu, sebaiknya kita rutin membaca doa setelah sholat berikut ini dalam keseharian kita.

“Allahumma innii a’udzubika min ‘ilmin laa yanfa’u wa qolbin laa yakhsya u’du’aain laa yusma’u wanafsin laa tasyba’u.”

Artinya:

“Ya, Allah, aku berlindung kepada Engkau dari ilmu yang tak berguna, dari hati yang tak pernah tenang, dari doa yang tak didengar, dan dari nafsu yang tak pernah kenyang.”

4. Doa Agar Kita Senantiasa Termasuk Orang yang Beruntung di Mata Allah
Sebagai manusia, kita senantiasa meminta perlindungan kepada Allah agar kita dimasukkan pada golongan orang yang bertakwa dan selalu memohon kepada Allah. Berikut ini doa setelah sholat yang dipanjatkan setelah melakukan sholat.

“Allahummaj’alfihi minal mutawakkilina’alaika waj’al fihi minal fa’izina ladaika waj’alni fihi minal-muqarrabin ilaika bi ihsanika ya ghayatat-talibin.”

Artinya:

“Ya, Allah. Jadikanlah kami sebagai orang yang bertakwa kepadaMu dan jadikan kami sebagai orang yang menangis di sisiMu dan jadikanlah kami sebagai orang yang dekat kepadaMu dengan ihsanMu. Ya, Allah, Engkaulah tujuan orang-orang yang memohon.”

5. Doa Setelah Sholat Dhuha
Selain sholat wajib, kita sebaiknya melakukan sholat sunnah seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Terdapat banyak sholat sunnah yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah sholat Dhuha. Sholat Dhuha merupakan sholat sunnah yang dilakukan pagi hari ketika cahaya matahari mulai terang. Doa setelah sholat dhuha yang dipanjatkan kepada Allah swt adalah sebagai berikut.

doa sholat dhuha

Artinya:

“Ya, Allah, waktu Dhuha adalah DhuhaMu dan kecantikan adalah kecantikanMu dan keindahan adalah keindahanMu dan kekuatan adalah kekuatanMu dan kekuasaan adalah kekuasaanMu dan perlindungan adalah perlindunganMu. Ya, Allah, jika rezekiku masih ada di langit, turunkanlah, jika rezekiku ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar, mudahkanlah, dan jika jauh dekatkanlah. Berkat Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaanMu, limpahkanlah kepada hamba-hambaMu yang shaleh.”

Doa setelah sholat merupakan salah satu cara untuk lebih mendekatkan diri pada Allah Swt. Dengan berdoa, semua kekalutan dan kegelisahan kita insya Allah akan berkurang, bahkan menghilang. Allah adalah tempat kita meminta dan memohon semua petunjuk dalam hidup. Jika kita rajin berdoa, hati kita akan lebih tenang, sesuai dengan sebuah ayat pada QS. Arra’du:28, yang artinya:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram.”

Doa setelah sholat yang kita panjatkan dapat doa berupa apa pun, asalkan bukan doa untuk keburukan. Allah selalu mendengar doa umat Muslim yang selalu memohon padaNya. Insya Allah hati kita akan selalu tenang dan semakin diasah dengan mendekatkan diri padaNya. Marilah kita mulai semuanya dengan membaca doa dan mengakhiri semua aktivitas kita dengan doa juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *