7 Hantu Indonesia Paling Menyeramkan

5 min read

Hantu Indonesia

Hantu Indonesia – Menurut Anda, hantu Indonesia apa yang paling menyeramkan? Kuntilanak mungkin menjadi jawaban paling tepat. Selain menyeramkan, kuntilanak merupakan salah satu hantu paling eksis dan populer di indonesia. Bahkan, keberadaan kuntilanak dalam sebuah film lebih sering mengalahkan pamor pemeran utama.

Akan tetapi, hantu Indonesia ternyata bukan hanya jenis kuntilanak. Masih banyak hantu lain yang tidak kalah populer dan menyeramkan. Sebut saja, pocong dan wewe gombel. Selain terkenal memiliki kekayaan sumber daya alam, Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan jenis-jenis hantunya.

Tampaknya, jenis-jenis hantu Indonesia semakin bertambah setiap harinya. Terlebih, aneka film horor Indonesia yang selalu menghadirkan sosok hantu yang cukup unik. Padahal, hantu-hantu yang ditampilkan dalam film tersebut belum tentu nyata keberadaannya.

Untuk mengakhiri rasa penasaran Anda, berikut ini merupakan 7 hantu Indonesia yang terbilang paling menyeramkan. Sebagain besar hantu berikut ini pun sering dijadikan tokoh dalam genre film horor Indonesia.

7 Hantu Indonesia Paling Menyeramkan

1. Kuntilanak
Tidak salah lagi, hantu ini paling menyeramkan yang menempati urutan pertama adalah kuntilanak. Ya. Hantu satu ini memang tergolong paling menyeramkan meskipun sosoknya digambarkan sebagai wanita cantik berjubah putih polos. Tampilan hantu Indonesia ini memang sangat sederhana, namun tetap saja menyeramkan.

kuntilanak

Kuntilanak digambarkan sebagai salah satu sosok hantu yang suka meneror penduduk untuk balas dendam. Menurut beberapa cerita, kemunculan kuntilanak selalu diiringi wangi bunga kamboja. Kuntilanak pun merupakan hantu yang piawai berubah wujud. Salah satunya, menjadi wanita cantik dan seksi sehingga menarik perhatian kaum lelaki.

Konon, kaum laki-laki yang tidak berhati-hati dapat dibunuh oleh hantu ini dengan cara dihisap darahnya. Selain senang membunuh kaum lelaki, kuntilanak diceritakan amat senang menyantap bayi baru lahir serta sering melukai wanita yang tengah hamil. Hantu ini pun konon sangat menyukai jenis pohon tertentu sebagai tempat tinggalnya.

2. Sundel Bolong
Dalam mitos hantu indonesia, sundel bolong digambarkan dengan sosok wanita berambut panjang. Sama halnya dengan kuntilanak, sundel bolong memakai gaun panjang berwarna putih sebagai baju kebesarannya. Bedanya, sundel bolong digambarkan memiliki lubang atau bolongan di bagian punggung yang agak tertutup dengan rambutnya.

Baca Juga  Berikan Asuransi Ini Kepada Karyawan

Dari bolongan tersebut, semua organ tubuh bagian perut sundel bolong bisa terlihat. Hal yang tidak kalah menjijikkan dan menyeramkan, bolongan itu pun dipenuhi dengan belatung. Sama seperti kuntilanak, hantu satu ini pun senang meneror penduduk untuk menuntut pembalasan. Biasanya, sundel bolong berkeliaran tengah malam.

Menurut mitos, sundel bolong merupakan hantu seorang wanita yang meninggal setelah diperkosa. Akhirnya, wanita tersebut melahirkan bayinya di dalam kubur sehingga ia menjelma sebagai hantu menyeramkan yang selalu menggendong bayi. Hantu ini pun senang menculik bayi-bayi yang masih merah alias baru dilahirkan.

3. Tuyul
Dalam mitologi Nusantara, khususnya di Pulau Jawa, hantu ini merupakan jenis makhluk halus berwujud anak kecil maupun orang kerdil dan berkepala gundul. Konon, tuyul dapat dipelihara dan dipekerjakan oleh manusia untuk tujuan tertentu, salah satunya mencari kekayaan atau uang.

 

Sebagai penangkal hantu berkepala gundul ini, orang-orang sering memasang yuyu di beberapa sudut rumah. Menurut kepercayaan, tuyul sangat menyukai yuyu sehingga ia akan melupakan tugas awal yang diperintahkan sang majikan.

Konon, tuyul merupakan salah satu hantu yang berasal dari janin ibu hamil yang mengalami keguguran. Tuyul pun dipercaya berasal dari bayi yang meninggal ketika dilahirkan. Karena berasal dari seorang bayi, karakter tuyul tampak seperti anak-anak, yaitu senang bermain-main. Tidak heran jika beberapa orang sering melihat tuyul sedang bermain-main saat tengah malam.

4. Pocong
Ketika mendengar nama pocong, pikiran Anda pasti langsung tertuju pada sesosok hantu yang berjalan loncat-loncat dan terbungkus kain kafan. Pada penggambaran lain, pocong disibut-sebut sebagai sosok yang wajahnya berwarna hijau dengan tatapan mata kosong. Adapula yang menggambarkan pocong sebagai sosok hantu bermuka rata dengan lubang mata berongga maupun tertutup kapas.

Baca Juga  7 Situs Untuk Download Subtitle Film Terbaru 2020

pocong

Layaknya hantu Indonesia lain, pocong digambarkan memiliki raut wajah putih dan pucat. Beberapa orang meyakini bahwa pocong merupakan jelmaan orang yang telah meninggal tetapi ikatan kain kafannya belum dibuka karena lupa. Akhirnya, mayat terkubur tersebut protes sehingga menjelma sebagai pocong dan berkeliaran malam hari untuk meminta dibukakan tali kafannya.

Dalam cerita film horor, pocong sering digambarkan sebagai hantu yang berjalan melompat-lompat karena kedua kakinya masih terikat. Namun, mitos mengatakan bahwa hantu ini sebenarnya bergerak dengan cara melayang. Bagaimanapun kebenarannya, keberadaan pocong nyatanya sudah cukup dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama di Sumatera dan Jawa.

5. Genderuwo
Menurut cerita, genderuwo merupakan sejenis makhluk halus atau sebangsa jin berwujud manusia yang mirip dengan kera. Genderuwo digambarkan memiliki tubuh besar, kekar, berkulit hitam kemerahan, dan tubuhnya tertutup rambut tebal yang tubuh di sekujur tubuh besarnya.

Genderuwo

Di Pulau Jawa, hantu satu ini cukup terkenal. Masyarakat Sunda menyebutnya dengan sebutan gandaruwo. Sementara itu, masyarakat Jawa menyebut hantu ini gendruwo. Sebagai sosok hantu menyeramkan, genderuwo konon sangat menyukai batu berair, bangunan tua, sudut-sudut lembap yang sepi dan gelap, serta pohon-pohon besar yang rindang, sebagai tempat tinggalnya.

Menurut kepercayaan, Hutan Jati Donoloyo, Kecamatan Sloghimo, sekitar 60 kilometer di bagian timur Wonogiri, merupakan pusat domisili genderuwo. Selain di Hutan Jati Donoloyo, genderuwo dipercaya berdomisili di wilayah Lemah Putih, Purwosari, Girimulyo.

6. Wewe Gombel
Wewe gombel merupakan sebuah istilah dalam kebudayaan Jawa yang digunakan untuk menyebut roh jahat atau hantu yang suka menculik anak-anak. Meskipun gemar menculik anak-anak, hantu satu ini tidak bermaksud mencelakai mereka.

Menurut cerita, yang dijadikan sasaran biasanya anak-anak telantar dan diabaikan orangtuanya. Aksi hantu satu ini biasanya menakuti orangtua anak-anak tersebut hingga mereka menyadari perlakuan buruk terhadap anak-anaknya. Setelah orangtua menyadari perbuatannya, wewe gombel akan segera mengembalikan anak-anak yang diculiknya.

Baca Juga  Mendulang "Emas" dari Kayu Gaharu yang Langka

Konon, wewe gombel merupakan jelmaan roh seorang wanita yang meninggal dengan cara bunuh diri. Wanita tersebut bunuh diri karena dikejar-kejar penduduk akibat perbuatannya membunuh sang suami. Latar belakang pembunuhan itu adalah perselingkuhan yang dilakukan suami si wewe gombel. Perselingkuhan itu didasari karena sang istri tidak mampu memberikan keturunan.

Akhirnya, wanita tersebut (si calon wewe gombel) dijauhi dan dibenci suaminya. Kemudian, ia dikucilkan hingga menjadi gembel dan gila. Penamaan wewe gombel pada hantu Indonesia satu ini karena peristiwa itu terjadi di daerah Gombel, Semarang.

7. Leak
Ketika mendengar nama hantu satu ini, pikiran Anda pasti akan tertuju ke sebuah pulau nan indah dan eksotis, yaitu Bali. Ya. Dalam mitologi Bali, leak merupakan seorang penyihir yang sangat jahat. Leak berasal dari dua suku kata, yaitu le ‘penyihir’ dan ak ‘jahat’.

Leak

Leak merupakan hantu Indonesia yang hanya dapat dilihat pada malam hari. Tidak semua orang bisa melihat wujud leak, hanya para dukun pemburu leaklah yang mampu melihat hantu ini. Pada siang hari, leak berwujud sebagai manusia biasa. Sementara pada malam hari, leak akan berkeliaran di kuburan untuk mencari organ tubuh manusia yang akan dipakai sebagai ramuan sihir.

Berkat ramuan sihir yang telah dibuatnya, leak dapat berubah wujud menjadi seekor harimau, babi, kera, maupun menjadi seperti rangda. Rangda adalah sebutan untuk ratu para leak. Jika diperlukan, leak bisa mengambil organ-organ tubuh dari orang yang masih hidup.

Itulah penjabaran mengenai 7 hantu Indonesia yang terbilang paling menyeramkan. Jika bertemu dengan sosok-sosok gaib tersebut, sebaiknya Anda berhati-hati dan berdoa. Boleh jadi, beberapa di antara Anda pernah bertemu dengan salah satu sosok hantu ini.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *