Benarkah Investasi Tanah Menguntungkan

investasi tanah

Investasi tanah dengan tanah dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin mendapatkan keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang. Jadi, bagi anda yang ingin melakukan investasi jangka pendek, investasi ini kurang tepat untuk anda pilih. Investasi dapat anda lakukan dengan berbagai cara.

Ada yang menyukai investasi saham karena keuntungan yang dapat berlipat ganda dengan cepat. Namun demikian ada pula yang sangat tidak tertarik dengan investasi saham karena dapat jatuh dengan tiba-tiba dan menyebabkan kerugian yang sangat tinggi.

Ada pula orang yang sangat gemar melakukan investasi dengan emas karena hobi mengoleksi perhiasan emas dan juga sangat tertarik dengan kentungan yang dapat diraup dari investasi ini.

Selain itu, investasi dapat pula dilakukan dengan membeli asuransi. Hal ini kurang begitu dilirik karena resikonya sangat besar. Selain itu, premi asuransi juga dinilai sangat memberatkan bagi beberapa orang.

Investasi Tanah Yang Menguntungkan

Investasi berupa properti juga bisa sangat menguntungkan jika investor telah mengetahui bagaimana cara melakukannya dengan benar dan aman. Dari semua investasi tersebut, investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan dan bisa dipilih adalah investasi dengan tanah.

Investasi tanah dinilai sangat menjanjikan karena beberapa persepsi. Pada kenyataannya, investasi ini memang lebih menguntungkan dibandingkan investasi jangka panjang lainnya. Keuntungan investasi ini akan terus meningkat karena permintaan tanah setiap tahun meningkat drastis sehingga harganyapun akan meningkat.

Dengan demand yang semakin naik, harga tanah tidak mungkin bisa turun. Bahkan ada kemungkinan bahwa orang akan bisa mendapatkan keuntungan melalui investasi ini dalam waktu tidak terlalu lama. Tidak perlu menunggu hitungan tahun, dengan perhitungan tepat investasi ini akan memberikan hasil yang memuaskan. Namun demikian, hal ini juga tidak mudah. Perlu pemikiran yang matang untuk melakukan investasi ini karena investasi ini tentunya memiliki resiko tersendiri.

Pertama orang harus memahami dan mengukur, seberapa besar keuntungan yang akan bisa mereka dapatkan. Jika tidak, mereka tidak akan bisa melakukan investasi tanah dengan maksimal untuk keuntungan yang besar. Selain itu, observasi juga sangat penting untuk mengetahui bagaimana prospek investasi ini dibandingkan dengan investasi lain.

Memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan investasi ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena investasi ini sifatnya jangka panjang, hendaknya investor juga mempersiapkan diri untuk menunggu dan melakukan beberapa persiapan untuk memaksimalkan penantian mereka akan keuntungan yang diharapkan. Investors harus tahu bagaimana memilih letak dan posisi tanah yang akan mereka beli sebagai investasi.

Baca juga: Investasi Properti yang Menggiurkan

Mereka harus menghitung apakah dalam beberapa tahun wilayah tersebut akan berkembang sehingga nilai investasi mereka akan dapat meningkat pesat. Dalam hal ini, mereka butuh pendapat dari para professional untuk mendapatkan posisi yang paling tepat untuk mereka gunakan sebagai investasi.

Selain itu, investor juga harus mengetahui tentang latar belakang tanah yang mereka pilih untuk investasi untuk memastikan bahwa mereka membeli tanah yang legal. Tidak jarang investor berhasil membeli tanah dengan harga murah dan dengan prospek yang cukup menjanjikan. Akan tetapi hal itu berubah tragis ketika mereka tahu bahwa tanah tersebut berada dalam sengketa.

Oleh karena itu, sekali lagi, observasi yang menyeluruh sangat penting dalam investasi ini. Investasi ini dapat sangat menguntungkan dengan cara-cara yang benar. Namun demikian, investasi ini juga dapat menimbulkan kerugian karena beberapa faktor seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu, investor juga harus mengenal medan di mana mereka bermain.

Bagi yang berinvestasi untuk proyek besar tentulah harus menerapkan strategi yang berbeda dengan yang berinvestasi hanya untuk keperluan pribadi. Berinvestasilah dengan aman dan cerdas maka anda akan dapat menuai hasilnya dengan segera. Investasi tanah dengan strategi yang cerdas akan dapat memberikan keuntungan yang maksimal.

Peluang Investasi Tanah

bisnis investasi tanah
Salah satu cara untuk mengelola keuangan kita adalah dengan cara berinvestasi. Ada banyak cara investasi tersebut. Antara lain dengan menabung, bermain saham, asuransi atau juga menyimpan emas. Namun salah satu cara mudah adalah dengan melakukan investasi tanah.

Investasi tanah sendiri adalah sebuah cara untuk menyimpan harta yang dimiliki melalui aset tidak bergerak. Disebut aset tidak bergerak karena jenis aset ini tidak mudah untuk dipindahkan sebagaimana jika kita memiliki mobil yang merupakan aset bergerak.

Bagi sebagian kalangan, investasi tanah dianggap sebagai salah satu cara untuk menyimpan aset dengan mudah dan murah. Selain itu, investasi ini dinilai paling mampu memberikan keuntungan dalam jumlah besar dan dengan resiko yang sangat kecil.

Bandingkan dengan jika kita memilih beberapa cara investasi lain. Seperti bermain saham misalnya. Meski terlihat lebih elegan, namun bermain saham memiliki resiko yang sangat tinggi. Khususnya bagi mereka yang belum memiliki banyak pengalaman di bidang investasi saham dan mengenal dunia saham.

Sebab, investasi di bidang saham memiliki resiko yang sangat tinggi terhadap penurunan nilai saham yang kita miliki. Apabila saham tersebut meningkat nilainya, tentu bukan sebuah hal yang perlu dipermasalahkan. Sebab, semakin meningkatnya harga saham, akan berdampak pada peningkatan keuntungan yang akan dinikmati para pemegang sahamnya.

Sebaliknya, penurunan nilai saham di bursa saham secara otomatis akan membawa dampak pada para pemegang saham tersebut. Akibatnya, mereka akan mengalami kerugian yang bisa mencapai jumlah besar. Selain itu, berinvestasi di bidang saham membutuhkan perhatian yang sangat tinggi.

Sehingga ketika tren saham yang kita mainkan mulai menunjukkan penurunan, kita harus melakukan langkah cepat untuk mengatasi kerugian. Demikian pula sebaliknya, kita harus bisa memiliki insting yang tinggi untuk menentukan pilihan saham mana yang kiranya akan memberikan keuntungan di masa mendatang.

Investasi Tanah

Untuk investasi tanah, banyak dianggap sebagai cara berinvestasi yang mudah dan mampu memberikan margin keuntungan besar. Meski pun untuk melakukan investasi ini, dibutuhkan biaya yang cukup besar sebagai modalnya.

bisnis investasi tanah jangka panjang

Jaminan keuntungan ini disebabkan berlakunya hukum ekonomi yang ada dalam sistem investasi tanah. Hukum ini merupakan hukum permintaan dan ketersediaan pasar. Kondisi ini terkait dengan ketersediaan tanah yang ada di atas bumi, jumlahnya tidak pernah bertambah. Namun, jumlah manusia yang bertambah menyebabkan permintaan tanah akan selalu ada setiap waktunya.

Dengan kondisi inilah, maka harga sebuah lokasi setiap waktunya pasti akan mengalami peningkatan. Bahkan untuk tanah dengan lokasi yang kurang strategis sekalipun, akan terjadi peningkatan harga jual setiap tahunnya.

Di sisi lain, seorang yang memilih investasi tanah akan memiliki kebebasan menjual lokasi tanah miliknya dengan harga yang diinginkan. Mereka tidak perlu harus tergantung pada pihak lain untuk menentukan harga jual sebuah kawasan.

Margin keuntungan seorang investor tanah bisa berlipat ganda, apabila pada lokasi di sekitar tanah miliknya akan muncul sebuah aktivitas ekonomi. Misalnya akan dibangun jalan tol, pusat perbelanjaan atau juga akan berdiri kawasan industri baru. Kemunculan sektor ekonomi tersebut, secara tidak langsung akan mampu meningkatkan harga jual tanah pada lokasi yang berdekatan.

Alasan lain memilih investasi tanah adalah dari unsur kemudahan. Kita tidak perlu harus merawat tanah tersebut sepanjang waktu. Cukup dengan memberikan tanda yang jelas sebagai pembatas lahan, maka kita bisa menjadikan lokasi tersebut sebagai lokasi pasif. Dalam arti, tidak perlu merawat atau membuat bangunan di atas tanah tersebut.

Namun bagi yang ingin mempercepat peningkatan nilai tanah tersebut ada cara lain yang bisa ditempuh. Yakni dengan menanam beberapa jenis tanaman produksi yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Misalnya tanaman sengon, jabon atau tanaman yang bisa dipanen sepanjang waktu. Dengan cara ini, makan harga tanah di lokasi tersebut akan turut meningkat dengan pesat.

Investasi tanah ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki dana besar dan tidak terlalu membutuhkan uang dalam jangka waktu dekat. Dengan demikian mereka bisa menunggu beberapa tahun, hingga harga tanah di lokasi tersebut meningkat seiring perkembangan pembangunan.

Selain itu, dalam menentukan margin keuntungan pun tidak ada ketentuan khusus yang mengatur batasan margin penjualan. Sehingga, seorang pemilik tanah bisa mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin sesuai yang diinginkannya. Yang paling utama adalah pemilik tanah bisa mendapatkan pembeli yang memiliki dukungan finansial kuat serta memiliki ketertarikan besar pada tanah yang kita tawarkan. Jika kedua hal ini bisa terpenuhi, bukan tidak mungkin sebuah lokasi tanah bisa dihargai jauh lebih mahal daripada harga pasar yang seharusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *