Kandungan Alpukat dan Manfaatnya bagi Kesehatan

5 min read

Kandungan Alpukat dan Manfaatnya

Kandungan Alpukat dan Manfaatnya – Buah alpukat merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Pohon yang menghasilkan buah yang lezat dan bergizi ini kemudian dibudidayakan di berbagai daerah tropis di dunia, salah satunya tentu saja di Indonesia.

Pohon buah alpukat memiliki batang dengan tinggi mencapai 20 meter, dengan daun yang memiliki panjang antara 12 hingga 25 cm, dengan bunga tersembunyi yang berwarna hijau kekuningan yang berukuran 5 sampai 10 mm.

Buah buah alpukat sendiri memiliki kulit yang lembut berwarna hijau tua dan kadang berwarna keunguan, kecokelatan, atau hijau kecokelatan bergantung pada jenis atau varietas buah buah alpukatnya. Sementara itu, daging buahnya berwarna hijau muda dengan bagian warna kuning dekat bijinya.

Sejarah Buah Buah Alpukat

Istilah buah alpukat atau avokad berasal dari bahasa Aztek yang terdapat di wilayah Amerika Tengah dan Meksiko. Buah ini kemudian diperkenalkan oleh mereka kepada penduduk Eropa pada saat bangsa Spanyol memasuki wilayah mereka.

Pada saat itu pula masyarakat Amerika Tengah juga memperkenalkan kakao, jagung, dan kentang kepada masyarakat Eropa. Mulai saat itulah buah buah alpukat ini diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia.

Kandungan Gizi dalam Buah Alpukat

Siapa yang tidak mengenal buah buah alpukat? Buah berwarna hijau ini terkenal lezat. Setelah dipetik, buah alpukat membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 9 hari untuk matang. Daging buah buah alpukat mudah dicerna dan dapat menyediakan energi dalam waktu lama.

Karena kandungan alpukat kaya akan karbohidrat dan proteinnya yang tinggi, buah alpukat yang dilunakkan menjadi makanan yang bagus untuk bayi yang mulai belajar mengonsumsi makanan padat.

Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal hingga 20%. Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Lemak tersebut merupakan lemak sehat sehingga tidak perlu khawatir dengan mitos bahwa buah alpukat menyebabkan tubuh gemuk. Justru asam lemak tak jenuh tersebut membantu metabolisme dan mengurangi keinginan makan berlebihan.

Baca Juga  Aneka Manfaat Buah Apel Yang Jarang Orang Tahu

Kandungan potasium dan kalori dalam buah alpukat tiga kali lebih banyak dibandingkan pisang. Buah alpukat juga mengandung mineral besi dan tembaga serta fosfor dan magnesium.

Kandungan sodium dan kadar gula yang rendah dan tanpa zat tepung menjadikan buah alpukat buah yang ideal bagi penderita diabetes. Buah alpukat merupakan salah satu buah dengan kandungan serat tertinggi dilengkapi dengan vitamin A, vitamin B komplek, asam folat, antioksidan (vitamin C dan Vitamin E), kalsium, besi, dan potassium.

Baca juga: Vitamin Penambah Darah Untuk Penderita Anemia

Namun, untuk lebih jelasnya lagi mengenai kandungan gizi yang terdapat di dalam buah buah alpukat, berikut kami berikan informasi tersebut.

1. Protein

Buah alupkat ini memiliki 18 asam amino yang diperlukan oleh tubuh sehingga protein dalam buah ini bisa lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan jenis buah berprotein lainnya. Protein dalam buah ini juga bisa sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan diet sehat tanpa perlu kehilangan energi dalam beraktivitas.

2. Lemak Bermanfaat

Selain protein nabati, kandungan gizi yang terdapat dalambuah buah alpukat dan berguna bagi tubuh adalah lemak bermanfaat. Lemak dalam buah alpukat ini mampu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh sehingga berfungsi untuk melindungi manusia dari serangan radikal bebas.

Lemak tersebut juga bisa mempercepat proses penuaan dan masuknya berbagai penyakit ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan sistem imunisasi dalam tubuh, konsumsilah buah buah alpukat dalam jumlah yang disarankan.

3. Karotenoid

Karotenoid yang terkandung di dalam buah alpukat sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata dan bagian tubuh lainnya karena vitamin A yang ada di dalam karotenoid. Oleh sebab itu, buah buah alpukat juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata dan stamina Anda dan keluarga.

Baca Juga  Manfaat Mengkonsumsi Bayam Untuk Kesehatan

4. Anti-inflamasi

Kombinasi kandungan gizi vitamin C, E, karotenoid, selenium, seng, potosterol, dan omega 3 asam lemak yang terdapat di dalam buah buah alpukat dapat membantu mencegah berbagai peradagan.

Manfaat Buah alpukat Bagi Kesehatan

Buah alpukat memberi manfaat banyak bagi kesehatan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mencegah napas bau. Buah alpukat merupakan obat kumur alami yang mampu menghilangkan dekomposisi pada usus yang merupakan penyebab napas bau. Oleh sebab itu, konsumsilah buah buah alpukat untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu penampilan Anda.
  • Ekstrak minyak buah alpukat banyak digunakan untuk kecantikan. Misalnya sebagai bahan krim, pelembab, pembersih untuk mencegah penuaan. Ekstrak minyak buah alpukat juga digunakan pada sampo, kondisioner, dan tonik rambut. Namun, buah buah alpukat alami juga bisa dibuat sebagai masker apabila Anda tidak ingin menggunakan produk kimia.
  • Kandungan potasium dan folat dalam buah alpukat membantu menormalkan tekanan darah, mencegah penyakit peredaran darah, jantung dan stroke. Jadi, jangan ragu untuk menjadi sehat dengan mengonsumsi buah tersebut.
  • Buah alpukat mengandung asam oleat dan asam linoleat yang efektif menurunkan kolesterol LDL (kolesterol buruk) dan menaikkan kolesterol HDL (kolesterol baik).
  • Daging buah buah alpukat menyejukkan dan menenangkan permukaan dinding lambung dan usus yang sensitif. Kandungan nutrisi dan enzimnya membantu mengurangi borok.
  • Antioksidan dalam buah alpukat menetralisir radikal bebas sehingga membantu meningkatkan ketajaman penglihatan dan mencegah gangguan mata seperti astigmatisme, katarak, dan glaukoma.
  • Kandungan folat yang tinggi sangat bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan.
  • Potasium dalam buah alpukat mengurangi ekskresi kalsium pada urin sehingga menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.
  • Kandungan vitamin B6 membantu mengurangi mual pada ibu hamil.
  • Ekstrak minyak buah alpukat membantu menyembuhkan penyakit psoriasis.
  • Kandungan potasium mampu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh, mendukung pergerakan otot, fungsi saraf, dan metabolisme energi.
Baca Juga  Bersifat Anti Bakteri, Yuk Simak 7 Manfaat Kacang Panjang Merah untuk Kesehatan

Memilih dan Menyimpan Buah alpukat

Untuk mengetahui kematangan buah alpukat, tekan lembut buahnya. Jika terasa lunak maka buah alpukat telah matang. Jangan memasukkan buah alpukat ke dalam kulkas sebelum matang. Setelah matang, Anda dapat menyimpannya dalam kulkas hingga seminggu.

buah alpukat

Kandungan Alpukat dan Manfaatnya

Setelah diiris, segera konsumsi tidak lebih dari sehari. Daging buah alpukat yang berada di udara terbuka dapat berubah warna karena kandungan zat besinya. Anda dapat mengatasi hal ini dengan memercikkan air jeruk pada daging buah buah alpukat.

Dari paparan di atas mengenai kandungan alpukat yang memuat berbagai kebutuhan gizi, tentu buah ini menjadi salah satu makanan yang sangat layak untuk dikonsumsi.

Anda dan keluarga bisa mengonsumsi buah ini dengan berbagai cara. Misalnya saja, Anda bisa mengolahnya menjadi jus buah alpukat, es buah alpukat, atau dicampur dengan menggunakan bahan lain seperti es campur atau salad buah dan sayur. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan buah alpukat sebagai bahan membuat shushi, yakni makanan khas Jepang yang menggunakan bahan dasar ikan tuna di dalamnya.

Untuk membuat jus alpukat, sebaiknya gunakan juicer atau blender dengan sedikit tambahan air agar kandungan gizi yang terdapat di dalamnya tidak berkurang karena larut dalam air.

Selain itu, gunakan gula merah atau susu agar mengurangi jumlah gula yang terkandung di dalam gula putih. Selain gizinya tidak berkurang, rasanya pun akan lebih lezat dan nikmat bukan?

Itulah Kandungan Alpukat dan Manfaatnya bagi kesehatan, semoga kita gemar makan makanan yang bergizi ya sobat supaya badan tetap sehat dan bebas dari berbagai penyakit

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *