Contoh Makalah Proposal Bisnis

6 min read

makalah proposal bisnis

Makalah Proposal Bisnis – Anda ingin berbisnis tapi kesulitan modal? Tak masalah. Jangan urungkan niat untuk terjun berbisnis (berwiraswasta). Masih banyak jalan untuk menuju ke sana. Salah satunya adalah berbisnis dengan modal orang lain.

Agar meyakinkan, tentu kita perlu mensistematiskan ide bisnis kita. Caranya adalah dengan membuat makalah proposal bisnis untuk kita tawarkan kepada orang lain (investor).

Contoh Makalah Proposal Bisnis

Ada beberapa bagian yang perlu Anda perhatikan dalam menyusun makalah proposal bisnis. Berikut ini contoh beberapa hal yang perlu ada dalam makalah proposal bisnis Anda. Diantaranya:

  • Profil Bisnis. Dalam bagian ini, silakan Anda ceritakan ide bisnis apa yang akan Anda kerjakan. Tentunya sebuah bisnis ini, yang kalau tidak baru atau haruslah unik dan berbeda dengan ide-ide bisnis yang telah ada sebelumnya. Dalam profil ini mencakup nama bisnis atau perusahaan yang Anda akan buat. Tak lupa alasan pemilihan nama tersebut, kenapa Anda memilih nama itu?
    Visi dan SDM. Dalam bagian ini, silakan Anda ceritakan mengenai visi dan misi perusahaan Anda. Visi adalah capaian besar sebuah perusahaan yang dibuat, sedangkan misi adalah cara bagaimana capaiaan besar itu dicapai. Sedangkan SDM adalah orang-orang yang nantinya akan menjalankan perusahaan. Kalau bisa dalam menjalankan perusahaan harus satu tim, walaupun hanya dua orang saja.
  • Layanan jasa/produk barang. Sebuah perusahaan bisa menjual barang atau jasa. Di bagian inilah Anda dapat menjelaskan secara detail layanan/produk barang Anda tersebut. Tentu saja perlu disebutkan keunggulan-keunggulan produk jasa/barang Anda sehingga menarik bagi investor. Begitu juga menarik bagi pembeli atau pengguna jasa nantinya
  • Struktur organisasi perusahaan. Meliputi siapa kepala (direktur) perusahaan yang ingin dijalankan. Begitu juga staf-staf yang akan membantunya. Tentu saja dalam hal ini harus jelas siapa orangnya dan apa tugasnya masing-masing. Dengan pembagian kerja secara tegas dalam sebuah tim ini, nantinya perusahaan akan bisa bertahan dan terus berkembang seiring dengan kesolidan tim tersebut.
  • Legalitas perusahaan. Terkait dengan perijinan perusahaan. Bisa berbentuk Usaha Dagang (UD), CV atau PT sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Perijinan ini diperlukan agar kelak bisa memperlancar bisnis. Sebab perusahaan yang punya ijin jelas tentunya akan punya reputasi di mata publik (pasar) sehingga kepercayaan akan meningkat.
  • Perhitungan rugi laba. Inilah pokok paling terpenting apabila kita membuat makalah bisnis kepada investor. Disinilah Anda perlu menguraikan perhitungan rugi labanya ketika perusahaan nanti berjalan. Begitu juga mengenai berapa prosentase yang didapatkan investor dan berapa yang diperoleh orang yang menjalankan bisnis. Tentu saja pembagian ini diharapkan saling menguntungkan. Pihak pelaku bisnis dan investor sama-sama untung, sama-sama senang.
Baca Juga  Usaha Pop Ice, Modal Kecil Untung Besar

Inilah beberapa hal yang perlu ada ketika Anda akan menulis makalah bisnis untuk investor. Buat rancangan mengenai ketujuh point di atas secara detail dan meyakinkan. Dengan begitu, investor pun tak akan ragu-ragu mengucurkan dana untuk Anda menjalankan roda bisnis. Demikian saja, salam sukses untuk Anda, selamat mencoba.

Pentingnya Mengetahui Contoh Makalah Proposal Bisnis

Satu bisnis akan berhasil bila mampu memberikan penawaran barang yang bagus dengan harga yang menarik. Selain itu, cara menawarkan juga harus mampu memberikan daya tarik yang akan membuat calon konsumen mau menindaklanjuti penawaran tersebut. Contoh makalah proposal bisnis penawaran yang akan ditampilkan dalam artikel ini adalah contoh penawaran asli dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

contoh proposal bisnis

Tentunya contoh proposal penawaran tersebut telah mendapatkan izin dari perusahaan yang bersangkutan sehingga contoh proposal penawaran tersebut tidak akan mendapatkan komplain ataupun tuntutan dari pihak perusahaan yang bersangkutan.

1. Format dan Isi Surat Proposal Penawaran
Artikel ini tidak hanya menampilkan contoh proposal penawaran. Tetapi juga memberikan gambaran format dan isi dari proposal penawaran tersebut. Apa yang harus ada dalam sebuah proposal penawaran adalah sebagai berikut.

  • Nama perusahaan yang menawarkan (kop surat).
  • Nomor surat.
  • Nama perusahaan yang dituju.
  • Attention atau nama pejabat yang bertanggungjawab dibagian pembelian barang.
  • Perihal, misalnya Penawaran harga.
  • Isi: nama barang dan harga satuan atau harga satu set.
  • Keterangan yang berisikan harga berlaku hingga waktu tertentu, diskon yang diberikan, apakah harga sudah termasuk pajak atau PPN 10% atau belum.
  • Penutup: nama terang dan petugas administrasi perusahaan yang menawarkan barang.

2. Bahasa yang Dipakai
Seringkali pemakaian bahasa ini menjadi salah satu isu yang menarik dalam dunia bisnis. Bagi sebagian orang, mencampur antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia seolah tidak menjadi masalah dan memang tidak ada yang mempermasalahkannya. Kalau hanya sebagai pengantar, penggunaan bahasa campuran antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak menjadi masalah.

Baca Juga  Macam-Macam Budidaya di Lahan Sempit

Pada contoh makalah proposal bisnis penawaran berikut ini akan terlihat bahwa penggunaan bahasa campur-campur seolah telah menjadi trend tersendiri dalam dunia bisnis.

Namun, pada surat resmi proposal penawaran yang dibuat dalam kop surat resmi perusahaan, bahasa yang dipakai adalah bahasa Indonesia yang baik atau kalau akan menggunakan bahasa Inggris, juga harus dengan bahasa Inggris yang baik, baku, dan benar.

Dear Bpk. Erwin,

Berikut saya lampirkan Surat Penawaran No. B/12/SAS-PLM/CONST/00010 sesuai dengan permintaan.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam proses pembuatan penawaran ini. Semoga kami dapat segera mendapat kabar baik dari Bapak, mengenai penawaran ini. Atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini, kami ucapkan terima kasih.

Best Regards,Roni BP

Walaupun penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dicampur tersebut terkesan biasa, tetap saja tidak boleh ada kesalahan ketik atau tidak boleh ada singkatan yang tidak umum seperti dalam bahasa alay anak muda.

3. Isi
Contoh proposal penawaran berikut ini berdasarkan permintaan harga yang diajukan oleh perusahaan lain. Surat permintaan harga cukup singkat dan ringkas dan tentunya lebih lugas.

Kepada Bpk. Ello

Mohon dapat berikan penawaran sbb

  • JOURNAL SHAFT (SLUDGE INLET) PN 17 CENTRIFUGES 4 pcs
  • JOURNAL SHAFT (SOLID) SC 6000 PN 20 CENTRIFUGES 4 pcs
  • BUSH PN 8 CENTRIFUGES 4 pcs

Terimakasih atas perhatiannya.

Regards,Tony

Jawaban dari permintaan harga tersebut juga cukup dengan menjawab harga yang diminta. Kalau pun ingin menawarkan proposal penawaran harga barang-barang lainnya, sebaiknya dibuatkan satu surat penawaran harga yang baik.

Berikut ini contoh proposal penawaran yang cukup baik walaupun dengan penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dicampur. Jangan lupa untuk menggunakan kop surat asli.

Contoh:

PT. Putih All

Customer : PT. Kamar Teduh

No. Penawaran : 134/KT/2012

Tgl penawaran : 21 April 2012

Validity penawaran : 7 Mei 2012

Nama Proyek : Rumah Sejahtera

Contact person : Yth. Bp. Joko S (Purchasing manager)

Bersama ini perkenankanlah kami mengajukan penawaran harga pembangunan Rumah Sejahtera untuk wilayah Lubuk Linggau dengan perincian sebagai berikut.

Rumah Karyawan Tipe G10 dengan luas 420 meter persegi sebanyak dua unit dengan harga Rp 780.000.000 per unit dan untuk dua unit Rp. 1.560.000.000. Keterangan:

  • Harga tersebut belum termasuk PPN 10%.
  • Harga sudah termasuk biaya konstruksi dan pemasangan.
  • Harga tidak termasuk biaya Land Clearing dan Pematangan Lahan.
  • Syarat pembayaran: 30% DP setelah konfirmasi PO dan penandatangan kontrak, 50% setelah material Pre-fab diterima di lokasi, 20% sisa pelunasan setelah pekerjaan selesai 100%.
  • Jadwal pekerjaan. Setelah desain disetujui dan downpayment 30%. Waktu pelaksanaan konstruksi selama 4-6 bulan, disesuaikan dengan volume bangunan yang dipesan

Demikian penawaran ini dapat kami sampaikan dengan harapan segera mendapatkan kabar baik dari Bapak. Apabila masih ada yang kurang dipahami dari penawaran ini, jangan segan untuk menghubungi kami. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Hamalli

General Manager

Cc: Yth. Bp. M. Hatta, General Manager PT. Kamar Teduh

Yth. Bp. Siloam, Direktur PT. Putih All

PT. Putih All Jend. Sudirman Palembang Telp. 0711 – 8777777

Contoh proposal penawaran di atas bisa membantu melancarkan bisnis Anda. Karena, hubungan bisnis yang baik itu tidak hanya sebatas bisnis yang berhubungan dengan uang, uang, dan uang. Upaya untuk menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen dan calon konsumen perlu dilakukan.

Baca Juga  Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Yuk Intip 7 Bisnis Anak Muda yang Menjanjikan

Setelah surat proposal penawaran dikirimkan, satu hal yang harus dilakukan adalah menindaklanjuti surat proposal penawaran tersebut. Jangan diam saja dan menunggu surat tersebut bekerja dengan sendirinya. Lakukan konfirmasi dengan orang yang dikirimi surat.

Teleponlah orang tersebut dan beritahukanlah kalau surat penawaran harga telah dikirim dan mohon memberikan konfirmasi kalau surat tersebut telah diterima. Setelah surat diterima, beberapa hari selanjutnya, tanyakanlah bagaimana dengan penawaran harga yang telah diajukan tersebut. Semoga contoh makalah proposal bisnis penawaran di atas, dapat membantu Anda.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *