Pilihan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung

2 min read

makanan bagi penderita asam lambung

Menentukan makanan bagi penderita asam lambung cukup merepotkan. Hal ini dikarenakan bila ada kesalahan dalam pemilihan maka produksi asam lambung akan naik sehingga menimbulkan berbagai keluhan. Keluhan akibat penyakit asam lambung ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Contoh makanan yang bisa merangsang peningkatan asam lambung adalah cokelat, makanan yang pedas, memiliki kandungan lemak tinggi, buah-buahan yang berasa asam, bawang merah dan putih, dan lain-lain. Yuk kita gali informasi ini untuk menentukan pilihan makanan yang baik bagi penderita penyakit asam lambung.

7 Pilihan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung Naik

Di bawah ini adalah berbagai jenis makanan yang sesuai untuk dimakan oleh para penderita asam lambung, untuk pencegahan, dan mengurangi gejala akibat asam lambung naik. Jenis makanan tersebut antara lain:

1. Jahe
Rempah yang satu ini terkena dengan manfaatnya dalam menghangatkan tubuh. Tidak hanya itu, rempah ini juga ternyata mampu mengurangi risiko terjadiny asam lambung naik. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh kandungan anti radang yang dimilikinya sehingga akan mengurangi peradangan pada lambung dan kerongkongan. Bila ini terjadi maka salah satu gejala asam lambung naik yaitu perasaan panas di dada (heartburn) tidak akan dirasakan.

2. Oatmeal
Penderita penyakit asam lambung membutuhkan makanan yang mengandung banyak serat untuk meredakan gejala penyakit asam lambung. Mengapa? Hal ini lantaran serat yang terkandung di dalamnya akan mampu menyerap asam lambung sehingga akan mengurangi gejala refluks asam lambung. Selain itu, oatmeal yang dimakan akan membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga baik untuk menetralkan derajat keasaman cairan lambung.

3. Sayuran Hijau


Sayuran hijau, misalnya kembang kol, selada, timun, brokoli, dan buncis mempunyai kandungan yang diyakini bisa menurunkan asam lambung yang naik. Kandungan serat nya yang tinggi akan membantu menetralkan keasaman cairan lambung. Selain itu, sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan pencernaan yaitu membantu melancarkan BAB dan pembuangan racun dari sistem pencernaan.

Baca Juga  Segudang Manfaat Sawi Putih Bagi Kesehatan

4. Daging Tanpa Lemak
Tidak disarankan untuk konsumsi makanan yang mengandung lemak dan minyak yang tinggi bagi penderita asam lambung. Hal ini akan memicu lambung untuk memproduksi banyak cairan lambung sehingga pH nya menjadi lebih asam. Bila Anda ingin menyantap daging maka pilihlah daging yang mengandung sedikit lemak dan tanpa kulit. Olahlah daging ini dengan cara dipanggang, dibakar atau direbus. Hindari mengolah dengan cara menggoreng yang membutuhkan banyak minyak.

5. Lidah Buaya

Khasiat Lidah Buaya
Lidah buaya telah terkenal sebagai tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat di bidang kesehatan. Lidah buaya dapat berperan sebagai penyembuh alami pada penyakit asam lambung. Ekstrak tanaman ini akan membantu mengurangi pH cairan lambung yang sangat asam. Pengurangan pH ini akan lebih baik untuk permukaan lambung dan kerongkongan bagian bawah.

6. Pisang
Pisang memiliki pH sekitar 5,6. Besaran pH ini akan membantu pH cairan lambung menjadi lebih basa dan cocok untuk lambung penderita asam lambung. Selain itu, kandungan seratnya juga akan membantu menetralkan derajat keasaman lambung. Buah-buahan lain juga cukup cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, misalnya apel, pir, ataupun melon.

7. Roti
Roti yang dianjurkan untuk penderita asam lambung adalah roti yang berbahan dasar gandum atau terkadung biji-bijian di dalamnya. Roti seperti ini akan banyak mengandung serat yang baik untuk lambung. Selain itu, roti ini juga akan mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan.

Selain berupaya konsumsi makanan untuk penderita asam lambung yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu menjauhi kebiasaan yang bisa merangsang peningkatan produksi asam lambung, misalnya merokok, minum minuman beralkohol, dan segera tidur setelah makan.

Baca Juga  Anda Sering Sakit Perut Kanan Bawah? Itu Pertanda

Jangan biarkan asam lambung yang naik memberikan dampak negative terhadap kenyamanan dalam melakukan aktivitas harian. Silahkan konsumsi berbagai pilihan makanan untuk penderita asam lambung di atas, sehingga Anda dapat mendapatkan khasiatnya.

Penulis: drzuhdy.com

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *