Aneka Manfaat Buah Apel Yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Buah Apel

Dokter dan para ahli gizi telah lama mengakui manfaat buah apel untuk kesehatan. Mereka juga telah merekomendasikan kepada masyarakat umum untuk secara rutin mengonsumsi buah tersebut. Apel sangat rendah lemak jenuh dan nol kolesterol. Apel juga rendah sodium. Hal ini membuat buah apel menjadi buah yang sangat sehat untuk kita makan.

Apel adalah buah pomaceous milik spesies Malus domestica dan keluarga Rosaceae. Ini adalah salah satu pohon buah yang paling sangat dibudidayakan, dihargai untuk hasil yang tinggi dan kehidupan penyimpanan yang panjang. Apel datang dalam varietas yang berbeda dan sangat populer untuk manis, asam, renyah halus, dan rasa renyah. Menjadi sangat bergizi, murah dan rendah kalori, apel dinikmati oleh orang di seluruh dunia. Dengan Cina menjadi produsen utama apel, hampir 55 juta ton apel yang diproduksi di dunia setiap tahun.

Kandungan Nutrisi Buah Apel

Mari kita lihat kandungan nutrisi dalam buah apel, sebagai berikut.

  • Kalori 117 kal
  • Protein 0.1g
  • Sodium 7 mg
  • Vitamin C 172%
  • Karbohidrat 29.0g
  • Kalsium 2%
  • Dietary Fiber 0.2g
  • Gula 27.0g

Apel adalah buah rendah kalori yang memiliki kandungan air yang tinggi. Bagian yang dapat dimakan dari apel mengandung hampir 80 sampai 90 persen air. Hal ini dikemas dengan vitamin seperti vitamin C, vitamin A, Beta-karoten dan mineral seperti zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium. Apple juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Dianjurkan untuk makan apel dengan kulitnya karena sebagian besar kadar vitamin C adalah di bawah kulitnya. Sel aroma Apple juga hadir dalam kulitnya yang, saat masak, menghasilkan aroma dan rasa yang lebih. Tabel berikut ini berisi berbagai jenis apel dan kandungan gizi mereka.

Jenis ApelKarbohidratLemakProteinKalori Berat
Fresh Apple13,9 gram0,2 gram0,3 gram53 kalori 100 gram
Red Delicious22 gramdiabaikandiabaikan80 kalori 154 gram
Golden Delicious21 gram0,5 gram0,3 gram80 kalori 154 gram
Granny Smith22 gramdiabaikandiabaikan80 kalori 154 gram
Jonathan Apple22 gramdiabaikandiabaikan80 kalori 154 gram
Custard apple25,2 gram0,6 gram1,7 gram101 gram 100 gram
Baca Juga  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Melon

Buah apel mempunyai banyak manfaat untuk Kesehatan, diantaranya adalah:

Apel Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Apel mengandung polyphenol yang baik untuk jantung, seperti polyfenol dan flavonoid. Polyphenol adalah antioksidan yang hebat. Kandungan tersebut bemanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung.

Apel Untuk Mencegah Asma

Buah apel mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah serangan asma. Flavonoid juga bisa memperkuat paru-paru dan fungsi paru-paru. Dikatakan pada sebuah penelitian bahwa anak-anak yang makan apel secara teratur memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi apel.

Apel Untuk Membersihkan Hati

Mineral, vitamin, dan alkalinitas dalam apel bertindak sebagai pembersih yang baik untuk hati, dan ini merupakan manfaat buah apel yang cukup besar. Konsumsi apel membantu membersihkan hati dari zat berbahaya dan menjaga tingkat PH tubuh. Kulit apel mengandung pektin, yang membantu membersihkan zat beracun dari sistem pencernaan.

Apel Untuk Mengurangi Kolesterol

Alasan utama dibalik banyak penyakit jantung adalah tingginya kolesterol dalam tubuh. Sedangkan buah apel nol kelaterol. Ganti makanan lain yang mengandung kolesterol dengan mengonsumsi apel setiap hari, maka akan mengurangi kemungkinan menumpuknya kolesterol dalam tubuh.

Apel Untuk Membantu Imunitas

Kandungan vitamin C dosis tinggi dalam apel memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan membantu tubuh melawan virus dan bakteri berbahaya. Vitamin C juga membantu produksi kolagen, yang merupakan suplemen anti penuaan.

Apel Untuk Memperkuat Tulang

Memperkuat tulang juga merupakan salah satu manfaat buah apel. Karena apel mengandung phloridzin dan vitamin C yang berfungsi melawan osteoporosis. Apel juga baik untuk struktur tulang dan kepadatan tulang karena mampu membantu penyerapan zat besi.

Apel Untuk Mencegah Kanker

Apel memiliki senyawa anti kanker seperti flavonoid dan asam fenolat yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama kanker paru-paru pada wanita.

Baca Juga  1001 Manfaat Pisang Yang Jarang Orang Tahu

Nah, setelah melihat semua manfaat buah apel, masih malaskah Anda untuk mengonsumsinya tiap hari? Buah apel cukup enak, dan Anda bisa membuatnya menjadi jus yang segar. Jadi, tunggu apalagi?

Manfaat Buah Apel yang Menyegarkan

Apel, siapa yang tak kenal dengan buah ini? Bentuknya cenderung bulat, berwarna hijau hingga merah, dan rasanya begitu manis dan segar. Anda pasti menyukai buah yang satu ini, tapi tahukah Anda tentang manfaat buah apel?

Kandungan Buah Apel

  • Buah Apel mengandung beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya vitamin A, B komplek dan juga vitamin C.
  • Apel mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.
  • Kandungan Apel juga terdiri dari berbagai mineral. Misalnya, fosfor, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, dan seng.
  • Zat lain yang ada pada buah apel adalah zat fitokimia, flavoid, tanin, asam D-glucaric, quercetin, maupun asam tartar.
  • Buah Apel kaya akan serat yang walau tidak mengandung gizi tapi sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: Sejuta Manfaat Buah Markisa

Manfaat Buah Apel

Manfaat Buah Apel bagi kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah apel yang bagus untuk tubuh :

Konsumsi rutin apel tidak hanya mengurangi efek buruk kolesterol dalam tubuh, tetapi juga membantu dalam menurunkan berat badan. Pembangun tubuh Oleh karena itu, atlet, dan mereka yang diet penurunan berat badan dianjurkan untuk makan setidaknya satu apel sehari-hari.

Setelah mengetahui kalori per porsi apel dan fakta gizi tentang apel, saya yakin Anda tidak akan lupa untuk menambahkan apel dalam diet harian Anda. Kalori hadir dalam apel mempromosikan semangat keseluruhan dan vitalitas dalam tubuh kita, yang diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari..

  • Buah apel yang kaya akan vitamin sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Misal, vitamin A sangat bagus untuk menjaga kualitas mata dan kulit tubuh. Sehingga mata tidak mudah terkena gangguan, dan kulit tidak cepat keriput.
  • Vitamin C pada apel sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat dan tidak mudah terkena serangan penyakit. Vitamin C ini juga berguna untuk menjaga kesehatan gusi dan mulut.
  • Apel kaya akan zat antioksidan yang mampu melawan serangkaian radikal bebas yang membahayakan bagi tubuh. Karena itu, bila kita mengkonsumsi apel, resiko kita terkena penyakit kanker.
  • Dapat menurunkan kolesterol, hal ini disebabkan apel memiliki kandungan fitokimia dan D-glucaric yang berfungsi untuk menekan produksi kolesterol jahat dan meningkatkan produksi kolesterol yang baik bagi tubuh.
  • Manfaat buah apel yang lain adalah memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah.
  • Serat yang banyak terkandung dalam buah apel juga dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh sehingga terhindar dari sembelit.
Baca Juga  Manfaat Vitamin C Untuk Tubuh

Mengkonsumsi buah apel akan melindungi saluran pencernaan kita, karena apel memiliki zat yang dapat membunuh dan menghilangkanbakteri jahat yang ada pada pencernaan. Serat apel dipercaya oleh beberapa ahli untuk mengatasi penyakit jantung dan sangat baik untuk menjaga berat badan. Itulah kenapa banyak sekali anjuran untuk memakan buah ini bagi orang-orang yang sedang diet, karena manfaat buah apel yang bisa membantu melangsingkan tubuh.

Buah apel tidak hanya dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dari dalam, tapi apel juga bisa dimanfaatkan untuk bahan masker yang berguna bagi kecantikan wajah. Apel akan meremajakan kulit, memberi nutrisi dan menjaga kelembaban kulit wajah.Itulah beberapa manfaat buah apel yang perlu Anda ketahui. Baik bagi kesehatan maupun kecantikan, buah apel yang berukuran kecil itu memiliki banyak kegunaan. Apel mudah didapat, baik dimakan secara mentah, rasanya enak dan banyak manfaat. Tunggu apa lagi? Makan buah apel sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *