Manfaat Buah Mangga Buat Kesehatan

4 min read

Manfaat Buah Mangga

Banyak manfaat buah mangga yang sangat berguna bagi peningkatan kualitas kesehatan tubuh manusia. Walaupun selama ini banyak orang yang mengkonsumsi buah ini, hanya karena rasanya yang lezat dan menyegarkan. Namun sebenarnya, bukan hanya rasa yang lezat serta menyegarkan saja yang dijanjikan oleh buah mangga.

Sejarah Mangga
Mangifera indica, yang berarti ‘tanaman bantalan mangga dari India’ adalah berbagai buah tua yang sejarahnya kembali ke sekitar 4000 SM. Mangga liar dikatakan berasal di kaki Himalaya di India dan Burma. Mangga besar diusahakan sedini 2000 SM.

Secara bertahap, mangga liar berkembang menjadi buah, lezat eksotis kaya rasa yang dinikmati hingga hari ini. Isinya bertekstur berserat dengan daging sangat padat, lumayan bagi mereka yang ingin menambah berat badan.

Kandungan dan Khasiat Buah Mangga

Dibalik warna kuningnya yang menarik, buah mangga merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi manusia. Hal ini jika dikaitkan dengan masalah kesehatan, khususnya jika dilihat dari sudut pandang kebutuhan akan vitamin manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, buah yang memiliki nama ilmiah Mangos ini, kerap dihidangkan sebagai makanan pencuci mulut. Jenis buah ini bermacam-macam, seperti Manalagi, Harum Manis, Golek dan masih banyak lagi. Namun yang paling banyak disukai adalah jenis Harum Manis yang terkenal manis dan berbau harum meskipun belum terlalu matang.

Manfaat Buah Mangga
Selain rasanya yang enak, manfaat buah mangga untuk kesehatan sangat banyak. Bahkan memiliki peran yang sangat penting, khususnya dalam meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Beberapa manfaat buah mangga adalah :

Membantu pembentukan vitamin C pada tubuh manusia. Sebab, vitamin ini tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga memerlukan bantuan dari asupan makanan. Salah satu jenis buah yang banyak mengandung vitamin C adalah mangga.

Baca Juga  Manfaat Gandum untuk Kesehatan Tubuh Kita

Bagi ibu hamil, mangga sangat cocok untuk membantu meningkatkan zat besi dan mengatasi anemia.

Di bidang kesehatan, mangga bisa dimanfaatkan sebagai masker muka untuk membersihkan wajah dan membuka pori-pori yang tertutup.

Mangga merupakan salah satu buah yang paling baik dalam menjaga kualitas pencernaan manusia sehingga membantu kelancaran buang air. Hal ini karena mangga mengandung enzim yang bisa membantu mencerna protein.

Kalium yang terdapat dalam buah mangga sangat baik untuk mengurangi tekanan darah. Dan serat yang ada pada daging buah mangga sangat baik untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Mangga juga disebutkan memiliki fungsi untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

Asam glutamin yakni protein penting untuk konsentrasi dan memori, banyak terdapat dalam buah mangga. Ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi berpikir.

Baca juga: Sejuta kandungan buat belimbing bagi tubuh

Nilai Nutrisi dan gizi dalam Buah Mangga

Manfaat Buah ManggaMangga tinggi serat, sehingga membuat mereka sangat baik untuk jantung. Seratnya yang tinggi juga membantu mengurangi sembelit. Mereka memiliki pektin tinggi dan kadar vitamin C yang mengurangi kadar kolesterol darah dan berfungsi sebagai pendorong kekebalan. Buah ini kaya akan anti-oksidan,, mineral vitamin dan mengandung enzim yang memiliki sifat menenangkan perut. Enzim ini berperan sebagai alat bantu pencernaan dan protein pencernaan

Nilai gizi mangga menunjukkan bahwa buah tersebut adalah sumber mineral yang sangat baik dari tembaga dan kalium (156 mg). Mangga juga mengandung jejak magnesium, mangan, selenium, kalsium, besi dan fosfor. Ini tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Mereka hanya memiliki sekitar 0,6 g lemak total konten. 100 gram mangga segar mengandung sekitar 17 g karbohidrat, 0,5 g protein dan energi sekitar 70 Kcal.

Baca Juga  Terong, Sebagai Makanan dan Minuman yang Kaya Vitamin

Mangga kaya akan vitamin seperti vitamin C dan vitamin A. Vitamin C tingkat di mangga mentah lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam mangga matang. Mangga juga mengandung jejak vitamin E, vitamin B, dan vitamin K. Ada sekitar 75 kalori dalam mangga (100 g mangga).

Pati hadir dalam mangga mentah diubah menjadi gula sebagai mangga matang. Gula ini bila dikonsumsi dengan susu (kaya protein), yaitu, milkshake mangga, besar bagi mereka yang membutuhkan untuk menambah berat badan. Mangga kaya akan beta-karoten (445 mg) dan alpha-karoten (17 mg).

Mengenal Manfaat Buah Mangga
Mangga adalah buah yang tidak asing lagi untuk orang Indonesia. Buah asal India ini tidak hanya disukai waktu sudah matang, waktu masih mudapun buah ini juga digemari penikmat rujak atau wanita hamil yang sedang ngidam. Tidak hanya nikmat dikonsumsi, ternyata manfaat buah mangga juga sangat beragam.

Buah mangga bernama latin Mangifera Indica dan banyak tumbuh di negara tropis. Buah ini berkembang subur di dataran rendah sampai maksimal ketinggaan setengah kilometer di atas permukaan laut. Dibanding buah lainnya, varietas atau jenis buah mangga adalah yang paling banyak di dunia (mencapai 2 ribu varietas). Manfaat buah mangga baik untuk mencegah kanker dan menstabilkan kadar kolesterol.

Cegah Kanker Dengan Buah Mangga

Mencegah memang lebih baik dari mengobati. Karena itu, sebelum terkena penyakit kanker di hari tua, tidak ada salahnya kita banyak mengonsumsi buah mangga sejak dini. Buah ini bagus untuk kanker karena mengandung karotenoid atau beta-crytoxanthyne, yang aktif membunuh bibit-bibit kanker. Mangga juga sangat tinggi kadar vitamin C dan E-nya, sehingga sangat baik untuk imunitas dan kekebalan tubuh.Satu biji buah mangga memiliki sekitar 7 gram serat dan sangat baik untuk pencernaan.

Baca Juga  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Melon

Serat ini juga mudah larut dalam air, sehingga bisa menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Mangga juga kaya dengan riboflavin, yang bagus untuk mencegah penyakit mata, dan tenggorokan. Yang susah buang air kecil ataupun buang air besar, mangga juga sangat baik dikonsumsi karena bisa meluruhkan urine dan melancarkan pencernaan.

Kayaknya menarik: Manfaat Apel yang Jarang Diketahui Orang

Obat Bagi Radang Kulit

Manfaat buah mangga lainnya adalah untuk mengatasi radang kulit. Kalau sedang makan mangga, kulitnya jangan dibuang. Karena justru kulit mangga inilah yang bisa membantu penyembuhan radang kulit. Cara mengolahnya sangat mudah. Cukup rebus sekitar 1 ons kulit buah mangga (kira-kira berasal dari 2 atau 3 buah mangga), sampai mendidih. Kalau sudah, dinginkan sampai agak hangat.

Gunakan air ini untuk membasuh bagian kulit yang terkena radang. Rebusan kulit mangga ini juga bagus untuk mengobati penyakit jamur pada kulit.Yang sering merasa mual di perjalanan, manfaatkan juga buah ini untuk meredakan sakit Anda. Caranya, buat jus yang terdiri dari mangga, satu sendok makan jeruk manis, madu (takaran sesuai selera), dan segelas air hangat. Sebaiknya jangan memblendernya dengan es. Tempatkan dalam botol minum dan bawa kemana saja Anda bepergian. Praktis, mudah, dan menyehatkan bukan?

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *