Segudang Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

5 min read

Manfaat Buah Pir

Manfaat Buah Pir belum banyak dikenal oleh masyarakat, khususnya masyarakat dari kalangan ekonomi bawah. Hal ini karena buah pir masih dianggap buah bagi kalangan orang kaya saja. sebab, harga buah yang mirip apel ini memang sedikit lebih mahal di banding rata-rata harga buah lainnya.

Konsumsi Buah Pir

Tidak semua orang pernah merasakan segarnya buah yang kaya akan air ini. Dengan demikian, manfaat buah pir pun menjadi kurang begitu akrab ditengah masyarakat. Padahal, buah ini memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan masyarakat.

Apalagi pada saat ini, kualitas lingkungan yang kurang baik menjadikan tubuh manusia rentan terserang penyakit. Dengan mengkonsumsi buah pir, merupakan salah satu usaha untuk bisa menjaga tubuh dari gangguan penyakit yang bisa menyerang.

Khasiat Buah Pir Untuk Tubuh

Dengan mengkonsumsi buah pir, termasuk salah satu upaya manusia secara alamiah untuk memperbaiki kesehatan diri. Sebab, buah tidak memiliki efek samping sebagaimana jika kita banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia buatan pabrik. Selain berbahaya bagi liver, mengkonsumsi obat dari bahan kimia juga berpotensi menyebabkan ketergantungan.

Manfaat Buah Pir

Buah pir yang berdaging putih bersih ini, mengandung kadar air yang tinggi. Untuk mengkonsumsinya pun cukup mudah, karena kulitnya yang kuning pun bisa kita makan. Kita tidak perlu repot mengupas terlebih dahulu untuk menikmati buah pir ini. Dengan mengkonsumsi buah pir, kita akan mendapatkan banyak manfaat. Beberapa manfaat buah pir tersebut adalah :

  • Sebagai penurun demam dan mengurangi panas tubuh saat demam. Hal ini karena buah pir mengandung banyak air pada dagingnya, sehingga sangat efektif untuk menambah cairan dalam tubuh dan menurunkan panas serta demam.
  • Buah pir memiliki kandungan anti oksidan yang sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Kandungan vitamin C sangat tinggi, sehingga hal ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Khususnya dalam menghadapi kondisi cuaca yang kurang bersahabat.
  • Mengandung provitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata.
  • Bagi penderita batuk, buah pir bisa dimanfaatkan untuk mengencerkan serta menghilangkan dahak.
Baca Juga  Cara Membuat Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan

Anda ingin makan buah segar? Cobalah makan buah pir. Buah yang mirip apel ini benar-benar menyegarkan bila dimakan. Tapi, Manfaat Buah Pir tidak hanya sebatas itu, banyak sekali kandungan gizi dalam buah ini yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Jenis-Jenis Buah Pir

  • Pir Asia adalah salah satu dari banyak jenis buah ini dan juga dikenal sebagai pir Nashi, pir Jepang, apel pir, dll, dan memiliki kemiripan yang sama persis dengan buah apel. Buahnya sangat manis dan memiliki aroma yang kuat, dan lebih cepat matang bahwa varietas lainnya dalam keluarga ini. Pir Asia juga dikenal sangat bergizi dan 1 butir sedang buah pir, yaitu sekitar 122 g berat memiliki nutrisi berikut. Lemak total 2%, karbohidrat total 4%, 6 g adalah serat makanan dan 8,6 g gula, dan protein total sekitar 0,6 g.
  • Pir Bartlett kecil gemuk pir berwarna hijau yang sedikit asam dalam rasa. Namun mereka membutuhkan waktu untuk mematangkan dan berubah kuning ketika siap untuk dimakan. Sangat lembut saat matang dan dapat menjadi lembek, itulah sebabnya perlu ditangani dengan perawatan ekstra. Dengan sebutir dan berat 148 g, , tidak ada lemak diamati di dalamnya. Hitungan nutrisi untuk pir ini adalah; 1 mg sodium, 23 g karbohidrat total dengan 5 g serat makanan dan gula 15 g, dan 1 g protein. Ini terdiri dari 10% vitamin C, kalsium 1%, besi dan vitamin A.
  • Red Pir pir yang berair banyak dan lezat juga dikenal sebagai Red Bartlett pir. Warna buah kecoklatan merah dan memiliki aroma yang sangat manis ketika matang. Karena setiap varietas lain pir, yang satu ini juga sangat mudah bonyok, sehingga Anda perlu berhati-hati saat pengangkutan itu. Sebutir pir sedang dengan berat 166 g bebas lemak dan memiliki 25 g karbohidrat, 1 g protein, 10% vitamin C, kalsium dan zat besi 2%, dan tidak ada vitamin A.
  • Bosc pir adalah buah pir berukuran besar yang tidak lembek sebanyak varietas lainnya. Ini salah satu buah yang memiliki kuning gelap, atau warna coklat matang. Data gizi sebutir dengan berat 166 g, tanpa lemak, 25 g karbohidrat, 1 g protein, vitamin A 0%, 10% vitamin C dan 2% zat besi dan kalsium. Fakta-fakta gizi yang sama dengan pir merah dengan beberapa perbedaan dalam komposisi zat gizi lainnya.
Baca Juga  Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Kita

Baca juga: Ternyata Markisa Banyak Juga Manfaatnya

Kandungan Gizi Buah Pir

Manfaat Buah Pir

Buah pir adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin, misalnya vitamin A, B, C dan juga vitamin E. Buah ini juga mengandung beberapa mineral penting, seperti kalsium, kalium atau fosfor.

Beberapa zat kimia juga terdapat pada buah ini, salah satu zat kimia yang paling penting adalah asam klorogenat yang sangat membantu menunjang kesehatan tubuh Anda.

Varietas yang ditemukan dalam pir dinilai dari kulit yang biasanya memiliki perbedaan warna seperti hijau, merah, coklat, kuning dan kombinasi dari dua warna. Pir merupakan sumber sangat kaya vitamin C, vitamin K, serat makanan dan tembaga. Ada banyak nutrisi lain yang hadir di pohon-pohon pir tergantung pada varietas dan jenisnya. Nutrisi ini adalah serat larut dan tidak larut, karbohidrat, sodium, gula, vitamin, asam lemak, kalori dalam buah pir, mineral, asam amino, dll

Karbohidrat 15,46 g
Protein 0,38 g
Gula 9,80 g
Diet serat 3,1 g
Thiamin (Vitamin B1) 0,012 mg
Riboflavin (Vitamin B2) 0,025 mg
Niacin (vitamin B3) 0,157 mg
Asam pantotenat (vitamin B5) 0,048 mg
Vitamin B6 0,028 mg
Folat (Vitamin B9) 7 mg
Vitamin C 4,2 mg
Besi 0,17 mg
Kalsium 9 mg
Magnesium 7 mg
Kalium 119 mg
Fosfor 11 mg
Zinc 0.10 mg

Manfaat Lainnya Buah Pir

Vitamin dalam buah pir sangat baik untuk menjaga kesehatan. Vitamin A-nya berfungsi untuk merawat kesehatan mata dan kulit Anda. Vitamin B-nya untuk membantu metabolisme yang terjadi di dalam tubuh, vitamin C untuk menjaga daya tahan sehingga tubuh tidak gampang terkena penyakit, dan vitamin E-nya sangat baik untuk kesehatan kulit.

Vitamin C dalam buah pir juga berfungsi sebagai antioksidan alami, selain untuk memperbaiki sel jaringan tubuh, vitamin C mampu melawan radikal bebas yang membahayakan tubuh Anda.

Baca Juga  Proses Katabolisme Karbohidrat dalam Tubuh

Vitamin C yang tinggi pada buah pir bisa mendorong sel-sel darah putih untuk melawan bakteri dan virus yang masuk dalam tubuh.

Sifat buah pir yang dingin karena banyaknya air yang terkandung dalam buah tersebut, bisa menurunkan panas tubuh (demam), ini adalah salah satu manfaat buah pir yang menguntungkan.

Zat kimia dalam buah pir mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh (khususnya di dalam usus), sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit akibat bakteri merugikan.

Manfaat buah pir yang lain terletak pada kandungan asam klorogenat, yaitu zat yang memiliki fungsi antioksidan, berguna untuk mengurangi resiko Anda terkena penyakit kanker. Asam ini sangat banyak ditemukan di bagian kulit buah pir, karena itu sangat dianjurkan untuk makan buah pir bersama-sama dengan kulitnya (tanpa dikupas).

Buah pir memiliki zat glutathione, zat ini sangat dibutuhkan oleh organ hati dalam proses metabolisme, khususnya untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Memakan buah pir secara rutin, sama saja dengan membantu organ hati Anda untuk bekerja lebih baik dan terhindar dari gangguan penyakit hati.

Serat pangan yang cukup tinggi pada buah pir sangat baik untuk melancarkan pencernaan Anda, sehingga Anda akan terbebas dari keluhan sembelit atau wasir, bahkan terhindar dari kanker kolon yang berbahaya.

Buah ini juga baik dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan diet.Itulah beberapa manfaat buah pir yang harus Anda ketahui. Jangan lupa untuk tidak mengupas kulit buah pir bila ingin memakannya, karena di kulit inilah zat-zat berguna itu banyak terkumpul.

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *