1001 Manfaat Pisang Yang Jarang Orang Tahu

5 min read

manfaat pisang

Manfaat Pisang ternyata sangat luar biasa. Padahal, dulu pisang tidak mendapat perhatian yang serius. Apakah itu karena monyet pun mengonsumsi pisang? Entahlah. Yang jelas, pisang memang buah yang bercita rasa enak dan mengenyangkan kalau dimakan. Jika kita merasa lapar sementara jam makan belum tiba, makan pisang adalah salah satu trik jitu untuk mengganjal perut. Pisang akan membuat kita menunda rasa lapar dan bisa menunggu waktu makan dengan sabar.

Pisang adalah buah herbal yang berasal dari wilyah Asia Tenggara. Jenisnya pun ada bermacam-macam. Ada yang dapat dimakan langsung begitu cukup matang. Misalnya saja pisang ambon atau raja sereh.

Ada juga tipe pisang yang lebih enak dikonsumsi jika sudah digoreng atau dikolak terlebih dahulu. Pisang raja adalah contohnya. Saat bulan ramadhan, kolak pisang adalah salah satu menu buka puasa yang paling banyak peminatnya. Semakin lama, manusia kian menyadari bahwa manfaat pisang ternyata sangat besar.

Manfaat Buah Pisang

Manfaat pisang tak hanya buahnya saja. Batang pisang adalah sebagai bahan baku untuk kertas atau serat pakaian. Masih ingat dengan nama Nelwan Anwar? Dia adalah perancang top Indonesia yang menjelang akhir hidupnya sangat getol merancang pakaian dari berbagai tumbuhan. Salah satunya adalah batang pisang. Berkat bakat dan keterampilan Nelwan Anwar, pakaian berbahan baku batang pisang pun bisa tampil cantik dan memikat.

Manfaat pisang lainnya adalah sebagai makanan bagi hewan ternak. Yang digunakan masih batang pisang. Akan tetapi, kali ini dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan daun pisang. Domba dan kambing biasa mengonsumsi ini ketika pasokan rumput berkurang. Daun pisang masih digunakan sebagai pembungkus bahan makanan.

Masyarakat Indonesia masih sangat sering menggunakan pembungkus berbahan dasar daun pisang. Sebenarnya ini merupakan pilihan yang sangat cerdas. Daun pisang bisa menekan angka polusi yang disebabkan pengggunaan pembungkus berbahan dasar plastik yang tidak bisa hancur hingga ratusan tahun.

Baca Juga  Manfaat Vitamin C Untuk Tubuh

Cuka pun dapat dibuat melalui kulit pisang. Tentunya, setelah melalui serangkaian proses fermentasi yang bertahap. Sangat luar biasa manfaat pisang, kan? Pohon yang mudah sekali tumbuh ini ternyata bisa memberi manfaat yang tidak terhingga. Setiap bagian dari pisang bisa dimanfaat dengan sebaik-baiknya. Manusia bisa mengolahnya dengan berbekal kecerdasan dan ilmu pengetahuan yang terus maju dan berkembang.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan
Menurut para ahli gizi, pisang mengandung banyak sekali bahan-bahan yang diperlukan oleh tubuh manusia. Antara lain kalsium, lemak, kalium mineral, vitamin, karbohidrat, serta protein. Semuanya menyadarkan manusia bahwa ternyata manfaat pisang sangat kompleks dan luar biasa. Ketika seorang perempuan hamil, sebaiknya banyak makan pisang.

manfaat pisang untuk ibu hamil

Apa sebenarnya manfaat pisang bagi ibu hamil? Pisang mengandung asam folat yang dibutuhkan janin untuk tumbuh kembangnya di dalam perut sang ibu. Satu butir pisang mengandung 800 hingga 1.000 kalori. Itulah sebabnya seorang ibu hamil harus hati-hati juga saat menyantap pisang. Jangan sampai jumlahnya terlalu berlebihan. Karena kandungan kalori pisang yang tinggi akan membawa akibat tersendiri jika kita memaksa makan dalam jumlah banyak.

Dalam satu butir pisang, terkandung kira-kira 500 mg kalium. Dengan kandungan kalium sebesar ini, pisang akan membantu menurunkan tekanan darah sekaligus menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh orang yang mengonsumsinya. Biasanya, penderita hipertensi diharuskan untuk melakukan diet makanan dan harus mengonsumsi makanan rendah garam.

Nah, pisang menjawab kebutuhan para penderita hipertensi. Tahukah Anda kalau kita memenuhi kebutuhan kalium harian sebesar 1600 mg, tekanan darah akan berkurang. Dilain pihak, kekurangan kaliaun juga akan menimbulkan efek tersendiri. Mual, denyut jantung tidak teratur, cepat marah, atau diare adalah akibatnya.

Jika kita mempunyai masalah dengan asam lambung, mangonsumsi pisang adalah alternatif pengobatan yang cerdas, murah, namun sangat bermanfaat. Pisang yang dicampur dengan susu cair ternyata sangat bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Susu yang diblender dengan pisang rasanya lezat, loh!

Baca Juga  Terong, Sebagai Makanan dan Minuman yang Kaya Vitamin

Jadi, kita bisa mendapat minuman lezat sekaligus obat yang mujarab. Biasanya, obat pasti akan terasa pahit. Namun kali ini, situasinya berbeda. Manfaat pisang untuk asam lambung sudah teruji dan sudah melewati berbagai penelitian.

Jika kebetulan kita menderita anemia, pisang pun dapat dikonsumsi untuk mengatasi penyakit ini. Pisang terbukti mampu merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi hemoglobin. Jika hemoglobin meningkat, maka masalah anemia pun akan teratasi. Manfaat pisang ini tidak bisa diabaikan begitu saja, bukan? Karena anemia belakangan ini melanda banyak orang.

Pisang juga berguna untuk meningkatkan konsentrasi. Mengapa bisa demikian? Pisang adalah buah yang mengandung kalsium yang tinggi. Nah, mengonsumsinya akan membuat konsentrasi kita meningkat sekaligus meningkatkan kewaspadaan. Konon, manfaat pisang yang satu ini sangat berguna pada anak sekolah. Kemampuan belajar mereka akan meningkat seiring dengan meningkatnya konsentrasi pada anak.

Banyak yang berpendapat kalau pisang akan mengakibatkan sembelit. Ternyata, tidak demikian. Salah satu manfaat pisang justru untuk mencegah sembelit. Pisang mengandung serat yang tinggi dan berguna untuk menetralkan kerja fungsi pencernaan. Jadi, jika kebetulan mengalami sembelit, tidak perlu menggunakan obat pencahar. Cukup makan pisang saja. Solusi yang enak tapi sangat praktis, bukan?

Setelah diteliti pisang juga mengandung protein tryptophan. Di dalam tubuh, protein ini kemudian akan diubah menjadi serotonin. Adapun manfaat serotonin adalah untuk memperbaiki mood, menjadi lebih rileks dan membuat bahagia. Para penderita depresi disarankan untuk makan pisang secara berkala, selain mengikuti terapi lainnya.

Manfaat pisang juga untuk meredakan rasa mabuk kendaraan serta membantu pecandu rokok yang ingin berhenti mengonsumsi nikotin. Pisang juga dipercaya mampu meningkatkan kekuatan otak. Mungkin ini berhubungan erat dengan meningkatkan konsentrasi.

Manfaat pisang tidak hanya didapat dari buahnya saja. Daunnya pun berperan besar dalam menyembuhkan luka bakar yang diderita seseorang. Caranya pun tergolong sangat mudah. Daun pisang dibakar dan abunya dicampur dengan minyak kelapa. Kemudian, campuran ini dapat dioleskan pada daerah yang terluka.

Baca Juga  Bersifat Anti Bakteri, Yuk Simak 7 Manfaat Kacang Panjang Merah untuk Kesehatan

Ternyata, hasilnya cukup ajaib. Abu daun pisang ternyata mempunyai efek mendinginkan kulit yang terbakar. Selain itu, mampu meringankan luka bakar jika diolesi campuran ini. Ajaib, kan?

Manfaat Pisang untuk Kecantikan

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kecantikan WajahNah, kini saatnya kita membahas manfaat pisang untuk kecantikan. Pisang itu ternyata punya segudang kelebihan. Selain bisa dikonsumsi begitu saja, pisang pun enak dijadikan kudapan atau diolah. Hampir tiap daerah di nusantara mempunyai makanan khas yang terbuat dari pisang. Selain manfaatnya bagi kesehatan, pisang pun sangat berguna bagi kecantikan. Tidak percaya?

Manfaat pisang antara lain menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit tangan, mengurangi minyak di wajah, hingga menaikkan atau menurunkan berat badan. Wah, sungguh sangat lengkap, bukan? Dan semuanya itu sangat dibutuhkan oleh kaum wanita. Ketimbang pergi ke dokter dan menghabiskan banyak uang, mengapa tidak memanfaarkan pisang saja?

Manfaat pisang untuk mengurangi kilap dan minyak di kulit wajah bisa didapat dengan cara menjadikannya masker. Setelah pisang dihaluskan, oleskan secara merata di wajah. Lakukan dengan teratur, niscaya Anda akan segera melihat hasilnya. Tentunya ini sangat cocok bagi pemilik kulit berminyak.

Untuk menghilangkan jerawat, pisang dihaluskan dan dicampur dengan madu dan sedikit susu. Kemudian, oleskan di wajah hingga merata. Diamkan selama minimal setengah jam. Kemudian, bersihkan dengan air hangat dan dingin bergantian. Lakukan secara teratur selama 2 minggu. Anda akan kaget dengan hasilnya.

Ingin langsing? Manfaat pisang akan Anda rasakan jika mengonsumsi empat buah sehari. Padukan dengan empat gelas susu nonfat. Cukup lakukan selama tiga hari dalam seminggu. Berat badan Anda pasti akan segera menyusut tanpa disadari.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *