Sumber Alami Vitamin Bayi

6 min read

Sumber Alami Vitamin Bayi

Bayi yang baru lahir membutuhkan banyak asupan vitamin dan mineral untuk pertumbuhannya. Walau pun begitu vitamin bayi mungkin akan diberikan hanya pada bayi dengan kasus-kasus medis tertentu.

Vitamin yang diperuntukan bagi bayi tidak dianjurkan pada bayi yang lahir normal dan tidak mengalami masalah secara medis. Terutama pada bayi sehat dan normal yang memperoleh kesempatan untuk mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya. Karena sebaiknya dalam enam bulan pertama kehidupannya, bayi memang dianjurkan hanya memperoleh asupan makanan lewat air susu ibu. Karena semua zat nutrisi dan vitamin sudah komplit di dalamnya.

ASI : Vitamin Alami Bagi Bayi

ASI atau air susu ibu adalah vitamin atau makanan yang paling baik untuk bayi. Karena di dalam ASI terkandung banyak nutrisi dan gizi yang sangat diperlukan oleh bayi di masa pertumbuhan dan perkembangannya.

ASI adalah ibarat makanan utama bagi bayi di waktu masih belum dapat mengkonsumi satu jenis makanan apapun tapi dengan cukup meminum ASI, kelengkapan nutrisi dan gizi yang diperlukan sudah dicukupi oleh ASI tersebut.

Hal inilah yang menjadikan banyak yang menyarakan kepada ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya sejak si bayi lahir sampai bayi berusia enam bulan. Tanpa memberikan makanan pendamping ASI apapun pada masa enam bulan ini.

Hal ini disebabkan karena memang dengan mengkonsumsi ASI saja semua sudah cukup bagi si bayi. Dan dengan itu, juga membantu kerja baik dari sistem pencernaan dari si bayi itu sendiri. Karena tak diberikan kerja yang begitu berat sebelum seluruh organ dalam sistem pencernaannya siap untuk menjalankan perannya masing-masing.

Lain halnya jika si bayi diberikan makanan tambahan sebelum bayi berusia enak bulan. Banyak yang memperkirakan bahwa hal ini adalah baik untuk si bayi. Namun sebenarnya justru memperberat kerja dari seluruh organ yang ada di sistem pencernaan bayi dengan mencerna makanan yang seharusnya masih belum waktunya untuk dikonsumsi oleh bayi.

Itulah yang menyebabkan pemberian ASI eksklusif sangat disarankan tanpa terlebih dahulu memberikan makanan tambahan lain bagi bayi. Karena sekali lagi dengan hanya mengkonsumsi ASI saja, hal ini sudah mencukupi kebutuhan nutrisi bagi si bayi.

Baca Juga  4 Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat dan Mudah

Vitamin Bayi Dari Sumber Alami
Namun seiring bertambahnya umur bayi anda dan berakhirnya periode ASI ekslusif dalam enam bulan pertama usianya, bayi mulai diperkenalkan pada makanan selain air susu ibu.Pada saat ini anda dapat menambahkan vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan bayi anda.

Akan tetapi karena vitamin dan mineral juga bisa didapatkan secara alami alangkah baiknya anda memberikan vitamin yang diperuntukan bagi bayi lewat bahan makanan yang dikonsumsinya. Ini jauh lebih baik daripada memperoleh vitamin yang diperuntukan bagi bayi lewat asupan suplemen atau vitamin suntik.

Vitamin alami untuk Bayi

Banyak orang tua yang memiliki pendapat bahwa hanya dengan mengkonsumi sayuran dan buah maka sudah cukup untuk melengkapi kebutuhan bayinya akan vitamin. Padahal sejatinya apa yang menjadi pemahaman ini adalah kurang benar. Masih banyak vitamin yang terkandung pada jenis makanan lain selain yang ada di dalam sayuran dan buah ini.

Orang tua harus memiliki pemahaman yang benar mengenai jenis makanan yang mana yang memang sangat diperlukan untuk proses perkembangan si bayi. Atau yang mengandung nutrisi yang lengkap yang memang diperlukan di masa perkembangan ini.

Banyak jenis makanan lain yang memang dibutuhkan bayi. Seperti halnya beberapa jenis ikan, hati ayam ataupun juga susu dan berbagai makanan hasil olahan dari susu ini.

Makanan yang mengandung vitamin dan mineral ini memang sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi sehingga orang tua sedini mungkin dapat untuk mengajarkan atau mengenalkan kepada bayi akan berbagai jenis makanan ini sehingga bayi akan mulai untuk menyukai jenis makanan ini dan tak hanya terpaku pada satu jenis makanan saja.

Keberadaan vitamin dan mineral memang sangat baik untuk bayi. Karena dapat membantu mengoptimalkan proses perkembangan dan pertumbuhan dari bayi sendiri. Selain itu ada beberapa jenis mineral yang dibutuhkan bayi untuk meningkatkan kecerdasan otak yang dimilikinya.

Baca Juga  3 Cara Mengobati Amandel secara Alami Tanpa Operasi

Berikut penjabaran tentang sejumlah vitamin dan mineral yang berguna untuk perkembangan bayi Anda.

Vitamin A
Vitamin ini berguna dalam membantu meningkatkan perkembangan penglihatan bayi anda. Juga memiliki peran dalam proses pekerjaan sel tulang. Bila bayi anda kekurangan vitamin A maka dia bisa menderita rabun senja dan pertumbuhannnya juga akan terganggu serta rentan terinfeksi virus penyakit. Sumber dari vitamin A ini antara lain terdapat pada keju, hati dan telur. Wortel juga telah lama dipercaya sangat baik untuk kejernihan dari mata.

Vitamin B Kompleks.
Fungsi dari vitamin B adalah mendukung produksi energi dan pembentukan sel-sel otak pada bayi. Bersama dengan niasin vitamin B1 ikut berperan dalam membantu menghasilkan energi. Untuk pembentukan sel-sel darah merah diperlukan vitamin B12.

Tercukupinya kebutuhan akan vitamin B kompleks ini akan membantu mencegah pertumbuhan yang terlambat, gangguan penglihatan, kurang darah, gangguan organ jantung dan kerusakan pada syaraf bayi.Vitamin B pada umumnya terdapat pada gandum dan padi-padian, hati, kacang buncis, daging, telur, ikan dan juga susu.

Kebanyakan dari jenis sayuran yang memiliki warna hijau juga banyak mengandung vitamin B kompleks ini. sebuat saja sayuran bayam, kangkung, sawi sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi.

Pada masa dini inilah sebaiknya bayi dikenalkan untuk menyukai beraneka jenis sayuran. Karena memang banyak sekali permasalahan di mana di masa anak-anak, banyak anak yang tak suka untuk makan sayur atau hanya suka akan satu jenis sayuran ini. hal ini sebaiknya dihindari karena sayuran banyak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh bayi.

Vitamin C
Anda bisa memperoleh vitamin C dari aneka buah berwarna oranye seperti jeruk, pepaya, mangga, dan sebagainya. Guna dari vitamin C adalah untuk memaksimalkan penyerapan zat besi. Bila bayi anda menderita kekurangan vitamin C, kemungkinan besar dia bisa menderita anemia, lemah tulang dan gangguan lainnya.

Jika kekurangan vitamin C maka akan menyebabkan mudahnya terkena sariawan. Vitamin C ini juga sangat berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi vitamin C dengan volume yang mencukupi maka akan membuat bayi tahan dengan serangan hal yang dapat melemahkan tubuh si bayi seperti kemudahan menjadi sakit.

Baca Juga  5 Penyakit Menular di Musim Penghujan Yang harus Diwaspadai

Vitamin D

Vitamin ini sangat penting untuk penyerapan kalsium ke dalam tulang. Sinar matahari pagi bisa sangat membantu dalam hal ini. Anda dapat membawa bayi anda berjemur di bawah sinar matahari pagi yang bisa membantu pembentukan pro vitamin D dalam tubuhnya.

Namun terdapat juga susu formula atau makanan yang sudah diperkaya dengan vitamin D. Mengkonsumsi makanan seperti ini lebih dianjurkan daripada memberikan suplemen pada bayi anda. Kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan penyakit bernama ricketsia yaitu suatu jenis penyakit yang bisa melemahkan tulang dan membuat tulang menjadi cacat.

Mineral untuk Pertumbuhan Bayi
Selain vitamin juga dibutuhkan sejumlah mineral penting untuk pertumbuhan bayi anda seperti:

Zat besi, zat besi memiliki banyak kegunaan di dalam tubuh. Termasuk membantu membawa oksigen ke dalam sel. Bayi yang sedang bertumbuh secara fisik dan mental sangat membutuhkan asupan zat besi untuk perkembangannya. Susu sapi yang diperkaya dengan zat besi bisa diberikan pada bayi anda baik secara langsung mau pun di dalam olahan makanannya. Sayuran berwarna hijau tua juga kaya akan zat besi.

Seng, seng membantu berfungsinya hormon di dalam tubuh sehingga sangat besar peranannya di dalam pertumbuhan bayi. Anda bisa menemukan kandungan seng di dalam ikan laut,kacang-kacangan,tiram, buah, sayuran.

Kalsium, kekurangan kalsium di dalam masa pertumbuhan bisa berakibat pada rapuhnya struktur tulang sehingga mempercepat terjadinya resiko osteoporosis. Kalsium terdapat di dalam susu dan aneka bahan olahannya seperti keju, dan sebagainya.

Beberapa jenis vitamin dan mineral ini memang akan dibutuhkan oleh bayi dan sebaiknya sudah diberikan kepada si bayi sejak bayi dapat mengenal makanan pertamanya. Itulah yang sangat penting keberadaannya dari vitamin bayi.

Demikianlah beberapa uraian tentang mineral yang diperuntukan bagi bayi, cara mendapatkannya dan kegunaan mineral untuk pertumbuhan bayi Anda. Juga mengenai vitamin yang memang dibutuhkan oleh bayi. Semoga bermanfaat !

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *