Cara Membuat Nasi Goreng Seafood Enak

3 min read

Nasi Goreng Seafood

Membuat Nasi Goreng Seafood – Apa yang Anda ketahui tentang nasi goreng? Nasi goreng merupakan salah satu bentuk makanan yang terbuat dari nasi, yang diproses melalui penggorengan dan segala macam bumbu tambahan lainnya yang menggugah selera.

Di Indonesia, nasi goreng telah lama menjadi salah masakan yang populer karena mampu dinikmati oleh semua kalangan. Bahkan nasi goreng bisa dibuat sendiri di rumah masing-masing, dengan mengkreasikan berbagai cita rasa dari resep yang bisa di dapatkan di toko-toko buku. Biasanya, menu nasi goreng disajikan pada saat pagi, ketika sarapan, atau sebelum melanjutkan rutinitas harian.

Nasi goreng juga sering menjadi menu yang dihidangkan dalam berbagai acara maupun hajatan. Contohnya di acara-acara ulang tahun, nasi goreng biasanya dijadikan suguhan utama disamping menu-menu menarik lainnya. Kepopuleran nasi goreng di Indonesia dapat dilihat dari terpilihnya nasi goreng sebagai masakan terlezat di dunia.

Sedapnya Nasi Goreng Seafood

Dalam sejarahnya, nasi goreng konon berasal dari Tionghoa. Sejak 4000 SM, nasi goreng telah dikenal oleh masyakat Tionghoa sebagai salah satu masakan tradisional yang penting. Beragam resep dengan cita rasa nasi goreng yang tinggi berhasil disajikan, hingga akhirnya masakan tradisional ini terkenal ke berbagai wilayah lainnya di Asia.

Para perantau dari Tionghoa yang menyebarkan nasi goreng ke negara-negara Asia Tenggara. Setiap negara yang mereka singgahi, akan ditetapkan suatu varian yang khas dari menu nasi goreng yang dapat merujuk pada cita rasa bumbu lokal dan cara menggorengnya.

Lalu dari mana ide warga Tionghoa sehingga tercipta masakan nasi goreng? Konon katanya, warga Tionghoa di sana tidak menyukai makanan yang tidak panas, dan hanya mau memakan makanan yang disajikan sesaat setelah dimasak. Untuk menyiasati masakan yang telah dingin tadi, mereka kemudian memasak kembali nasi yang telah dingin, caranya dengan menggoreng nasi tersebut, kemudian berkembang dengan bumbu-bumbu tambahan untuk menambah kelezatannya.

Baca Juga  15 Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal & Bikin Ngiler

Nasi goreng juga dianggap sebagai representasi kebudayaan Tionghoa yang tak ingin menyia-nyiakan begitu saja masakan sisa. Maka, daripada membuangnya, mereka lebih baik memasak kembali makanan tersebut, salah satunya ya nasi goreng ini.

Kembali ke Indonesia, di negara ini nasi goreng telah dianggap sebagai salah satu masakan yang sederhana. Masakan ini disukai berbagai golongan, miskin, kaya, masyarakat umum hingga pejabat. Bahkan presiden kita punya resep tersendiri dalam memasak nasi goreng. Nasi goreng juga tak jarang disuguhkan kepada pejabat-pejabat negara lain yang berkesempatan berkunjung ke Indonesia. Banyak pejabat-pejabat asing yang mengakui kelezatan nasi goreng khas Indonesia.

Ada berbagai macam menu masakan nasi goreng yang bisa kita coba sebagai penganan sehari-hari. Berikut ini penulis akan menyajikan resep dan cara membuat nasi goreng seafood enak. Nasi goreng seafood adalah jenis nasi goreng yang cara memasaknya sama dengan memasak nasi goreng lainnya, hanya saja yang berbeda adalah toping serta varian pelengkap yang ditambahkan dalam satu menu nasi goreng seafood tersebut.

Nasi goreng seafood saat ini dapat kita jumpai disetiap daerah. Biasanya harganya lebih mahal dari nasi goreng biasa. Ini disebabkan oleh bahan-bahan tambahan untuk melengkapi menunya yang memang dari seafood.

Cara Membuat Nasi Goreng Seafood

Untuk membuat menu nasi goreng seafood yang bisa Anda coba di rumah, berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

Bahan-bahan Yang diperlukan:
Kecap Manis
600 gram nasi putih
150 gram udang, kupas dan belah punggung
200 gram cumi, potong bulat 1 cm
3 sendok makan Kecap Manis
1 sendok teh garam
½ sendok teh gula
1 batang daun bawang, dipotong 1/2 cm
1.5 sendok makan bawang merah goreng
50 gram acar timun
2 ssendok makan minyak sayur

Baca Juga  7 Oleh-oleh Khas Manado Yang Wajib dibawa Pulang

Bumbu halus
3 buah cabai nerah besar
5 buah cabai merah keriting
2 siung bawang putih
8 butir bawang merah
1 buah tomat
1.5 sendok teh terasi, dibakar

Cara membuat

  1. Pertama-tama, Panaskan minyak goreng. Setelah itu Tumis bumbu halus sampai harum. Selanjutnya Masukkan udang dan cumi. Aduk hingga berubah warna.
  2. Yang kedua Tambahkan nasi putih, Kecap Manis, garam, dan gula pasir. Aduk rata hingga matang.
  3. Yang ketiga Masukkan daun bawang dan aduk rata.
  4. Dan Terakhir Nasi goreng siap disajikan bersama taburan bawang merah goreng dan acar timun.

Itulah tadi Cara Membuat Nasi Goreng Seafood Enak, semoga bermanfaat dan selamat praktek bunda.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *