Mengatasi Batuk Pada Anak Balita Secara Alami

mengatasi batuk pada anak

Mengatasi Batuk Pada Anak – Anak merupakan permata hati yang selalu menyejukkan hati. Mengikuti perkembangannya senantiasa membuat para orang tua untuk selalu memberikan yang terbaik. Apalagi bila anak mengalami sakit, berbagai langkah pun ditempuh ditengah gundahnya hati agar anak cepat sembuh. Begitu juga ketika batuk anak menyerang, orang tua pun tanggap untuk segera menyembuhkannya.

Obat Batuk Alami untuk Anak

Sistem Imun
Perkembangan kesehatan anak tergantung pola asuh dari orang tuanya. Daya tahan maupun kualitas tubuhnya ditentukan pula oleh pola makan anak sejak lahir. Karena pada dasarnya, setiap tubuh manusia mempunyai pola sistem kekebalan tubuh sebagai anugerah Tuhan yang patut disyukuri. Namun sistem imun ini dapat berkembang atau bahkan menurun, seiring pola asuh yang dilakukan dan diberikan ibunya.

Pengenalan seorang ibu terhadap perkembangan dan kondisi tubuh anak sangat penting untuk menjaga dari berbagai pengaruh buruk lingkungannya. Begitu juga dengan asupan gizinya, diusahakan dari sayuran dan buah-buahan alami yang bisa kita olah dan buat sendiri. Memberikan makanan kemasan untuk anak sebenarnya cukup berisiko, karena justru akan menurunkan kekebalan tubuh anak.

Ibu Jangan Panik
Bila bayi menderita pilek, batuk dan / atau demam bayi cenderung sangat rewel. Ini adalah waktu mencoba untuk ibu bayi. Sang ibu ingin melakukan semua yang ada di kemampuannya untuk membuat anak merasa nyaman.

Ada banyak ibu-ibu, yang tidak ingin mengisi sistem anak dengan over-the-counter obat batuk, yang tersedia. Lebih baik untuk menjaga bayi jauh dari over-the-counter obat-obatan sebagai beberapa titik penelitian untuk fakta, bahwa kandungan gula dalam sirup batuk sering cenderung memperpanjang penyakit yang bertentangan dengan tujuannya yakni menyembuhkan lebih cepat.

Oleh karena itu, ibu ingin tahu, apakah mereka bisa memanfaatkan setiap obat batuk alami untuk bayi. Ya, ada sejumlah obat batuk bayi alami, yang satu dapat memanfaatkan untuk membantu anak menyingkirkan batuk.

Obat Batuk Alami untuk Anak
Hal ini mengamati, bahwa bayi memiliki sekitar delapan sampai sepuluh pilek sebelum mereka merayakan ulang tahun kedua mereka. Dalam beberapa kasus, dingin dapat memperburuk dan anak juga dapat mulai batuk-batuk. Pada saat seperti itu, orang tua merasa sangat tidak berdaya, ketika mereka melihat anak mereka dalam kondisi seperti ini.

Kecuali kondisinya sangat serius, orang tua memanfaatkan setiap obat batuk alami. Selama periode waktu, orang tua juga dapat menilai, yang merupakan obat batuk yang terbaik untuk anak mereka.

Ketika anak menderita batuk, ukuran pertama adalah dengan menggunakan humidifier atau vaporizer. Hal ini akan membantu dalam cairan lendir, yang akan membuat lebih mudah bagi anak untuk mengusir lendir. Anak sering rewel, maka, para ibu mungkin harus memaksa anak untuk minum banyak cairan.

Cara terbaik adalah untuk memberikan anak cairan hangat. Hal ini akan membantu dalam lebih penipisan lendir. Jika Anda memiliki menyapih bayi dan bayi pada susu sapi, maka Anda mungkin ingin beralih ke bayi susu formula. Susu atau produk susu dalam hal ini dapat memperburuk kondisi, karena menyebabkan lendir menebal.

Ini adalah obat batuk yang baik untuk bayi dan balita. Campurkan satu bagian jus lemon dengan dua bagian madu dengan empat bagian air hangat. Berikan pada bayi, ketika air masih sedikit hangat. Hal ini akan membantu dalam menenangkan tenggorokan yang teriritasi.

Madu adalah salah satu obat batuk bayi yang baik. Tergantung pada usia anak, Anda dapat memberikan anak ¼ hingga ½ sendok teh madu. Daun Basil juga di antara pengobatan rumah yang baik untuk batuk. Ekstrak kemangi yang diberikan kepada anak akan membantu dalam mengurangi kondisi tersebut, karena memiliki anti-oksidan, anti-bakteri, anti-virus sifat.

Jika kemangi segar tidak tersedia, maka basil kering dapat diseduh dalam air dan setelah air mendingin, memberikan jumlah sedikit anak secara berkala. Susu hangat dicampur dengan bubuk kunyit adalah salah baik obat batuk buatan sendiri. Obat batuk lain untuk balita adalah dengan mencampur dua sendok makan madu dengan satu cangkir jus jeruk dan memberikan dua kali sehari untuk bayi.

Seiring dengan obat yang disebutkan di atas, Anda mungkin ingin mencoba obat batuk sederhana. Berikan mandi hangat untuk bayi. Jika memungkinkan, Anda dapat menempatkan bayi dalam air hangat. Tambahkan minyak aromaterapi ke air untuk hasil yang lebih baik. Minyak kayu putih, minyak thyme, minyak sage, dll, dapat ditambahkan ke dalam air. Ketika minyak ini dicampur dengan air hangat, uap akan membantu dalam membersihkan saluran udara dan kesungguhan suatu tenggorokan teriritasi.

Bukan Sekedar Asupan Obat
Jika anak batuk batuk, maka salah satu obat batuk untuk bayi dan balita adalah dengan menempatkan kepala bayi pada sudut miring elevasi. Jika anak sudah mulai duduk, kemudian membuat anak duduk, bukan berbaring. Dalam posisi berbaring, itu bisa menjadi sulit bagi anak untuk batuk.

Jika Anda atau pasangan Anda merokok, maka lebih baik untuk tidak merokok di sekitar anak. Menghirup asap dapat mengiritasi saluran paru paur anak Anda.. Merokok harus dihindari, meskipun si anak tidak memiliki batuk dan tidak dalam kondisi sakit. Demikian juga, anak harus dijauhkan dari asap panggangan, pembakaran sampah, dll, untuk alasan yang sama.

Tergantung pada usia bayi, Anda dapat memanfaatkan setiap obat batuk satu bayi. Jika batuk terus terusan untuk waktu yang lama, maka lebih baik untuk mengontak dokter anak.

Mengatasi Batuk Pada Anak
Penyakit batuk anak biasanya disertai dengan pilek. Penyakit ini sesungguhnya merupakan mekanisme tubuh dalam mempertahankan diri terhadap serangan toksin ataupun racun. Untuk mengatasi hal itu, tubuh memberikan respon dalam bentuk batuk dan keluarnya lendir melalui hidung untuk mengeluarkan dan menetralisir zat pengganggu tersebut.

Untuk mengatasinya, sebaiknya tangani sendiri terlebih dahulu sebelum dibawa ke dokter. Berikut beberapa langkahnya.

  • Buat minuman jus yang dibuat dari campur jeruk, madu, dan royal jelly, dan berikan setidaknya dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Sedangkan untuk membantu membuang lendir dahak, berikan minuman air putih hangat sesering mungkin.
  • Kompres sekitar kening, hidung, dan dada anak dengan air hangat selama sekitar 1 jam untuk membantu meringankan dan melegakan saluran pernafasan. Bisa juga ibu memberikan pemijatan dengan mengoleskan minyak bayi di sekitar kening, mata, dada, dan punggung anak untuk membantu proses penyembuhan penyakit.
  • Siapkan dan sajikan ramuan alami yang dapat dibuat ibu untuk menyembuhkan batuk anak, yaitu sebagai berikut :
    1. Siapkan jahe sepotong ibu jari, cengkeh dan mint sedikit, dan garam 1 sendok makan, lalu masak dengan 1 liter air hingga mendidih. Setelah itu, jadikan uapnya untuk dihirup sebagai inhaler, dan bukan untuk diminum.

2. Siapkan masing-masing sebesar ibu jari bahan-bahan dari jahe, laos, dan kayu manis. Juga siapkan daun sirih 6 lembar, serai 2 batang, dan cengkeh sedikit saja. Kemudian masak semua bahan tersebut dengan 4 gelas air hingga tinggal separonya. Tuangkan ke mangkok dan tambahkan madu 2 sondok makan dan minumkan ke anak untuk dua kali, masing-masing satu gelas pagi dan sore

Semoga dengan artikel Mengatasi Batuk Pada Anak Balita Secara Alami ini, anak kita bisa sembuh dan seperti sedia kala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *