Ramuan Tradisional Untuk Batuk Kering

6 min read

Ramuan Tradisional Batuk Kering

Ramuan Tradisional Untuk Batuk Kering – Terdapat berbagai macam batuk, salah satunya adalah batuk kering. Batuk kering merupakan jenis batuk yang nonproduktif. Batuk ini tidak disertai lendir. Penderita batuk kering biasanya akan merasa terganggu sekali, karena ketika batuk akan menimbulkan rasa sakit dan perih di tenggorokan.

Batuk ini terkadang terasa lebih menganggu dibandingkan dengan batuk berdahak karena pada jenis batuk ini, si penderita tidak akan mengeluarkan dahak justru hal inilah yang semakin membuat rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

Mekanisme Batuk

Setelah dikaji lebih mendalam ternyata batuk adalah cara tubuh dalam mereaksi apa yang ada dalam saluran pernapasan kita. Seseorang akan mengalami batuk jika memang terjadi sesuatu dalam saluran pernapasan kita tersebut. Karena batuk adalah reaksi yang dihasilkan dari adanya iritasi pada tenggorokan kita. Jika di tenggorokan kita terdapat debu, asap, makanan atau punlendir, maka tubuh akan bereaksi dengan mengalami apa yang dinamakan dengan batuk.

Batuk adalah sebuah usaha dalam system pernapasan kita untuk mengeluarkan zat-zat atau benda asing yang tertinggal dalam tenggorokan. Zat-zat ini dipaksa keluar dengan dorongan saat melakukan batuk.

Ada dua jenis batuk berdasarkan pengeluaran dahaknya yaitu batuk berdahak yaitu batuk yang mengeluarkan lendir dan batuk tidak berdahak yang tak mengeluarkan lender. Dahak adalah semacam lendir yang ada di tenggorokan kita yang sengaja dipaksa keluar saat kita batuk.

Batuk terjadi karena beberapa sebab yang ada, yaitu:

Adanya gangguan pada saluran pernapasan bagian atas. Seperti yang telah disebutkan gangguan yang menyebabkan batuk adalah adanya benda-benda asing seperti lendir, asap, debu atau makanan di tenggorokan atas ini. Atau juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. Infeksi ini kebanyakan terjadi saat sesorang mengalami flu.

Secara tidak sengaja, dalam saluran pernapasan termasuki oleh benda asing. Batuk adalah upaya untuk mengeluarkan benda asing ini. Dengan batuk yaitu memberikan tekanan pada saluran pernapasan maka tubuh berusaha memberikan reaksi pembersihan pada saluran pernapasan tersebut.

Baca Juga  5 Obat Darah Tinggi Alami Yang Ampuh

Menghirup asap rokok secara sengaja atau tidak sengaja. Melalui berbagai penelitian telah dibuktikan bagaimana aktivitas merokok dapat menyebabkan terjadinya batuk. Seorang perokok aktif akan meninggalkan zat-zat berbahaya dalam saluran pernapasannya. Sama halnya dengan jenis perokok pasif.

Bayi yang tersedak saat minum susu. Batuk yang dialami bayi saat tersedak waktu minum juga merupakan usahanya dalam membersihkan tenggorokan dengan memaksa sisa susu yang masuk ke saluran pernapasan untuk keluar ke mulut.

Asma atau tuberculosis. Batuk juga dapat disebabkan oleh adanya virus dalam saluran pernapasan kita.

Secara umum, proses batuk terdiri dari empat fase, yaitu fase iritasi, fase inspirasi, fase kompresi, dan ekspulsi.

Keempat fase ini bekerja sangat cepat hingga akhirnya terjadi pengeluaran udara dalam jumlah yang besar dengan kecepatan tinggi dan biasanya disertai dengan keluarnya benda asing atau dahak/lendir dari saluran pernapasan. Sedangkan suara yang ditimbulkan saat batuk berasal dari getaran pita suara dan lendir yang terdapat pada saluran pernapasan.

Obat Batuk

Batuk memang memberikan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Batuk juga membuat sakit saat kita batuk. Untuk itu bagi seseorang yang sedang terserang batuk akan segera berpikir untuk mengatasinya. Salah satu untuk menghilangkan batuk adalah dengan meminum obat batuk.

Terdapat berbagai jenis obat batuk. Kita juga dapat membelinya secara mudah di toko obat atau pun di toko-toko dekat rumah kita tanpa harus disertai dengan resep dokter.

Obat batuk ini menjadi pilihan banyak orang karena tergolong praktis . kita tinggal beli dan langsung meminumnya. Tinggal tunggu khasiatnya apakah dapat menghilangkan gelaja batuk yang kita alami atau tidak. Karena beberapa obat batuk kadang belum bisa mengatasi batuk kita.

Selain parktis, dengan karakteristik masyarakat kita yang sangat mudah untuk menjadi korban iklan maka meminum obat batuk pun juga merupakan salah satu akkibat dari keseringan menonton iklan di televisi.

Banyak sekali iklan televisi yang menyebutkan bagaimana suatu obat batuk dapat menyembuhkan batuk dengan cepat dan segera dapat memberikan kenyamanan bagi para peminumnya.

Baca Juga  Berapa Biaya Operasi Amandel? Ini Jawabannya

Sejatinya obat batuk yang diiklankan tidak semuanya baik untuk kesehatan. Sebut saja obat batuk yang mengandung zat yang dapat untuk mengencerkan dahak. Dengan kandungan zat ini maka dahak di tenggorokan dapat diencerkan.

Sebenarnya ha ini tidak seratus persen benar. Karena sebenarnya dahak haruslah dikeluarkan bukan untuk dencerkan dan dimasukkan ke sisitem pencernaan tubuh kita.

Ini hanyalah salah satu kontradiksi dari obat batuk yang banyak beredar di pasaran. Salah satu fakta inilah yang banyak membuat orang untuk beralih ke resep batuk tradisional.

Resep batuk tradisional ini dianggap lebih bisa untuk menghilangkan batuk yang ada. Selain itu karena terbuat dari bahan-bahan alami dan dibuat masih dengan cara tradisional maka hal ini lebih menyehatkan tubuh dan tidak memberikan efek buruk terhadap tubuh kita.

Ramuan Tradisional Batuk Kering
Saat ini obat-obatan alami atau herbal menjadi prioritas utama dalam hal penyembuhan penyakit. Selain minim efek samping, obat-obatan tradisional atau alami ini juga mudah didapat karena bahan-bahannya tersedia di alam. Begitu juga dengan batuk kering, tidak sulit untuk menemukan ramuan obat untuk menyembuhkannya.

Resep tradisional untuk mengatasi batuk ini banyak dilirik saat ini. Walau pun cenderung tidak praktis karena kita diharuskan menyiapkan bahan-bahannya sendiri dan membuatnya sendiri pula namun khasiat dari obat batuk ini yang telah terbukti dapat menghilangkan aspek ketidak praktisan tersebut.

Bahan-bahan untuk membuatnya yang terbuat dari alam juga menjadi salah satu faktor penambah bagaimana obat batuk ini banyak diminati. Dibandingkan dengan obat batuk yang beredar luas yang kebanyakan mengandung bahan kimia yang belum tentu bersahabat dengan tubuh kita.

Cara pengobatan batuk kering sebenarnya hampir sama dengan batuk berdahak. Walau pun pada batuk kering tidak terdapat dahak yang harus dikeluarkan namun intinya adalah berusaha untuk mengatasi dan menghilangkan batuk yang ada.

Berikut beberapa resep tradisional untuk obat batuk kering.

  • Air jeruk nipis diminum langsung atau ditambahkan sedikit kecap manis atau madu.
    Daun Sirih. Caranya, ambil daun sirih kira-kira lima lembar, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan dengan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga air rebusan menjadi kira-kira satu setengah gelas. Angkat dan saring air tersebut. Minum kira-kira satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.
  • Kulit jeruk mandarin juga dapat digunakan untuk mengobati batuk. Caranya adalah rebus sepuluh gram kulit jeruk mandarin kering dicampur dengan dua puluh lima gram kencur yang diiris tipis-tipis. Minum ramuan tersebut dua kali sehari dalam keadaan hangat.
  • Bunga mawar ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan batuk. Resepnya adalah ambil bunga mawar segar kira-kira sepuluh gram, kemudian tim dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu sesuai selera. Minum sebanyak dua kali sehari.
  • Bunga belimbing wuluh juga terbukti dapat membantu meringankan batuk. Ambil kira-kira satu genggam bunga belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan beberapa butir adas, tambahkan gula dan secangkir air, lalu ditim. Setelah agak dingin, saringlah ramuan tersebut dan siap untuk diminum.
  • Daun asam muda juga dapat berfungsi menyembuhkan batuk kering. Caranya, ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Ramuan obat siap untuk diminum.
Baca Juga  Mengenal Peran Antibiotik dalam Dunia Medis

Resep tradisional untuk mengatasi batuk kering yang telah ditulis oleh penulis di atas didapatkan dari berbagai sumber. Bisa dipastikan bahwa resep mengatasi batuk di atas dapat benar-benar mengatasi batuk yang menyerang. Walau pun memang harus disesuaikan dengan kadar batuk yang dialami oleh seseorang. Anda dapat mencoba satu atau lebih beberapa resep di atas. Anda pun juga dapat memperoleh resep lain dari berbagai sumber yang lain. Misalkan dari buku pengobatan herbal, situs tentang pengobatan penyakit menggunakan bahan-bahan alamiah atau bertanya kepada orang-orang disekita kita tentang obat batuk alami yang sudah terbukti kemanjurannya.

Semoga ramuan tradisional batuk kering yang telah disebutkan dia atas dapat meredakan batuk kering Anda

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *