3 Cara Mengobati Amandel secara Alami Tanpa Operasi

2 min read

Mengobati Amandel Tanpa Operasi

Mengobati Amandel Tanpa Operasi – Radang amandel merupakan infeksi pada amandel (tenggorokan atas) yang terkadang mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam.

Secara medis peradangan ini ada yang akut (baru), ditandai dengan nyeri menelan (odinofagi), dan tidak jarang disertai demam. Sedangkan yang sudah menahun biasanya tidak nyeri saat menelan, tetapi jika ukurannya cukup besar (hipertrofi) akan menyebabkan kesulitan menelan.

Walaupun bukan merupakan penyakit yang bisa membahayakan nyawa, penyakit amandel jika di biarkan akan terasa sangat menyiksa. Kebanyakan penyakit diderita oleh kalangan anak-anak dan remaja. Cara mengobati amandel yang seringkali disarankan oleh pihak medis adalah dengan jalan operasi. Operasi dilakukan untuk mengeluarkan amandel ini dari dalam tubuh (saluran tenggorokan).

Cara Menyembuhkan Amandel secara Alami Tanpa Operasi

Sebenarnya operasi bukanlah satu-satunya jalan dalam menyembuhkan penyakit amandel ini, ada beberapa cara alami atau tradisional, yang jika dikonsumsi secara rutin, bisa menyembuhkan penyakit ini.

Baca juga: Berapa Biaya Operasi Amandel Saat Ini?

Ingin tahu cara alami apa saja, untuk mengobati penyakit amandel ini? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya, silakan disimak.

1. Menyembuhkan amandel dengan jeruk nipis dan kapur sirih.
Seperti yang kita tahu, jeruk nipis merupakan buah dengan kandunagn vitamin c yang sangat tinggi.

Mengobati Amandel dengan jeruk nipis

Selain itu buah ini mempunyai sifat anti peradangan yang cukup bagus, sehingga bisa juga dalam menyembuhkan peradangan yang terjadi pada amandel.

Cara penggunaannya cukup mudah, hanya diperlukan 2 bahan, yaitu jeruk nipis dan kapur sirih.

Cara pembuatan :
Bersihkan kedua bahan tersebut, kemudian kupas jeruk nipis lalu peras(sebaiknya gunakan jeruk nipisnya 2 buah).

Setelah itu campur air perasan jeruk nipis dengan kapur sirih. Kemudian aduk rata dan segera diminum. Konsumsi larutan ini 2-3 kali sehari. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Baca Juga  Berapa Biaya Operasi Amandel? Ini Jawabannya

2. Dengan mengkonsumsi buah mengkudu
Buah yang terkenal punya banyak khasiat ini, ternyata juga bisa untuk menyembuhkan penyakit amandel. Walaupun rasanya tidak enak, tetapi keampuhan buah ini tidak perlu dilakukan lagi.

Cara membuat dan penggunaannya:
Siapkan mengkudu yang sudah dibersihkan, sebaiknya pilihlah buah mengkudu yang sudah matang, agar khasiatnya bisa maksimal.

Setelah dibersihkan peraslah dan kemudian saring untuk diambil airnya. Untuk mengurangi rasanya yang tidak enak, bisa di tambahkan madu murni beberapa sendok.

Minum ramuan ini secara teratur 3 kali sehari sampai terasa efeknya.

3. Mengobati amandel dengan daun benalu
Bahan alami berikutnya untuk menyembuhkan amandel adalah daun benalu dan adas pulo waras. Kedua bahan ini dipercaya berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit amandel.

Cara membuatnya pun juga sangat mudah. Terlebih dahulu siapkan adas pulo waras dengan daun benalu yang sudah dibersihkan.

Untuk takarannya silahkan dikira-kira saja. Terlebih dahulu tumbuklah sampai halus kedua bahan ini, setelah ditumbuk halus, masukkan kedalam secangkir air panas. Aduk hingga rata dan endapkan.

Setelah mengendap minum airnya secara rutin setiap hari. Sebaiknya minum ramuan ini 2 atau 3 kali saja sehari.

Demikian ulasan kami tentang cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi. Semoga bisa menambah wawasan serta bermanfaat bagi semua. Salam sehat dan selamat beraktifitas kembali.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *