Mengulik Inklusi Keuangan Untuk UMKM Melalui Situs Amartha.com

3 min read

bulan inklusi keuangan

Inklusi Keuangan Untuk UMKM – Meningkatkan kondisi ekonomi lokal maupun nasional memang tak mudah, sehingga semua lapisan masyarakat harus turut berperan. Salah satunya dengan adanya program yang dapat membuat setiap individu memiliki akses beli barang secara efektif, yaitu inklusi keuangan. Hal itu dapat diwujudkan untuk mensejahterakan UMKM melalui situs Amartha.com. Yuk intip ulasannya di sini!

Mengintip Seputar Financial Inclution/Inklusi Keuangan

Istilah satu ini masih asing di telinga masyarakat Indonesia, padahal perlu dimengerti agar dapat meningkatkan kondisi ekonominya. Hal ini mengacu pada akses yang diperoleh untuk memiliki kondisi keuangan yang lebih baik. Tak hanya itu, masyarakat juga dapat memakai produk keuangan yang sesuai kebutuhan agar seluruhnya tersentuh akses yang memadai.

Tak hanya diperuntukkan menabung, akses ini juga mengacu pada asuransi, investasi, dan beberapa produk lainnya. Akan tetapi banyak pula yang belum mengetahui keunggulan dari produk produk tersebut, sehingga tidak bisa memilih sesuai kebutuhannya. Yang tak kalah penting, financial inclution ini juga berfungsi agar masyarakat memiliki literasi keuangan yang memadai.

Literasi keuangan ini memiliki lingkup yang lebih luas, seperti pengetahuan tentang lembaga jasa keuangan yang legal di Indonesia. Tak hanya itu, penting untuk memahami produk dari lembaga tersebut, sehingga Inklusi Keuangan dapat dilakukan secara merata. Implikasi lainnya, kondisi ekonomi Indonesia dapat meningkat secara perlahan dan signifikan.

Manfaat dari Financial Inclution/Inklusi Keuangan

Manfaat yang kali pertama dirasakan yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hal itu dipicu dari adanya peningkatan masyarakat yang memakai jasa keuangan, meskipun angka yang ditunjukkan cukup rendah. Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi nasional bisa semakin meningkat sekitar 0,03 persen yang berarti dapat membuat ekonomi Indonesia jadi lebih baik.

Di samping itu, anda juga dapat mengurangi pengangguran di Indonesia yang kurvanya justru makin meningkat. Pengangguran ini berkurang karena banyaknya orang yang memiliki modal untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Hal ini dirasakan oleh pemilik UMKM yang dapat memberikan pekerjaan baru pada orang orang yang belum memiliki pekerjaan tetap.

Bulan inklusi keuangan yang jatuh di tiap bulan Oktober kali ini juga ingin meningkatkan jumlah pengguna jasa keuangan. Dengan begitu, literasi keuangan akan semakin meningkat agar jumlah kemiskinan di negeri ini menurun. Yang tak kalah penting, yaitu produk atau jasa dari lembaga jasa keuangan dipakai secara optimal dan merata di setiap lapisan masyarakat.

Bukan hanya itu saja, program ini juga berguna untuk mengurangi kesenjangan sosial yang tumbuh di masyarakat. Selama ini, paradigma bahwa yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin dapat dihapus. Seluruh masyarakat Indonesia dapat mengakses jasa atau produk keuangan untuk meningkatkan ekonomi keluarganya menjadi lebih baik.

Mengulik Situs Amartha.com Untuk Investasi dan Pinjaman

Mengajukan pinjaman tidak lagi rumit karena telah hadir situs yang memudahkan anda. Amartha.com hadir sebagai situs terpercaya yang mampu memberikan anda suntikan dana yang dapat dipakai untuk apa saja. Akan tetapi, syarat utama yang harus dipenuhi lebih dulu yaitu usia pengguna yang minimal telah berusia 21 tahun.

Setelah memenuhi syarat pertama, anda dapat mengakses layanan yang diberikan oleh situs satu ini. Apabila masih berada di bawah umur, anda bisa mengakses situs ini di bawah pantauan orang tua atau wali. Dengan begitu, anda bisa melakukan pembelian produk yang telah disediakan oleh Amartha untuk setiap nasabah yang tergabung atau memiliki akun di situs ini.

Tak hanya melakukan pembelian, situs investasi Amartha.com memberi fitur investasi dengan nominal yang cukup rendah. Bagi pemula yang belum memiliki banyak modal untuk lakukan investasi, sehingga mencari situs serupa untuk belajar berinvestasi. Melalui Amartha.com, anda dapat belajar sekaligus mendapatkan return yang sepadan sehingga tak akan merasa rugi.

Selain dapat bertindak sebagai investor atau pemodal, anda juga dapat meminjam sejumlah uang. Dengan kemungkinan pengajuan diterima sangat besar, sehingga peminjam dapat memiliki kesempatan untuk memperbaiki ekonomi lokal. Hal ini diperkuat dengan adanya skor yang membuat pemodal dapat melihat risiko dari penerimaan pengajuan pinjaman tersebut.

Itulah keuntungan dari penggunaan situs Amartha.com yang tidak dimiliki oleh semua laman penyedia modal. Melalui situs ini, anda dapat informasi yang transparan seputar profil calon peminjam beserta skor kredit yang dimilikinya. Dengan begitu, pemodal dapat mulai mempertimbangkan besar risiko yang mungkin diterima bila memberi suntikan dana kepadanya.

Keuntungan yang diperoleh oleh pemodal atau investor, yaitu informasi yang jelas terkait angsuran yang dilakukan peminjam. Anda bisa mengaksesnya melalui dasbor akun, sehingga sistemnya tak ada yang ditutupi. Di samping itu, pemodal di situs investasi Amartha.com juga dapat mendapat return yang lebih menguntungkan daripada berinvestasi secara konvensional.

Meningkatkan ekonomi lokal hingga nasional saat ini dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Bahkan mengurangi ketimpangan sosial juga dapat dilakukan secara sekaligus melalui financial inclution. Sistem ini membuat literasi keuangan masyarakat meningkat, sehingga dapat mengakses produk dari lembaga jasa keuangan secara optimal dan merata. Dengan program Inklusi Keuangan Untuk UMKM menjadi pilihan tepat untuk membangun kesejahteraan para pemilik usaha saat ini.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *