Mudahnya Berzakat Online Melalui Sinergi Foundation, Berikut Keutamaanya

3 min read

Mudahnya Berzakat Online

Mudahnya Berzakat Online – Membayar zakat merupakan kewajiban setiap muslim yang mampu untuk memberikan sejumlah hartanya ke orang yang berhak. Golongan orang tersebut salah satunya fakir miskin, yang mana telah ditetapkan oleh syariat.

Allah berfirman yang artinya,

“Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah (zakat) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik” (QS. al-Baqarah Ayat 267)

“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian” (QS. adz-Dzâriyât Ayat 19)

Keutamaan Membayar Zakat

Bayar zakat termasuk kedalam rukun islam yang ke-4, dimana orang yang menunaikannya akan mendapat pahala. Seperti zakat fitrah yang dilaksanakan di bulan Ramadhan sebagai penghapus dosa dan menyempurnakan puasa.

Selain hal tersebut, sebenarnya zakat memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaannya. Adapun keutamaannya diantaranya, yakni:

keutamaan zakat

1. Penyempurna Agama

Zakat sebagai rukum Islam yang ke-4 sebagai pondasi untuk menyempurnakan ibadah seseorang dalam menjalankan perintah agama. Maka dari itu, bayar zakat merupakan wajib bagi yang mampu.

2. Harta Akan Bertambah

Zakat akan membersihkan harta dan jiwa seseorang dari dosa yang telah diperbuat. Selain itu, seseorang yang membayar zakat akan mendapatkan pahala dan dilipatgandakan harta yang dimilikinya.

3. Menghapus Dosa

Manusia merupakan makhluk yang tidak luput dari dosa dan juga kesalahan. Zakat memiliki keutamaan sebagai penghapus dosa yang telah lalu, dan menggantinya dengan pahala.

4. Berkah

Seseorang yang menunaikan zakat akan memiliki keberkahan di dalam hidupnya. Seperti akan mendapatkan ketenangan hati, terhindar dari bahaya, dan dijauhkan dari rezeki yang tidak baik.

5. Manambah Ketaqwaan dan Keimanan

Zakat akan membuat seseorang menjadi lebih bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT. Karena zakat akan menjadikan diri lebih pemurah, ikhlas, dan tulus karena memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan.

Macam-macam Zakat

Setiap orang yang mampu wajib menunaikan zakat, dan zakat yang perlu ditunaikan oleh umat Islam terdapat dua macam. Diantaranya yaitu zakat fitrah dan zakat maal, berikut ulasan singkatnya.

sinergi foundation

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah biasanya dilakukan pada bulan Ramadhan, dan setiap orang islam diwajibkan untuk menunaikannya. Besaran zakat fitrah 2,5 Kg atau 3,5 Liter beras atau makanan pokok. Membayar zakat fitrah juga bisa diganti dengan uang yang senilai dengan besaran makanan pokok tersebut.

2. Zakat Maal

Zakat maal atau harta merupakan zakat penghasilan dari bertani, dagang, niaga, temuan, emas, dan juga perak. Zakat maal dikeluarkan apabila hartanya telah mencapai nisab (ukuran), apabila belum mecapai nisab tidak diwajibkan berzakat.

Solusi Bayar Zakat Saat Ini

Bayar zakat mudah dan bisa dilakukan di rumah saja merupakan solusi untuk saat ini. Terlebih di bulan suci Ramadhan pandemi Covid-19 masih belum juga usai, membayar zakat secara online menjadi opsi yang tepat. Bahkan Kementrian Agama (Kemenag) menyarankan agar membayar zakat dengan cara online. Mengingat wabah yang mengharuskan kita untuk tetap jaga jarak, dan berada di rumah saja.

Bagaimana Cara Bayar Zakat Secara Online?

Bayar zakat online mempermudah umat dalam menunaikan zakatnya, apalagi musim pandemi seperti saat ini. Sinergi Foundation merupakan lembaga zakat terpercaya yang bisa membantu Anda untuk berzakat online.

zakat online

Mengapa Memilih Bayar Zakat Online di Sinergi Foundation?

  • Sudah berdiri sejak tahun 2002 yang lalu dan dipercaya puluhan ribu mitra dan donatur.
  • Terdaftar sebagai Nazhir Wakaf, sesuai SK BWI (Badan Wakaf Indonesia) dengan Nomor Pendaftaran : 3.3.00056.
  • Terdaftar pula sesuai SK Menteri Agama DJ.III/564 Tahun 2016 sebagai Lembaga Amil Zakat.
  • Mendapatkan Penghargaan Bergengsi sebagai Fundraising Program Wakaf Produktif Terbaik dalam gelaran Indonesia Fundraising Award 2020 oleh Institut Fundraising Indonesia (IFI).
  • Pembayaran online sangat mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja.
  • Banyak program yang dicanangkan untuk penyaluran dana zakat ke mustahiq (orang yang yang berhak menerima) dan terbukti produktif.
  • Kita bisa melihat update aktifitas tentang penyalutan dana zakat ( ada juga laporan penyaluran bulanan) Sinergi Foundation lewat Facebook ataupun Instagramnya.
  • Banyak pilihan untuk Donasi Zakat atau Donasi Wakaf

Itulah beberapa alasan kenapa memilih berzakat online di Sinergi Foundation. Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara berzakat online di Sinergi Foundation?

Jawabnya sangatlah mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut:

1. Kunjungi website resmi Sinergi Foundation www.sinergifoundation.org
2. Kemudian Pilih Login (jika sudah mempunyai akun bisa langsung diisi), pilih Register (jika kita belum daftar).
3. Lalu, pilih tab Donasi Zakat, dan pilih zakat mana yang akan Anda tunaikan. Terdapat enam pilihan zakat yakni zakat fitrah, zakat profesi, zakat peternakan, zakat perusahaan, zakat perniagaan, dan zakat tabungan, emas, dan perak.
4. Masukan nominal bayar kemudian Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran.
5. Pilih Bank, lanjut ke pembayaran.

Mudah bukan, untuk informasi mudahnya berzakat online bisa mengunjungi website www.sinergifoundation.org atau layanan konsultasi melalui WhatsApp 08132120100.

Indahnya berbagi kebaikan dalam bulan yang penuh rahmat dan berkah ini. Semoga bermanfaat.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *