7 Oleh-oleh Khas Manado Yang Wajib dibawa Pulang

2 min read

Oleh-oleh Khas Manado

Oleh-oleh Khas Manado – Bunaken ialah satu diantara obyek wisata pantai yang paling disukai di Manado. Tidak cuma itu, ada pula Pulau Siladen, Pulau Manadotua, sampai Patung Yesus. Ibu kota Sulawesi Utara ini menawarkan pesona kecantikan panorama alam. Kota ini ada di ujung Teluk Manado serta dikelilingi dengan pegunungan.

Nah, jika sudah puas menikmati keindahan alam di Manado, janganlah lupa membawakan souvenir atau oleh-oleh untuk orang rumah. Tidak hanya keindahan alam saja, Manado juga mempunyai souvenir khas yang mesti dibeli untuk dibawa pulang. Ini dia, 7 rekomendasi oleh-oleh khas Manado untuk anda.

7 Oleh-oleh Khas Manado Yang Wajib dibawa Pulang

1. Sambal Roa

Satu diantara souvenir atau oleh-oleh dari Manado yang dicari untuk diberikan pada orang tersayang ialah Sambal Roa. Makanan ini memiliki bahan dasar ikan roa. Ikan roa diasap lalu dibikin sambal dengan menghancurkan ikan itu sampai halus. Bila telah halus, diolah dengan minyak dan bumbu.

Dengan proses itu, Sambal Roa ini bisa tahan selama enam bulan dalam suhu ruangan, lho. Jika disimpan di almari pendingin dapat tahan sampai setahun! Tetapi, jika orang yang kamu kasih ialah pencinta sambal, minimal bertahan selama dua minggu di dalam rumah sebab selalu dimakan.

2. Cakalang Fufu

Tidak cuma Roa, ikan Cakalang cukup banyak kehadirannya di Manado. Kebetulan cuma ada di lokasi ini. Tentunya pas sekali jika kamu berikan Cakalang Fufu sebagai souvenir khas Manado.

Cakalang Fufu ialah makanan ciri khas Manado yang dibikin dari ikan Cakalang. Ikan ini dibumbui lantas diasap. Kemudian dijepit pada kerangka bambu. Sebetulnya, Cakalang Fufu khas dari Minahasa tetapi peminatnya lumayan banyak hingga dijual sampai Manado

Baca Juga  10+ Destinasi Wisata di Ciwidey Terbaik 2020

3. Dodol Amurang

Dodol tidak hanya dipunyai Betawi atau Garut. Manado juga mempunyai dodol yang namanya Dodol Amurang. Dodol Amurang dibuat dari beras ketan, kacang, minyak kelapa, gula aren, kayu manis, dan lain-lain. Yang menjadi ciri khas dari Dodol Amurang ialah kemasannya. Dodolnya dibungkus daun kelapa kering lantas dibentuk seperti permen.

Baca juga: 5 Souvenir Khas Lombok yang Melegenda

4. Halua Kenari

Bila menyukai kacang, coba deh beli Halua Kenari. Halua Kenari ialah makanan berupa gula-gula kacang dari Manado. Rasanya manis serta gurih, mampu membuat lidah menari. Bahan intinya ialah kenari kupas. Terbayang kan lezatnya kacang kenari ini di lidah ditambah aroma dari kacang ini benar-benar wangi.

5. Panada

Selintas Panada mirip dengan Pastel. Tetapi nyatanya tidak sama. Bahan permbuatannya dan rasanya berbeda. Kue ciri khas Manado ini mempunyai isian parutan pepaya muda yang digabung dengan ikan cakalang. Umumnya rasa yang dipunyai ialah pedas.

Kamu dapat memilih Panada sebagai souvenir untuk dibawa pulang. Lebihkan sedikit untuk dikonsumsi di sepanjang perjalanan, ya. Ini karena Panado bisa mengganjal kala perutmu sedang lapar.

6. Kacang Goyang

Dari namanya saja bisa dipastikan jika makanan ini dibuat dari kacang tanah. Menariknya kacang goyang mempunyai bentuk ciri khas dengan warna yang tidak sama. Mungkin saja kamu ikut kepincut dengan keunikannya. Ditambah lagi harganya yang tidak mahal untuk satu bungkus kacang goyang, sebesar Rp 10.000 sampai Rp 30.000.

7. Klapertaart

Klapertaart ialah satu diantara panganan manis atau dessert ciri khas Manado. Sebetulnya klapertaart berasal dari Belanda. Tetapi, resepnya sudah diadopsi supaya sesuai dengan lidah nusantara. Kue ini mempunyai struktur lembut, rasa yang manis, dan paling enak dikonsumsi saat dingin.

Baca Juga  Cara Membuat Nasi Goreng Seafood Enak

Jadi, mana souvenir khas Manado yang paling tepat buat kamu beli dan dijadikan oleh-oleh. Jika kamu memiliki pengalaman membeli souvenir khas Manado, bisa diceritakan di kolom komentar, ya.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *